Maret 20, 2014

Yang Muda, Kreatif dan Berkarya

112-Ahmad Septian S

"Yang Muda Yang Kreatif dan Berkarya" merupakan istilah cocok di berikan kepada anak muda berusia di bawah 30-an karena orang-orang pada usia tersebut biasanya penuh dengan energi, sehingga lebih gesit dan lincah, memiliki daya kreativitas yang tinggi, dan cepat mengambil tindakan yang cukup berani. Sayang nya, kata kata tersebut kurang berbanding lurus di negri ini, Dibalik beragam liputan tentang seribu satu sosok enterpreneur, negeri ini ternyata masih sangat sedikit memiliki kaum wirausaha. Data terkini menunjukkan angka populasi entreprenuer di negeri ini hanya 0,18 % dari total penduduk, atau hanya sekitar 400,000 orang. Sebuah jumlah yang terlalu sedikit untuk sebuah negara dengan penduduk lebih dari 200 juta jiwa.

Padahal, kisah kemajuan sebuah bangsa selalu dilentikkan oleh kisah heroisme para entrepreneurnya. Mereka membangun bisnis dari nol, mendedahkan cerita legendaris, dan kemudian menancapkan jejak yang amat kokoh dalam sejarah ekonomi dunia. Amerika akan selalu dikenang karena mereka memiliki Henry Ford, Bill Gates, ataupun Lary Page & Sergei Brin (pendiri Google). Jepang menjadi legenda lantaran kisah Akio Morita (pendiri Sony), Soichiro Honda dan Konosuke Matshushita (Panasonic). dan diindonesia sendiri banyak pengusaha yang dari nol misal pendiri rokok DJARUM dan mengembangkan sayapnya keelekronik yaitu POLYTRON yang sudah diekspor keberbagai negara.

Lalu bagaimana solusinya?

Kita sangat kekurangan jumlah entrepreneur karena sistem pendidikan kita memang mendidik kita untuk menjadi pegawai dan bukan entrepreneur; mengarahkan kita untuk menjadi kuli, bukan kreator. Sungguh mengherankan, sepanjang kita sekolah selama puluhan tahun, kita nyaris tidak pernah mendapatkan pelajaran mengenai entrepreneurship.  

Terdapat peluang besar bagi para pemuda negeri ini untuk menjadi pengusaha sukses jika kita jeli dan dapat membaca situasi dengan baik, tanamkan semangat juang dan berani mengambil keputusan, kepribadian, keterampilan, dan kemauan dalam merealisasikan mimpi menjadi kenyAda beberapa alasan mengapa usaha disaat muda perlu dikembangkan, yaitu :
  1. Adanya kekuatan positif yang dimiliki kaum muda, terutama mahasiswa untuk berhasil dalam dunia usaha.
  2. Usia mahasiswa yang berkisar antara 18 samoai 25 tahun memiliki semangat  besar untuk meraih mimpinya.
  3. Penguasaan teori yang baik dan pengalaman yang telah ada.
  4. Daya nalar dan sistematika berpikir yang cukup baik.
  5. Kemampuan fisik yang prima.
  6. Kreativitas yang tinggi dan lahirnya inovasi.ataan

Ketika semua hal tersebut sudah tercapai dan tertanam di benak kaum muda negeri ini, maka bukan suatu hal yang mustahil jika kelak lahir enterpreneur hebat macam bill gates dari jakarta, Akio Morita dari Tangerang, ataupun Sergei Brin dari tanah Maluku.

Just Keep Going On, Young Enterpreneur No Surrender!




source: 
http://www.ciputraentrepreneurship.com/artikel-kontes-esai/bagaimana-menghadapi-persaingan-sebagai-entrepreneur-win-sugiarti
http://smamuhammadiyahtasikmalayageo.blogspot.com/2012/10/mencetak-entrepreneur.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar