Maret 20, 2014

Yang muda, Yang berani !

116-Youcha Budi Alfattah

Memulai bisnis sejak dini merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga kita, pada jaman sekarang, sudah banyak pebisnis-pebisnis muda yang handal dan sukses dalam menjalankan bisnis nya. Namun, masih banyak juga para kalangan pemuda saat ini masih takut atau ragu-ragu untuk memulai bisnis, karena mereka berfikir tentang resiko dan segala macam. Sebenarnya hal itu dapat dihilangkan apabila kita sebagai kaum muda/kalangan muda memiliki tekad yang kuat untuk menjalankan sebuah bisnis. Sebagai kaum muda, sudah saatnya kita membuka lapangan kerja yang baru untuk mensejahterakan masyrakat disekitar kita terutama, serta dapat mendongkrak perekonomian Negara.


Usia yang ideal dalam menjalankan sebuah usaha/bisnis sebenarnya adalah di antara 20-25 tahun, kita ambil contoh seperti bill gates yang sudah mulai merintis usaha nya sejak umur 22 tahun, dan hingga sekarang menjadi orang terkaya nomor satu di dunia, tentu sangat hebat bukan? sudah seharusnya kita sebagai kaum muda termotivasi dan terstimulus dengan apa yang sudah kita lihat dari seorang bill gates yang bisa meraih kesuksesannya dari usia yang masih muda.

Sebuah bisnis haruslah dijalankan dengan penuh keyakinan, tanpa ada keraguan sedikitpun di dalamnya. Kaum muda tidak boleh memecah bela fikiran nya jika ingin memulai sebuah bisnis/usaha, karena hasil nya pun kemungkinan besar akan "NIHIL", oleh sebab itu fikiran harus difokuskan serta menekuni bisnis yang ingin di jejaki. Dunia bisnis pada jaman sekarang sangatlah keras dan ketat, oleh sebab itu para kaula muda di tuntut untuk selalu menciptakan kreasi dan inovasi baru dalam bisnis, sehingga dapat "menyegarkan" produk-produk di pasar.

Pengangguran di Indonesia sudah cukup banyak, tentunya ini dapat mengakibatkan kemunduran kesejahteraan di Indonesia, sudah sepatutnya kita sebagai kaula muda yang memiliki semangat dan daya juang yang tinggi untuk mengatasi hal tersebut. Dengan memulai bisnis sejak usia dini, secara tidak langsung kita juga sudah berhasil menekan tingkat pengangguran tersebut, bahkan juga dapat mendongkrak perekonomian. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk memulai bisnis sejak dini.

Beberapa cara memulai bisnis di usia muda :
1. Keyakinan
     Hal ini tentu harus menjadi modal utama bagi para pengusaha muda yang ingin memulai usaha/bisnis nya, diperlukan keyakinan yang amat sungguh-sungguh. Semua fikiran dan fokus di curahkan untuk sebuah usaha/bisnis yang ia yakini.

2. Memanfaatkan Teknologi komunikasi
     Teknologi komunikasi pada jaman sekarang tentu sudah menjadi makanan sehari-hari bagi kaula muda, nah beranjak dari hal tersebut, kita harus benar-benar memanfaatkan hal itu tentunya, untuk memperluas jaringan bisnis serta memasarkan produk yang kita ingin pasarkan. Media social seperti Facebook dan twitter tentu merupakan peluang yang sangat besar untuk memasarkan sebuah produk.

3. Memulai bisnis dari Hobby
     Sebuah bisnis yang berawal dari hobby juga memiliki pondasi yang kuat, karena kita tentunya sudah menguasai bidang yang kita tekuni. Seperti game, kita bisa menjual produk seperti kaset game, console game, serta accessories game, dan kita juga tentunya memiliki pemahaman yang sangat cukup akan produk yang akan kita pasarkan tsb.

4. Jujur
     Sikap yang harus selalu kita tekankan dalam bisnis ialah jujur, dari kejujuran kita bisa dapat dipercaya, hal tersebut merupakan modal penting bagi para pengusaha muda. Walaupun membangun kepercayaan itu butuh waktu yang lama, maka tetap lakukan hingga pada akhirnya menghasilkan sesuatu yang manis bagi bisnis kita kelak.

5. Memiliki tujuan
    Visi misi kita sebagai pebisnis muda haruslah jelas, mau mengarah dan di bawa kemana usaha yang kita tekuni kelak, tentunya hal ini sangat harus kita fikirkan secara matang agar usaha/bisnis yang kita lakukan menjadi terarah.

6. Mental
    Setiap pengusaha muda harus memiliki mental yang kuat dan tahan banting untuk menghadapi segala persaingan dan ketat nya dunia bisnis. Mental yang kuat menjadi pilar utama kita sebagai pengusaha muda agar usaha/bisnis nya tetap bertahan.









Referensi :
http://www.smartbisnis.co.id/insight/inisiasi-bisnis/tips-memulai-usaha-di-usia-muda
http://kampus.okezone.com/read/2014/01/28/373/932997/10-contekan-sukses-bisnis-dari-muda
http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2013/04/15/yuu-kita-memulai-usaha-sejak-muda-551300.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar