April 14, 2014

Merek Sebagai Kunci Sukses Bisnis

302-Ahmad Nurlailudin

Kini hampir setiap orang mempunyai bisnis offline maupun online. Namun tidak semua bisnis mereka berjalan sesuai dengan harapan mereka. Hanya beberapa saja yang mengalami kesuksesan dan bisnisnya cepat berkembang. Yang paling berpengaruh dalam sukses atau tidak suksesnya, para pebisnis harus mengawali dengan mempunyai merek sebelum melakukan bisnis.Merek mempunyai peranan penting dalam kesuksesan bisnis Anda, karena, merek bukan sekedar nama, produk atau jasa yang Anda tawarkan namun juga meliputi citra dan kualitas. 


Merek termasuk obyek hak kekayaan intelektual. Merek lahir karna kemampuan intelektual manusia melalui daya cipta dan karsa yang untuk menghasilkannya memerlukan pengorbanan tenaga, pikiran, waktu dan biaya menjadikan karya yang di hasilkan tersebut mempunyai nilai. Untuk itu, mengapa penting bagi anda yang baru saja memulai berbisnis untuk membangun merek bisnis. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membangun merek bisnis anda dengan biaya minimal.

Masukkan dalam profil media social
Gunakan media social sebagai sarana promosi dari merek anda. Twitter, Facebook, instagram atau BBM mungkin bisa menjadi tempat yang tepat untuk mencari massa yang banyak. Namun jangan lupakan juga situs Linkedeln, yaitu situs tempat berkumpulnya para professional. Lewat media social ini, Anda pun bisa lebih mudah memulai jaringan kerja.

Buat Kartu Nama
Sebagai pebisnis, anda juga penting untuk memiliki kartu nama. Saat bertemu klien potensial, Anda bisa langsung memberikan kartu nama, lengkap dengan nama merek dan nomor kontak anda. Jangan pernah ragu untuk menyebarkan kartu nama, karena ini salah satu cara ampuh untuk membuat merek Anda semakin dikenal.

Tanda Tangan di Email
Berikan juga nama merek Anda dalam tanda tangan di email dengan begitu, siapa saja yang mendapatkan email dari anda akan tahu bahwa merek tersebut memiliki keterkaitan dengan Anda.

Gunakan Website
Di Zaman teknologi maju seperti sekarang ini, hampir semua merek mempunyai website atau situs tersendiri. Buatlah situs tersebut memuat informasi tentang brand Anda serta apa saja produk atau jasa yang ditawarkan.

Sumber :
http://www.bundainbiz.com/tag/artikel-tentang-online-shop      

http://yudicare.wordpress.com/2011/03/17/pentingnya-pendaftaran-haki-merek/

1 komentar: