April 15, 2014

Pebisnis Muda yang Pantang Menyerah (Kick Andy)

304-Achmad Nuryanto

Pelajaran setelah melihat video ini, banyak sekali  ilmu yang dapat di ambil dari pengalaman-pengalaman para narasumbernya.  Ada tiga narasumber muda yang sudah sukses dengan usahanya. Ada seorang pengusaha muda bernama Putri umur 25 tahun yang mempunyai usaha kopi. Dia memulai bisnis dari coba-coba, ada beberapa jenis merek kopi dari usaha putri, seperti  kopi luwak lanang/jantan, lanang landep dan kopi gajah hitam. 


Dari tiga nama merek ini memiliki arti sesuai dengan namannya seperti kopi luwak lanang/jantan itu khusus luwaknya yang berjenis kelamin laki-laki. Lanang landep tidak jauh berbeda dengan luwak lanang/ jantan. Dan kopi gajah hitam adalah biji kopinya yang besar-besar dari biasanya. Rasanya sangat berbeda dengan biji kopi yang biasanya. Kenapa di khususkan luwak jantan karna e3nzimnya yang kuat sehingga membuat kopi lebih nikmat. Omset pertahunnya pada tahun 2012 mencapai 1,6 milyar dan mengekspor ke Thailand, Myanmar, korea, jepang dan Malaysia. Dia memiliki puluhan karyawan.

Usaha ini berawal dari menjual kopi orang lain dan setelah beberapa tahun putri melihat peluang untuk membuat usaha kopi juga dan sudah tau banyak bagaimana caranya membuat usaha kopi. Modal mengumpulkan tabungan sejak tk. Bisnis awal sepatu dan komestik. Setelah beberapa tahun kemudian putri pun berhasil membuat usaha kopinya sendiri. dan sukses sampai sekarang. Mempunyai kebun kopi sendiri 4 hektar.  Produk Yang paling laku di pasaran local dan ekspor adalah kopi luak lanang. Ingin  melakukan yang baik perlu pikiran yang baik juga.

Nikolas kurniawan pemuda berusia 21 tahun melakukan usaha ikan hias. Mengeksport ke hampir semua negara. Negara langganannya adalah Cina dan Belanda.Dia sudah memulai bisnis dari kelas satu SD. Berawal dari menjual mainan, melakukan pemasaran secara online. Pernah tinggal kelas karna mengurusi usahanya, pernah berjualan kue di masa SMA, prinsip dari nikolas “ walaupun jatuh tetap mencoba dan terus mencoba sampai berhasil.

Hamza pemuda berusia 19 tahun, mempunyai usaha bimbingan belajar dari SD, SMP, sampai SMA. Sudah mempunyai karyawan sebanyak 58 orang. Usaha tambahan seperti menjual sofa dan kasur. Omset perbulan 250 juta perbulan. Pengalaman usaha sejak dari SD bekerja sebagai serabutan. Pernah juga mempunyai bisnis makanan tapi bangkrut . semasa sma berjualan pulsa, buku, dan roti.

Kesimpulannya adalah Dari tayangan di Kick Andy saya dapat menarik kesimpulan ,sebagai manusia yang memiliki jiwa wirausaha kita harus berani mengambil resiko di setiap usaha  yang kita bangun jangan hanya berangan – angan mendapatkan profit atau keuntungan yang tinggi saja oleh karena itu sebagai wirausahawan kita harus cerdas pada usaha yang kita jalankan peluang pertumbuhan. Tetapi pada kenyataannya untuk mengembangkan usaha yang pada awalnya dimulai dari nol besar atau baru memulai usaha sangatlah penting.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar