April 11, 2014

Bisnis Plan Usaha Event organizer (PLUGIN INDONESIA)

301-Heru kurniawan

Pada awalnya  usaha ini telah di rintis dari 8 tahun yang lalu dengan bermula hanya menyewakan sound system hingga keperluan alat – alat pendukungnya  dalam memenuhi suatu kebutuhan acara, yang dimulai dari sekala secil,sederhana hingga besar. Di situlah muncul  ide & pemikiran untuk mulai membesarkan team di tengah – tenga peluang yang ada, serta  dengan belajar dari pengalaman yang pernah di lewati  untuk  memiliki sasaran dalam mendalami apa yang membuat acara itu sukses dan saat ini bisnis ini juga berjalan dari rekomendasi penawaran orang lain untuk membantu acara – acara yang akan di adakan oleh perusahaan tersebu atau  dari mulut – ke mulut.
 
Sedikit penjelasan mengenai EO (Event organizer) adalah sebuah jasa profesional untuk menyelenggarakan sebuah acara dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Karena dengan adanya jasa ini memudahkan dan menghemat waktu klient dalam menyelenggarakan suatu event.
Dengan mengelola suatu kegiatan (event) merupakan bagian penting bagi sebuah perusahaan, sehingga dituntut terlaksana secara sempurna. Dibalik dari kesuksesan sebuah event tersebut juga  tidak terlepas dari adanya peran dari Event Organizer untuk mengolah suatu acara untukl  menjadi lebih  baik dan menarik.













 











Konsumen
Bisnis Event Organizer dapat dikatakan bisnis yang memiliki prospek yang cukup baik dan  menguntungkan, konsumennya tidak hanya berasal dari instansi pemerintah atau non pemerintah, teatapi masyarakat kelas menengah ke atas juga menjadi target konsumen pemakai jasa Event Organizer, biasanya mereka yang menginginkan kegiatan sempurna, tetapi tidak memiliki banyak waktu sehingga mebutuhkan kepraktisan dalam mengorganisasikan kegiatan tersebut melalui jasa Event Organizer.

Targeting
Menjalin hubungan baik (networking) kepada orang banyak  dan menggunakan media sosial dalam mempromosikan usaha ini dengan memperkenalkan  jasa ini ke perusahaan – perusahan besar di indonesia atapun orang – orang menengah atas yang membutuhkan jasa EO.



Memulai Usaha EO (Event organizer)

Merencanakan bisnis ini dapat di mulai dari ;
1.Menetapkan market bisnis yang akan di tuju sebagai EO yang akandi mulai dengan jenis atau spesialis kegiatan  acara tertentu, khususnya seminar, Expo atau pameran, launching,otomotif, dan konser musik
2.Membuat manajemen keuangan, hal ini menjadi salah satu kunci yang juga sangat menentukan untuk menjalankan suatu kegiatan dengan mengolah keuangan atau modal suatu event agar dapat mengetahui rugi atau untungnya event.
3.Membentuk teamwork yang solid, dengan mengumpulkan teman-teman yang berkompeten di bidangnya untuk dapat memperkuat usaha ini baik yang kontrak ataupun part time.
4.Membangunn kepercayaan konsumen dengan sponsor
5.menjalin hubunagn baik dengan fendor – fendor atau agen
6.Membuat kantor dan membeli beberapa alat keperluan event
  

Keuntungan Usaha EO (Event organizer)
Bisa dikatakan saat ini bisnis event organizer merupakan bisnis yang memiliki prospek baik, terutama Seminar &  Expo atau pameran. Maka tak heran bila bisnis di bidang ini banyak dilirik oleh sejumlah orang
Sehingga dalam menjalankan usaha ini perlu memperhitungkan keuntungan dan memikirkan ide – ide yang menarik dalam mengolah suatu kegiatan acar.

Kendala Usaha EO (Event organizer)
Kendalanya adalah keterbatasan waktu persiapan untuk kegiatan even yang di minta terlalu mendadak dan terburu – buru , sehingga terasa kurang maksimal dalam menjalankannya

Strategi Pemasaran
Dengan memperluas jaringan networking melalui rekan rekan temen – teman yang bekerja di setiap perusahaan tertentu dan melalui media social sebagai iklan promosi ataupun teman – teman fendor yang memerlukan jasa EO untuk mengolah suatu acara.
Kunci sukses
Dalam  menjalani usaha ini juga sangat perlu kejujuran, dan memberikan kinerja yang  baik untuk mewujudkan suatu event yang dapat memuaskan kliet

1 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya ya min, sangat bermanfaat.
    Oh ya, sekedar informasi tambahan aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Sewa Genset Syncronize Tangerang untuk keperluan berbagai acara seperti event, pameran, pesta dan lain-lain bisa coba menghubungi kami Arthur Teknik.

    Salam Blogger min.

    BalasHapus