April 02, 2014

Bisnis Plan Usaha Jersey " JCJ "

304-Achmad Nuryanto
Di zaman yang sudah sangat modern ini , perkembangan olahraga di dunia sudah sangat berkembang terutama Sepakbola , oleh karena itu saya menjual Jersey sepakbola Grade Ori /GO agar bias lebih memuaskan hoby serta TIM favoritnya, dengan harga yang bersaing. Salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan sekarang adalah dengan membuka toko sport yang didalamnya menjual jersey dan perlengkapan olahraga lainnya.


Toko sport bisa secara online maupun offline (toko). Terbukanya pasar dengan adanya media online baik melalui jejaring sosial maupun blog semakin menambah prospek tersebut. Barang bisa dengan mudah dijual online, dan akan lebih mendapat porsi yang besar jika mempunyai toko atau dijual offline.

Jersey adalah kaos team sepakbola yang mengadopsi bentuk asli kaos sepakbola semirip mungkin dengan kelas berbeda – beda mulai dari seven star , flyer ussue dan grade ori. Produsen jersey yang saya jual yaitu dari Thailand  yang memang sudah terjamin dan di ketahui oleh konsumen kwalitasnya.

Kebetulan yang saya jual adalah jenis Grade ori jersey grade original ini dibuat oleh China. sekarang ini Grade original telah memasuki seluruh pasar jersey di Indonesia. karna kualitas yang 98 persen sama dengan original yg dijual di toko adidas atau nike. harga yang ditawarkan juga lebih murah daripada kw thailand dikarenakan mengimport barang dari China lebih mudah dibandingkan Mengimport barang dari Thailand. Karena sekarang susah untuk mengimport barang dari thailand ke indonesia. kecuali orang tersebut belanja dan memasukannya sebagan hand carry
1. Jersey dibungkus dengan POLYBAG ( seperti pembungkus ORIGINAL ).
2. Detail tulisan / sablon terasa lebih timbul karena menggunakan plastisol.
3. Untuk Jersey NIKE benang AUTHENTIC lebih mengkilat dan ADIDAS ada barcode tag di leher.
4. Memiliki size yang lengkap dan beragam
5. Pada beberapa Jersey Grade ORI, juga terdapat asesoris tambahan terpisah (co: kancing cadangan) seperti yang didapat ketika membeli Jersey Original.
 

Konsumen
Target pasar yang bisa saya bidik untuk penjualan Jersey ini adalah dari semua kalangan masyarakat terutama anak muda, Karena Jersey  pada saat ini sudah menjadi mode atau trend tersendiri di kalangan anak muda terutama penggila sepakbola yang dengan penggemar club yang berbeda-beda ,Jersey yang saya pasarkan ini harganya cukup bersaing di pasaran dan bisa dijangkau oleh setiap kalangan masyarakat terutama penggila bola.


Memulai Bisnis Jersey

Dalam memulai bisnis Jersey ini ada beerapa hal penting yang perlu disiapkan antara lain :

1.      Yang terpenting saat ini adalah mengetahui  Jersey dari club mana dan Negara mana yang paling di cari oleh konsumen dengan cara mengetahui nya dari internet, sehingga produk yang kita tawarkan bias tepat sasaran agar jersey yang kita belanjakan cepat terjual dengan disesuaikan permintaan konsumen.

2.      Mengetahui harga pasaranJersey  yang ada di pasaran, sehingga produk yang kita tawarkan pun harga nya bisa bersaing dengan para kompetitor penjual Jersey yang lain.

3.      Menjalin kerja sama denga supplier barang tersebut dengan memberikan penawaran harga yang murah tetapi tetap tidak mengesampingkan kualitas barang tersebut sehingga kita bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal dengan modal yang sedikit.

4.      Harus bisa jelih melihat pasar atau target konsumen yang akan dicapai dan cara mempromosikan produk yang akan kita tawarkan pun menjadi salah satu kunci berhasil atau sukses nya usaha yang akan kita jalankan ini.

Kendala Bisnis Jersey

Salah satu yang sebenarnya menjadi kendala dalam memulai bisnis ini adalah keterbatasan akses ke suplier yang bakal menyuplai kebutuhan toko saya. Adanya keterbukaan informasi di era digital ini memungkinkan saya dengan cukup mudah mencarinya melalui search engine semacam google, atau melalui media jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Informasi dengan mudah didapatkan, tetapi kendala klasiknya adalah ketidakyakinan atau keraguan apakah informasi yang didapat melalui media online tersebut dapat dipercaya.

Strategi Pemasaran

Untuk strategi pemasaran usaha Jesey saya ini ,saya berencana membuat toko olahraga yang berisi Jersey serta perlengkapan olahraga masyarakat yang memang di zaman ini olahraga sudah mulai berkembang ,untuk letak saya ingin membuka cabang di komplek perumahan elit yang berada di kota-kota besar agar mempermudah mendapatkan konsumen yang tepat sesuai penghasilan konsumen sehingga saya tidak kesulitan untuk memberikan harga dengan kwalitas barang yang baik, dan usaha ini pun akan saya buat di bloger yang bisa diakses di internet agar mendapat konsumen di duniamaya agar semakin luas pasar yang saya dapatkan.

Kunci Sukses

Kunci sukses dalam menjalankan usaha ini adalah harus jeli dalam melihat pasar atau trend yang ada pada saat ini agar produk yang kita tawarkan tidak ketinggalan zaman dan selalu update karena para konsumen rata-rata menginginkan suat barang atau produk yang baru dan juga kita harus bisa menawarkan harga yang bersaing dengan produsen lain agar produk yang kita tawarkan bisa menarik pelanggan dan kita juga harus bisa memberikan jasa garansi kepada produk yang kita jual tersebut agar membuat konsumen menjadi percaya dan loyal kepada kita.


Analisa Ekonomi

Untuk harga Jesey mulai dari :

Jersey Club = Rp 80.000

Jersey Negara =Rp 90.000

Couple Club =Rp 150.000

Couple Negara =Rp 175.000

Classic Jersey mulai dari Rp 130.000

Untuk jersey classic lebih mahal karena produksi untuk jenis ini sangat limit sekali karena produksinya tidak banyak .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar