Mei 09, 2014

Bisnis PowerBank

129-Amukti Sadat Jati
Dalam dunia gadget di era teknologi modern sekarang ini, semakin canggih fitur yang digunakan maka semakin boros pula penggunaan baterai dalam gadget.
PowerBank sekarang ini sudah menjadi barang kebutuhan yang tak terpisahkan dari gadget sehingga penggunaannya harus dioptimalkan. PowerBank adalah alternatif untuk membantu menghindari lowbat sehingga kita dapat mengisi berbagai baterai gadget di mana pun dan kapan pun jika kita berada di luar rumah.
Harga powerbank sekarang ini bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per pcs nya, ini memudahkan kita untuk menyesuaikan harga dengan bajed yang kita miliki. Di lihat dari kapasitasnya, powerbank memiliki kapasitas yang berbeda-beda mulai dari 1000mAh – 15000mAh. Tetapi jangan memilih powerbank dengan perbandingan harga, karena ada powerbank berharga 290rb dengan 160rb yang memiliki kapasitas sama, hal yang membedakan itu adalah merk dari poerbank tersebut.
Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam membeli powerbank, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Tentukan Kapasitas yang diperlukan, setidaknya dapat mencas gadget sebanyak 3 kali dan tidak perlu membeli dengan kapasitas besar jika ternyata daya besar tidak dibutuhkan.
  2. Penggunaan, powerbank dengan output ganda juga direkomendasikan untuk proses pengecasan lebih dari satu gadget secara bersamaan.
  3. Kualitas cell baterai, pastikan cell baterai yang digunakan berkualitas seperti merek keluaran Jepang dan Korea.
  4. Wapada barang palsu, membeli barang branded yang sudah terkenal kualitasnya memang bisa dibulang lebih aman, namun penipuan barang aspal rentan terjadi. Oleh karena itu sebaiknya periksalah terlebih dahulu barang yang akan di pilih sebelum deal untuk membelinya.

  1. Perhatikanlah garansinya, garansi di Indonesia merupakan garansi yang bersumber dari distributor dan toko. Garansi yang dinerikan oleh distributor biasanya mencapai waktuselama tiga bulan sampai satu tahun. Sedangkan garansi yang diberikan toko biasanya hanya selama satu minggu setelah barang diterima oleh pembeli.
Setelah kita membeli powerbank, kita harus tetap menjaga agar powerbank tersebut  tetap terjaga kualitasnya dan gadget kita pun akan tetap tahan lama. Berikut ini adalah beberapa cara penggunaan untuk menjaga powerbank dan gadget agar tetap berkondisi prima :
  1. Kenali kualitas powerbank dengan mengecek kapasitas murni dari cell powerbank tersebut, kapasitas powerbank haruslah lebih besar minimal dua kali dari kapasitas baterei gadget yang kita gunakan sehingga dalam satu kali pengisian minimal bisa dua kali pakai. Misalnya untuk tipe 5.800 mAh ketika di charger membutuhkan waktu pengisian sampai penuh sekitar delapan jam. Powerbank yang bagus baterainya bisa tahan sampai lebih dari 500 kali charger di isi penuh.
  2. Hindari suhu ekstrim, jangan meletakkan powerbank di tempat yang terlalu panas dan juga terlalu dingin apalagi sampai terkena matahari langsung, serta jangan sampai terkena air. Karena semua itu dapat merusak komponen baterai sehingga baterai menjadi drop.
  3. Selalu mencharger powerbank hingga penuh sebelum digunakan agar dalam mentransfer energi ke gadget bisa lebih optimal, dan sebaiknya powerbank memiliki lampu indikator agar bisa mengetahui kapan powerbank sudh terisi penuh.
  4. Powerbank sangat rentan terhadap benturan karena di desain sebagai perangkat yang tidak tahan bantingan sehingga apabila terjatuh dapat mengakibatkan kerusakan dan menurunkan daya tampung baterai, bahkan tidak dapat digunakan lagi. Maka sebaiknya bungkuslah powerbank dengan sarung khusus agar terhindar dari benturan.
  5. Gunakan powerbank seperlunya, jangan terlalu sering menggunakannya apabila tidak dalam keadaan darurat. Karena, tingginya intensitas penggunaan powerbank dapat mempengaruhi kinerja yang dihasilkan.
Kesimpulannya adalah harga yang sedikit mahal lebih baik daripada tertipu karena harga murah berbukti lebih cepat rusak. Namun semua itu kembali lagi tergantung dengan cara pemakaiannya yang sudah benar atau belum.

Sumber Link :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar