September 08, 2014

Warung Ambo Daik Cell

A16-Indo Esa
Usaha ini dimulai sekitar pertengahan sep 2005,bergerak dibidang usaha dagang sembako (klontong) dengan modal awal Rp.6.500.000. barang dagangan berisi kebutuhan nelayan seperti kebutuhan logistic dan bahan bakar, baik solar maupun minyak tanah dan oli. Omset awal saat dimulainya usaha ini berkisar Rp. 400.000 sampai Rp. 600.000 ribu perhari.dengan kisaran laba sebesar 10% dari omzet.

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya laba usaha jenis produk yang dijual pun semakin bertambah berkembang dengan adanya alat alat pancing yang dijual.
Tiga tahun berjalan, usaha mengalami penurunan.dengan semakin tercemarnya teluk Jakarta mengakibatkan nelayan sulit mendapatkan hasil tangkapan,hal ini bedampak  buruk dengan menurunnya omset penjualan, tertutama dibidang logistik dan bahan bakar untuk nelayan.tetapi disisi lain alat pancing yang dijual mengalami perkembangan yang cukup pesat, dengan bertambahnya jenis dan kuantiti alat pancing yang dijual.

 Dengan bertambahnya laba dan modal, masuk ditahun ke 4 pemilik usaha ingin mengembangkan usahanya dengan menambahakan jenis dagangannya berupa pulsa handphone baik voucher fisik maupun voucher elektrik. Modal awal yang digunakan berkisar Rp.300.000 rupiah,yang terdiri dari beberapa voucher fisik dan sedikit saldo voucher elektrik. Voucher fisik yang di jual, di tempel menggunakan lakban bening dan di gantung di pinggir etalase. Tiga bulan berjualan pulsa dan dinilai lumayan lancar, pemilik memberanikan diri  membeli etalase kecil berukuran 70 cm X 40 cm X 80 Cm (PXLXT), untuk memajang voucher yang sudah mulai banyak.

Sebelum dibukanya usaha berjualan pulsa,dilingkungan sekitar hanya terdapat dua buah counter pulsa yang lain. Dengan berkembangnya peluang bisnis di bidang pulsa hp ini mengakibatkan   berjamur nya  counter2  pulsa yang lain. Untuk mengungguli persaingan penjualan pulsa yang menjamur, pemilik usaha melakukan strategi  dengan mencari langsung provider2  pulsa tersebut, lalu menggunakan chip khusus yang di keluarkan oleh masing2 provider. Dengan menggunakan chip khusus tadi, transaksi pengiriman pulsa dari penjual ke user bisa  jauh cepat sampai di bandingkan dengan menggunakan chip biasa ( satu chip untuk semua operator). 

Dengan cepatnya pulsa sampai ke user dibandingkan dengan counter2 pulsa  yang lain, maka semakin banyak pula user yang membeli pulsa di counter ini. Penjual pun menambahkan barang dagangannya dengan menjual berbagai assesoris yang berhubungan dengan handphone yang keuntungannya lumayan  besar di bandingkan keuntungan penjualan pulsa perunitnya. Dengan berjualan pulsa dan assesoris hp, omzet yang diterima penjual  kini lebih besar dibandingkan omzet dari penjualan sembako dan alat pancing.

 Semakin tidak membaiknya keadaan nelayan dengan tercemarnya teluk Jakarta dan semakin menyempitnya lokasi penangkapan ikan oleh nelayan akibat reklamasi pantai yang dilakukan oleh salah satu developer property ternama di Jakarta. Hal ini mengakibatkan semakin berkurangnya nelayan yang melaut dan semakin berkurang pula nelayan yang membeli bahan bakar berupa solar dan minyak tanah. Maka pemilik usaha mengambil keputusan untuk berhenti menjual bahan bakar solar dan minyak tanah tersebut. Kini pemilik usaha hanya menjual  sembako, alat pancing dan pulsa serta assesoris hp.

 Satu tahun berjalan berjualan pulsa dan assesoris hp, tepatnya lima tahun sejak di mulainya usaha. Pemilik menghitung asset yang berhubungan dengan pulsa dan assesoris, kini assetnya sudah mencapai dua puluh tiga juta rupiah, dengan modal awal setahun sebelumnya hanya berkisar hanya Rp.300.000,- suatu pertumbuhan usaha yang sangat baik. Dan omzet yang di terima khususnya pulsa dan assesoris mencapai satu sampai satu setengah juta perhari.

 Ditahun ke tujuh  usaha semakin membaik dengan bertambah lagi jenis barang dagangan berupa penjualan hp cina berbagai merk yang sudah umum  kita kenal, diantaranya MITO, CROSS, ASIAFONE, MAXTRON dan beberapa merk hp  lainya. Untuk mendongkrak penjualan hp cina tersebut, pemilik menggunakan strategi dengan memberikan bonus  berupa satu buah micro chip (kartu memory)untuk setiap hp yang di jual dengan berisikan 200 buah lagu dari berbagai jenis music.  baik lagu dangdut,pop, rock dan mancanegara. Itu merupakan daya Tarik tersendiri bagi customer untuk membeli hp di toko tersebut, karena setiap customer yang membeli hp, tidak hanya medapatkan hp yang diinginkan tetapi sudah langsung dapat mendengarkan music MP3 dari micro chip yang berisikan lagu tersebut.

 Dengan berkembangnya usaha dibidang pulsa hp, dan semakin banyaknya orang yang berjualan pulsa baik yang menggunakan tempat (counter) maupun yang berjualan pulsa tanpa menggunakan counter  (counter berjalan). Maka pemilik melirik peluang bisnis lagi dengan membuka pendaftaran “multi chip untuk semua operator”.  Disini para penjual pulsa yang mau mendaftar, tidak di pungut biaya pendaftaran (GRATIS).  (downline)yang telah mendaftar,baik yang  memiliki counter maupun yang tidak memiliki counter (counter berjalan) dilingkungan sekitarnya, dapat membeli saldo pulsa secara langsung tanpa harus jauh jauh membeli saldo di tempat lain. Sistem penjualannya downline hanya menyetorkan uang dengan nominal tertentu sesuai kehendak downline itu  sendiri, maka pemilik akan mentransfer   saldo sesuai dengan nominal  uang yang disetorkan oleh downline tersebut. pemilik akan mendapatkan keuntungan(komisi) Rp 150 dari setiap transaksi yang telah dilakukan oleh seluruh downline yang terdaftar . sedangkan downline akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga modal dengan harga jual yang telah di tentukan oleh  masing masing downline itu sendiri.

 Kini usaha yang dilakukan pemilik sudah memasuki tahun kesembilan, itupun tdk menjadikannya puas dari apa yang telah dilakukannya di dalam usaha selama ini , kini pemilik jg sudah membuka lagi cabang usahanya yang  baru yakni “ pembayaran online”. Pembayaran online ini mencakup pembayaran listrik prabayar, listrik  pasca bayar, angsuran motor, telephone dan speedy, tv kabel, PAM, dll. Dan dengan semakin berkembangnya transportasi di Indonesia, maka pemilik juga membuka penjualan tiket online yang meliputi: tiket pesawat terbang, kapal laut dan kereta api. Dengan demikian para customer tidak perlu lagi pergi jauh dan antri untuk membayar tagihannya setiap bulannya, baik tagihan listrik, telephone,angsuran motor, tv kabel dan pam. Disini pun customer tidak perlu lagi antri di bandara untuk membeli tiket pesawat, antri di pelabuhan untuk membeli tiket kapal laut dan tidak perlu antri lagi di stasiun untuk membeli tiket kereta api. Semua dapat di lakukan di toko ini.

 Pemilik saat ini sedang merencanakan untuk membuka penjualan alat pancing online dan membuka jasa pengiriman barang JNE. Semua itu sedang dalam proses pendirian dengan membuat surat surat yang di butuhkan dalam pendirian usaha tersebut. Sampai saat ini, omzet dan laba rata rata dapat di lihat dari table berikut:

Jenis dagangan
Omzet/hari
Laba/hari
Omzet/bulan
Laba/bulan
sembako+alat   pancing
Rp. 1.500.000
Rp. 150.000
Rp.45.000.000
Rp.4.500.000
Pulsa+assesoris

-
-
Rp.30.000.000
Rp. 3.000.000
Multi chip+pembayaran online
Rp. 2.500.000
Rp. 250.000
Rp. 75.000.000
Rp. 7.500.000
total


Rp. 150.000.000
Rp. 15.000.000

Jadi total  dari keseluruhan jenis dagangan yang ada, didalam satu bulan pemilik mendapatkan omzet sebesar Rp. 150.000.000 dengan kisaran laba 10% maka laba yang di dapat pemilik dalam 1 bulan totalnya Rp. 15.000.000. atau dengan kata lain pemilik dapat mengantongi keuntungan rata rata Rp. 500.000/hari. Mungkin keuntungan itu tidak besar bagi sebagian orang, tetapi bagi wirausawan  yang memiliki modal tidak banyak(pas pasan) jumlah itu sudah bisa dibilang lumayan. 

Demikianlah hasil observasi di sebuah toko kelontong yang bernama “AMBO DAIK CELL”,
Adapun tips dan saran bagi wirausahawan  muda yang ingin mencoba berwira usaha di bidang yang sama, dibawah ini kami sampaikan beberapa tips dan saran yang di berikan oleh pemilik usaha “AMBO DAIK CELL”

1. MEMPUNYAI MIMPI
                Setiap wirausahawan harus mempunyai mimpi, untuk memiliki usaha yang besar
2. BERANI MELANGKAH
                Memulai mengerjakan usaha dari mimpi yang dia cita citakan
3. MELAKUKAN ANALISA
                Dalam memulai usaha harus ada analisa SWOT yang tepat, agar tidak salah dalam memulai tindakan dalam usaha
4. MELAKUKAN TINDAKAN
                Melaksanakan usaha berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan sebelumya
5. BEKERJA KERAS
                Pantang menyerah dan terus berusaha dalam melakukan usaha, walaupun dalam menjalankan usahanya tidak berjalan mulus/ lancar.
5. MENGGAPAI CITA CITA
                Menikamati  hasil dari mimpi dan kerja keras yang dilakukan selama  ini

SELAMAT MENJADI WIRAUSAHAWAN MUDA YANG SUKSES

Ini Adalah Foto Warung Lama Yang Sekarang dijadikan tempat penyimpanan barang2 besar.
Ini adalah Warung Baru Yang dijadikan tempat penjualan Utama yg posisinya bersebrangan dengan warung lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar