Maret 18, 2016

Cara Menjadi Pengusaha Muda yang Sukses

Cara Jadi PengusahaTantangan terbesar bagi seorang usahawan baru adalah banyaknya masalah dan risiko yang akan dihadapi. Butuh mental baja untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses.
Tak cukup hanya kesiapan diri saja, selain itu harus juga punya perencanaan yang terprogram dan tertata rapi. Kegagalan mungkin masih menjadi momok yang menakutkan bagi para wirausahawan baru. Berikut adalah cara jadi pengusaha agar memiliki mental sekuat baja

Sebelum terjun di dunia usaha, pastikan bahwa kita punya kemampuan dan cara untuk memimpin diri sendiri maupun orang lain. Hal ini menjadi sangat penting, karena seorang pengusaha muda yang sukses harus bisa melihat keahlian dalam dirinya serta memperhatikan prioritas utama yang perlu mereka lakukan untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan. Setelah berhasil memimpin diri sendiri, selanjutnya giliran kita untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan yang telah tertanam untuk mengelola tenaga kerja yang dimiliki.
Seorang pengusaha dituntut untuk bisa teliti, cermat, & akurat dalam mengambil keputusan. Sebagai seorang pemimpin, tentunya kita harus bertanggungjawab penuh atas segala keputusan yang diambil. Maka, sebelum memutuskan sesuatu, cermatilah semua hal dengan baik dan pastikan keakuratan yang diperoleh berdasarkan penelitian yang telah kita lakukan di pasaran. Ini sangat penting agar kita tidak salah dalam mengambil keputusan.

Mempunyai tujuan yang jelas & mampu memanfaatkan peluang dengan baik. Kejelian seorang entrepreneur dalam membidik sebuah peluang menjadi modal utama bagi mereka dalam membangun sebuah usaha. Mereka juga harus mampu memahami kebutuhan pasar, mereka harus mampu membaca setiap peluang, dan menciptakan sebuah solusi bagi permasalahan yang hadir di pasaran.

Cara jadi pengusaha selanjutnya adalah memiliki keberanian. Berani merupakan awal perjalanan bagi seorang entrepreneur sukses. Mental pemberani menjadi kunci utama keberhasilan sebuah usaha. Maka, tanamkanlah keberanian dari dalam diri kita, mulai dari berani melangkah, berani bertanggung jawab, berani mengambil risiko, bahkan berani menerima sebuah kegagalan. Dengan keberanian yang dimiliki, maka akan semakin mantap untuk melangkah dan mengembangkan kerajaan bisnis yang sedang dirintis.

Selesaikan segala tugas kita. Sebagai seorang entrepreneur, bekerjalah secara tuntas dan selesaikan dengan baik segala hal yang telah kita mulai. Sebagian besar pengusaha harus mengalami kegagalan karena mereka hanya semangat di awal langkah dan mengakiri bisnisnya di tengah jalan sebelum selesai mencapai kesuksesan. Maka, bekerjalah seefisien mungkin dan tuntaskan tugas kita agar hasil yang didapatkan juga bisa maksimal. Mulai dari menciptakan ide bisnis, memproduksi barang atau jasa, sampai mempromosikannya langsung ke konsumen.

Libatkan juga passion yang ada dalam diri kita agar bisa terus konsisten dalam menjalankan perputaran usaha. Dalam menjalankan sebuah usaha, tak jarang pasang surut perjuangannya membuat para pengusaha mulai jenuh dan menyerah dalam mengembangkan kerajaan bisnisnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, tanamkan passion (kecintaan) dalam diri agar aktivitas yang dijalankan terasa lebih menyenangkan.

Menjadi Wirausaha Muda yang Sukses – Seharusnya pemerintah mendorong para wirausaha muda yang berada di Indonesia untuk lebih memperkuat lagi keekonomian negara ini. Menko Perekonomian yang memang beliau memulai karirnya dari seorang wirausaha memberikan sejumlah tips untuk diberikan kepada seluruh pemuda-pemudi Indonesia yang memang ingin meniti karirnya menjadi seorang wirausaha yang baik serta sukses di usia yang masih muda.

Langkah Cerdas Menjadi Wirausaha Muda yang Sukses
Kredit gambar: www.dokterbisnis.net

Beliau mengungkapkan, langkah awal yang harus dilakukan guna kelangsungan karir yang sukses adalah seluruh masyarakat yang memang akan memulai karirnya terutama para pengusaha muda harus lebih berani lagi dalam menghadapi setiap kegagalan yang terjadi, bahkan mereka juga harus lebih berani untuk bangkit dari keterpurukan yang terjadi tersebut. Berdasarkan ucapan yang diungkapkan beliau, beliau mengatakan bahwa dalam menuju atu kesuksesan Anda tidak akan menemukan satu jalan yang lunak untuk Anda pijak, sebab semua jalan yang akan Anda temukan merupakan jalan-jalan yang sangatlah keras.

Bukan hanya itu, beliau juga mengungkapkan, bahwa untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses Anda tidak boleh menjadi seorang yang pengecut, karena kesuksesan bukan bagi mereka yang pengecut, melainkan untuk mereka orang-orang yang berani dalam segala hal.

Cara kedua yang diberikan oleh Hatta adalah, seluruh masyarakat yang memang memiliki keinginan untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses harus memiliki keberanian yang lebih guna menjadi seorang pemimpin yang lebih tangguh. Bahkan seorang pemimpin yang tangguh harus mampu merubah sekecil sampah menjadi satu aktivitas perekonomian yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Untuk cara ketiga, masih cara yang diberikan oleh Hatta, jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses di usia muda Anda, maka Anda harus memiliki jiwa kreatif serta Anda juga harus memiliki jiwa yang tumbuh. Dan kunci yang tepat yang bisa Anda gunakan adalah Anda harus mampu belajar dari kegagalan serta belajar kesuksesan orang lain.

Untuk cara yang keempat, bagi Anda yang memang memiliki keinginan untuk menjadi seorang wirausaha, maka Anda harus memiliki jiwa yang inovatif. Dan untuk tips terakhir yang diberikan adalah Anda harus mampu bersyukur dengan apa yang Anda raih sekecil apapun itu, setia kawan, serta Anda harus mampu menghargai seluruh karya yang memang telah dibuat oleh orang lain.

Sebelum Menko Perekonomian berkecimpung ke dalam dunia pemerintahan, beliau juga berkisah bahwa beliau pada awalnya hanyalah seorang pengusaha biasa yang tidaklah begitu besar. Oleh sebab itu, saat ini dirinya mampu memahami betul apa yang harus Anda butuhkan untuk menjadi seorang wirausaha muda yang sukses, baik usaha tersebut bersifat besar ataupun kecil.

Dan telah kita ketahui bersama, sektor wirausaha merupakan salah satu faktor penggerak dalam bidang perekonomian bangsa Indonesia ini. Agar menjadi lebih maju dari usaha sebelumnya, memang saat ini Indonesia tengah membutuhkan setidaknya sebanyak 2% dari jumlah penduduk untuk berwirausaha.

Dan saat ini, para wirausaha yang berada di Indonesia jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah wirausaha di negara tetangga yaitu jumlahnya masih dibawah satu persen.

Sumber :

https://muhamaderwinyudistira.wordpress.com/review-5-jurus-maut-menjadi-pengusaha-muda-sukses/

http://kuncibisnis.com/cara-jadi-pengusaha-muda-yang-sukses-dengan-cepat.php

Tidak ada komentar:

Posting Komentar