Maret 18, 2016

Membangun Kepribadian Pengusaha Muda

“Yang muda yang kreatif dan bergaya,” merupakan istilah yang cocok diberikan kepada anak muda yang biasanya daya kreativitas yang tinggi dan cepat mengambil keputusan yang cukup berani.

1. Membangun Kepribadian Pengusaha Muda
Membangun kepribadian merupakan hal mutlak bagi keberhasilan sebuah usaha. Berikut beberapa hal yang terkait dengan usaha membangun kepribadian antara lain:
a.    Mengenal Diri Sendiri
Semakin mengenal diri, maka semakin peluang untuk mengambil ktindakan yang salah akan semakin kecil.
Ada beberapa hal yang harus dibangun terkait dengan mengenal diri sendiri, yaitu:
1.    Mengenal Karakter Pribadi
Untuk menjadi sukses, seorang pengusaha paling tidak harus mempunyai karakter pribadi yang bermotivasi tinggi, suka mencari tantangan, tidak mudah putus asa, dan suka bergaul dengan orang lain.
2.    Mengenal Bakat dan Kemampuan
Usaha yang berhasil biasanya terkait dengan mutu barang dan jasa yang dihasilkan. Untuk menghasilkan barang dan jasa terbaik diperlukan adanya bakat dan kemampuan.
b.    Mempersiapkan Perubahan Sikap Mental
Salah satu yang dihadapi pengusaha adalah adanya ketidakpastian, sedangkan seorang pegawai sudah bekerja dengan ketentuan. Oleh sebab itu, bagi pengusaha muda harus memperisapkan perubahan sikap yang terdiri atas:
1.    Siap menghadapi ketidakpastian
Ada usaha yang dapat memeperkecil ketidakpastian yaitu dengan membuat perencanaan usaha yang baik, detail, dan realistis. Perencanaan yang baik akan mengurangi ketidakpastian.
2.    Siap mengatakan “Bisa”
Seorang pengusaha pantang mengatakan “Tidak Bisa”. Sepanjang pelanggan besedia membayar, maka menjadi kewajiban pengusaha untuk memenuhinya.
3.    Siap bekerja keras, tekun dan sabar
Sering kali usaha yang baru dimulai dari skala yang kecil, sehingga ketekuanan, kesabaran, dan kerja keras menjadi syarat yang mutlak. Thomas Alfa Edison (pendiri General Electric), mengatakan bahwa keberhasilan ditentukan oleh 1% kemampuan otak dan 99% kerja keras.
4.     Berani mengambil resiko dan jangan sampai rugi
Setiap hal yang menguntungkan pasti memiliki resiko dan tidak ada keuntungan yang tanpa resiko, sehingga memulai usaha baru pasti memiliki resiko. Berani mengambil resiko merupakan sikap mental yang diperlukan oleh pengusaha
2.   Mempersiapkan keterampilan pengusaha muda
Keterampilan dalam bidang softskill.Pedidikan disaat ini masih didominasi oleh penguasaan teori atau keterampilan teknis (technical / hard skill).Untuk menjadi pengusaha muda yang sukses diperlukan beberapa keterampilan soft skill yang harus dikuasai yaitu :
1.    Menjaga reputasi
Reputasi yang baik merupakan modal utama bagi seorang pengusaha muda. Reputasi yang baik akan memudahkan dalam membuat jaringan dan memperkenalkan usaha baru. Reputasi seseorang dikenal orang lain melalui daftar riwayat hidupnya.
2.    Kemampuan membangun jaringan
Seorang pengusaha harus mampu bergaul dengan sebanyak teman. Dan ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam membangun jaringan yaitu:
3.    Naluri mengenali peluang usaha
Pengusaha yang berhasil adalah seseorang yang mampu mengenali peluang dengan baik
4.    Kemampuan persuasi dan negosiasi
Dunia bisnis memerlukan kemampuan negosiasi dan persuasi. Untuk meningkatkan kemampuan persuasi dan negisiasi
1.    Iktikad baik untuk mencapai win-win solution
2.    Mempersiapkan  diri sebelum negosiasi
3.    Meningkatkan kemampuan komunikasi dan pengendalian emosi

4.    Sikap professional
Suryana. 2013. Kiat dan Proses Menuju Sukses. Salemba Empat: Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar