Maret 11, 2016

Pacu Dirimu Untuk Menjadi Enterpreuner Mulai Saat Ini



1.      Sukses Membutuhkan Kerja Keras
Dalam menjalankan usaha, jika ingin menjadi wirausahawan yag berhasil maka syarat utamanya adalah harus mau bekerja keras. Menjadi wirausahawan sekarang ini,
tidak hanya sekedar dapat memulai dan mendirikan suatu usaha begitu saja, malainkan dituntut untuk mampu mengarahkan usahanya pada keadaan yang terus menguntungkan dan memperoleh keunggulan bersaing yang berkelanjutan atau terus-menerus dibandingkan para pesaingnya. Jadi wirausahawan membutuhkan kemauan dan tujuan yang jelas apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara dia mencapainya.
2.      Pengertian Kewirausahawan
Pengusaha atau wirausahawan (enterpreuner) adalah seseorang yang menciptakan sebuah usaha atau bisnis yang dihadapkan dengan resiko dan ketidakpastian untuk memperoleh keuntungan dan mengembangkan bisnis dengan cara mengenali kesempatan dan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan.
3.      Keuntungan Menjadi Wirasusahawan
a.       Mempunyai kebebasan mencapai tujuan yang dikehendaki
Wirausahawan dapat menentukan sendiri target-target pencapaian usaha apa yang mereka inginkan, kebebasan dalam menggunakan sumber daya, dan tidak bergantung pada orang lain.
b.      Mempunyai kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan potensi diri secara penuh
Para wirausahawan menyadari bahwa batasan terhadap kesuksesan mereka adalah segala hal yang ditentukan oleh kreativitas, antusias, dan media.
c.       memperoleh manfaat dan laba  yang maksimal menjadi
dengan menjadi wirausahawan akan memiliki kebebasan untuk menentukan sendiri keuntungan atas investasinya. Dengan membuka usaha, ada manfaat yang mengembangkan diri seperti dapat membuka lapangan kerja bagi orang lain, membantu yang tidak mampu, dan memeperoleh laba yang cukup banyak sehingga dapat menikmati kehidupan yang lebih baik.
d.      Terbuka kesempatan untuk melakukan perubahan
Apabila kita menjadi pengusaha, maka kita mempunyai kebebasan untuk mengubah kondisi perusahaan sesuai dengan keinginan kita yang sudah dipikirkan dengan sangat matang dan risiko yang diperhitungkan dengan cermat.
e.       Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dalam menciptakan kesempatan kerja
f.       Terbuka peluang untuk berperan dalam masyarakat dan mendapatkan pengakuan atas usaha mereka
4.      Ciri dan Sikap Wirausahawan
Ciri dari seorang wirausahawan adalah :
a.       Percaya Diri
Percaya diri merupakan sikap dan keyakinan untuk memulai. melakukan, dan menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang dihadapi.
b.      Berorientasi Pada Tugas dan Hasil
Apapun jenis usahanya, seberapa keraspun usaha yang dilakukan apabila ternyata tidak berhasil, maka tidak ada gunanya.
c.       Berani Mengambil Resiko
Seorang wirausahawan harus mengetahui peluang kegagalan untuk memperkecil kegagalan usaha.
d.      Kepemimpinan
Memberikan suritauladan, tidak antikritik, berfikir positif, dan memiliki kecakapan dalam bergaul.
e.       Keorisinilan
Keorisinilan dan keunikan dari suatu barang dan jasa, merupakan hasil inovasi dan kreativitas yang diterapkan. Wirausahawan harus mampu membuat sesuatu yang baru dan berbeda.
f.       Beriorientasi Pada Masa Depan
Memiliki pandangan jauh kedepan dan jika perlu sudah tiba lebih dahulu pada masa depan merupakan kemampuan yang ada pada setiap wirausahawan yang sukses.

Sedangkan sikap yang dimiliki oleh wirausahawan adalah :
a.       Disiplin
Dalam melaksanakan kegiatannya, seorang wirausahawan harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. Arti dari kedisiplinan itu adalah ketepatan komitmen wirausahawan terhadap tugas dan pekerjaannya.
b.      Komitmen Tinggi
Komitmen adalah kesepakatan mengenai sesuatu hal yang dibuat oleh seseorang, baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain. Dalam hal ini seorang wirausahawan harus memiliki komitmen yang jelas, terarah dan bersifat progresif (berorientasi pada kemajuan).
c.       Jujur
Kejujuran merupakan landasan moral yang terkadang dilupakan oleh seorang wirausahawan.
d.      Kreatif dan Inovatif
Untuk memenangkan persaingan, maka seorang wirausahawan harus memiliki daya kreativitas yang tinggi. Daya kreativitas seharusnya dilandasi dengan cara berfikir yang maju dan penuh gagasan-gagasan baru yang berbeda dengan yang lainnya.
e.       Mandiri
Kemandirian merupakan sifat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Seseorang dikatakan mandiri jika orang tersebut dapat melakukan keinginan dengan baik tanpa adanya ketergantungan pada pihak lain dalam mengambil keputusan atau bertindak.
f.       Realistis
Seseorang dikatakan realistis bila orang tersebut mampu menggunakan fakta atau realita sebagai landasan berfikir yang rasional dalam setiap pengambilan keputusan maupun tindakan atau perbuatannya agar calon wirausahawan yang berpotensi pada akhirnya tidak mengalami kegagalan.

5.      Membangun Kewirausahaan di Indonesia
Salah satu faktor yang mempersulit tumbuhnya kewirausahaan di Indonesia adalah masalah birokrasi pemerintahan. Masalah birokrasi dimulai dari perizinan sampai kebijakan dunia perbankan, yang sampai saat ini masih menjadi perbincangan yang tidak ada ujungnya. Sehingga kita harus membangun semangat diri yang kuat bahwa baik buruknya kondisi hidup seseorang bergantung pada diri kita sendiri tanpa menggantungkan diri pada orang lain. Semangat kewirausahan harus dibangun berdasarkan asas pokok sebagai berikut :
a.       Kemauan kuat untuk berkarya (terutama dalam bidang ekonomi) dan semangat mandiri.
b.      Mampu membuat keputusan yang tepat dan berani mengambil resiko.
c.       Kreatif dan inovatif.
d.      Tekun, teliti, dan produktif.
e.       Berkarya dengan semangat kebersamaan dan etika bsinis yang sehat.
Membangun kewirausahaan di Indonesia harus dilakukan melalui tiga hal secara simultan yaitu :
a.       Masyarakat mengubah paradigma bahwa menjadi pekerja atau PNS lebih terpandang daripada menjadi wirausahawan sukses.
b.      Lembaga pendidikan mempersiapkan bekal ilmu dan keterampilan dalam berwirasusaha.
c.       Pemerintah memberikan dukungan yang kondusif berupa iklim usaha yang baik menyangkut perizinan, permodalan, dan infrastruktur.
Kerangka pengembangan kewirausahaan di Indonesia dapat dilakukan dengan beberapa strategi sebagai berikut :
a.       Memperbaiki pendidikan kewirausahaan, yaitu sistem pendidikan kewirausahaan yang menyebar dari SD sampai ke Perguruan Tinggi (universitas) dan melakukan kerja sama dengan dunia industri melalui kegiatan magang kewirausahaan.
b.      Menyediakan infrastruktur (prasarana) yang tidak terbatas hanya pada transportasi dan komunikasi, melainkan juga infrastruktur pendidikan, baik formal maupun nonformal.
c.       Menyediakan informasi seluas-luasnya bagi wirausahawan yang berada pada tahapan start-up melalui layanan internet.
d.      Membuka akses selebar-lebarnya dalam pendanaan terutama bagi UKM.
e.       Membuat program komunikasi dan inisiatif bagi kewirausahaan. Program-program untuk memberi penyuluhan kewirausahaan melalui media masa diikuti oleh program insentif sebagai penghargaan.
f.       Menetapkan bidang-bidang yang mudah dimasuki oleh wirausahawan baru (khsususnya di bidang perdagangan dan kerajinan) serta mendorong wirausahawan yang sukses di bidang industri manufaktur.

Sumber Artikel :
Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat 2011, Jakarta  (Universitas Mercu Buana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar