April 22, 2016

Memilih usaha yang cocok

Oleh : Lauriyan Prima Sakti


      

       Memilih untuk menjadi wirausahan memang penuh dengan risiko yang dihadapi dan penuh dengan tantangan. Menjadi seorang wirausaha anda harus mampu mengenal diri anda sendiri seberapa mampu anda. Untuk memilih sebuah usaha yang cocok agar tidak di kerjakan secara setengah-setengah.

Kiat-kiat memilih usaha yang cocok adalah sebagai berikut :

  1. Nilai kemampuan pribadi
            Nilailah segala kemampuan yang ada pada diri anda seperti kekuatan , karakteristik , yang diperlukan untuk mencapai sebuah usaha. Dengan anda mengenal diri anda dengan baik , anda akan tau kelebihan-kelebihan apa yang anda miliki dan tidak lupa dengan kekurangan yang anda miliki.
  2.  Memperhatikan lokasi
         Lokasi yang strategis dalam membangun sebuah usaha sangatlah penting dan dengan memperhatikan lokasi seorang wirausahawan akan membuat suatu bisnis yang berbeda dengan bisnis yang berada di lokasi tersebut.
  3. Membuat Daftar Bidang usaha
             Membuat daftar bidang usaha anda akan memilih usaha yang cocok dengan kita dan sesuai dengan kemampuan anda  , dan terlebih lagi jenis usaha apa yang cocok dan berbeda di tempat lokasi yang akan dipilih.
  4.  Mempelajari bidang usaha yang dipilih
              Hal ini sangat penting dalam mendirikan sebuah usaha , dengan mempelajari sebuah bidang usaha yang akan anda pilih, anda akan lebih mampu untuk mengembangkan , membuat inovasi dan kreasi , dan mampu untuk bersaing karena sudah mengerti tentang apa usaha yang terlah didirikan.

         Dengan mengenal diri sendiri dalam melakukan sebuah bisnis memang sangat penting , mengenal diri sendiri akan memberikan sebuah peluang usaha yang menjanjikan , kenapa? Karena sebuah peluang usaha yang baik , membutuhkan sebuah kreativitas yang baik , kreativitas yang baik diperoleh dari mengenal diri sendiri anda dengan baik.

sumber :

Suharyadi, dkk. 2007. Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat

Comtel Cell " Cara Menentukan / Memilih Jenis Usaha yag Tepat " http://comtelweb.blogspot.com/2014/04/cara-memilih-menentukan-jenis-usaha-secara-tepat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar