Sabtu, April 23

Menerapkan Sikap Mental Bisnis Orang Cina

            Orang Cina memiliki falsafah dan budaya tersendiri dalam berbisnis, seperti  jika ingin sukses orang Cina harus berdagang yang bekerja keras dan membuka peluang usaha  baru. Berdangan mereka jadikan hobi bukan untuk mengisi waktu luang. Ilmu dagang mereka diwariskan kepada anak cucu agar anak cucu mereka mengenal ilmu perdagangan. Keuntungan yang mereka peroleh tidak dibelanjakan melainkan digunakan untuk menambah modal dan melakukan investasi.  Mencari keuntungan jangka panjang, tidak sekedar mendapat untung cepat namun tidak langgeng. Orang Cina tidak mudah putus asa, apabila gagal mereka tidak berhenti melainkan itu menjadi pendorong mereka untuk bangkit dan mencapai keberhasilannya.
            Selain memiliki falsafah orang Cina juga memiliki budaya yang bisa kita pakai dalam membangun usaha yaitu mereka rela bangun pagi dan terus bekerja keras sampai malam hari untuk mencapai keberhasilan. Mereka selalu berpikir bahwa jika ingin berdagang tidak perlu memiliki ilmu dan teori yang rumit, yang penting menurut mereka orang yang ingin berdagang mau bekerja keras dan tekun. Mereka memiliki kesabaran dan ketabahan yang luar biasa dalam mencapai keberhasilannya. Mereka memiliki tujuan yang jelas sehingga usaha yang mereka tekuni bisa berjalan lama dan memiliki keuntungan.  Mereka memiliki prinsip siapa cepat dia dapat, yaitu kita harus jelih melihat peluang dan harus bisa berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pasar.
            Orang Cina memiliki sistem dan seni yaitu dengan memberikan potongan harga dan pelayanan yang istimewa terhadap pelanggan, dan respect dengan pekerja. Dan memiliki seni yang ramah terhadap pelanggan, dan juga mengutamakan win – win solution. Orang Cina memiliki etika dalam melakukan usaha seperti tidak melakukan cara – cara kotor untuk menjatuhkan orang lain.

            Orang Cina memiliki rahasia cara berbisnis untuk meraih kesuksesannya contohnya seperti, belajar berbisnis sejak kecil, orang Cina selalu melibatkan seluruh anggota keluarganya dalam menjalankan usahanya. Mereka juga selalu bijak mengelola uang , mereka selalu terlihat pelit padahal itulah cara mereka mengelola uang yang selalu hidup hemat dan sederhana. Mengeluarkan uang sebisa mungkin untuk kebutuhan yang memang penting, bukan sekedar untuk menutupi gengsi belaka. Banyak hal yang bisa kita ambil dari cara berbisnis orang Cina, sikap mental yang seperti itulah yang membuat kita dapat mencapai kesuksesan dan keberhasilan.


Sumber :
Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda"
http://carainvestasibisnis.com/cara-cepat-kaya-dan-rahasia-kesuksesan-orang-cina/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar