Mei 29, 2016

Marketing Strategy


Pemasaran
Pemasaran tidak hanya mengenai penjualan, iklan atau promosi saja.
Pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang atau jasa yang tepat, dengan harga, waktu, dan lokasi yang tepat.
Untuk mendapatkan hasil pemasaran yang sesuai, maka secara umum dapat dilakukan proses pamasaran sebagai berikut:

a.    Pengenalan pasar: pemasar mengetahui potensi pembeli dan mengetahui akan kebutuhannya.
b.    Strategi pasar: strategi yang akan diterapkan dalam memasarkan barang atau jasa agar dapat diterima oleh pasar.
c.    Bauran pemasaran: alat yang akan digunakan dalam menjalankan strategi yang telah dipilih dan usaha lain dalam penyampaian nilai sehingga sesuai dengan keinginan pembeli yang akan dituju.
d.    Evaluasi pemasaran: dilakukan untuk melihat keberhasilan usaha pemasaran yang telah dilakukan.
Pengenalan pasar
Pengenalan pasar adalah upaya untuk mengetahui jumlah, karakteristik, dan sifat sebuah pasar. Berikut adalah beberapa teknik yang akan membantu anda dalam melakukan pengenalan pasar:
a.    Mengelompokkan pasar, hal terpenting dalam memasarkan barang atau jasa adalah mengetahui siapa pembeli dan apa yang mereka butuhkan.
b.    Masa peredaran barang atau jasa, semua barang atau jasa memiliki siklus hidupnya masing-masing, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahan kematangan, dan tahap penurunan.
c.    Analisis SWOT, dapat dilakukan untuk mengetahui posisi usaha yang dijalankan dan posisi usaha pesaing.
Menentukan strategi pemasaran
Strategi pemasaran adalah suatu cara yang digunakan untuk membantu kita membuat dan menjual barang dan jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar target atau selera konsumen yang dituju.
1.    Menembus pasar, untuk menjangkau sasaran pembeli yang belum tercapai.
2.    Mengembangkan pasar, apabila sasaran pembeli lama sudah jenuh sehingga perlu mencari sasaran pembeli baru dengan tetap menawarkan barang atau jasa yang lama.
3.    Mengembangkan produk, mencakup perubahan barang atau jasa dengan tetap menggunakan cara produksi yang lama.
4.    Melakukan diversifikasi, dilakukan dengan cara mengembangkan produk baru yang masih berkaitan dengan produk lama.
5.    Menerapkan biaya murah,didasarkan pada biaya input yang rendah.
6.    Memfokuskan pada pasar, dengan memberikan pelayanan khusus kepada pembeli yang dapat membedakan dengan pelayanan yang diberikan para pesaing.
7.    Melakukan diferensiasi, berkonsentrasi pada penciptaan barang dan jasa baru yang sangat berbeda.

Menentukan Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran (marketing strategy) adalah suatu cara yang digunakan untuk membantu kita membuat dan menjual barang dan jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar target atau selera konsumen yang dituju. Banyak sekali strategi yang diperkenalkan dalam teori-teori pemasaran, namun secara umum strategi pemasaran yang biasa dilakukan dan dapat dipilih adalah:
  1. Menembus Pasar
Strategi menembus pasar untuk menjangkau sasaran pembeli yang belum tercapai. Upaya-upaya praktis yang dapat dilakukan antara lain:
  1.   Mengembangkan Pasar
Strategi ini dilakukan apabila sasaran pembeli yang lama sudah jenuh atau sudah habis sehingga perlu mencari sasaran pembeli baru dengan tetap menawarkan barang atau jasa yang lama.
  1. Mengembangkan Produk
Strategi pengembangan produk mencakup perubahan barang atau jasa dengan tetap menggunakan cara produksi yang lama.
  1. Melakukan Diversifikasi
Strategi diversifikasi dilakukan dengan cara mengembangkan produk baru yang masih berkaitan dengan produk lama.
  1. Menerapkan Biaya Murah
Strategi biaya murah didasarkan pada biaya input yang rendah.
  1. Memfokuskan pada pasar
Strategi fokus pada pasar dilakukan dengan memberikan pelayanan khusus kepada pembeli yang dapat membedakan dengan pelayanan yang diberikan para pesaing
  1. Melakukan Diferensiasi
Strategi diferensiasi berkosentrasi pada penciptaan barang dan jasa baru yang sangat berbeda.
 

Meramu Strategi Pemasaran Dengan Bauran Marketing.
Dalam pemasaran kita mengenal 4P (Product, Price, Place & Promotion) yang bisa kita jadikan dasar dalam membangun strategi yang terpadu dalam pemasaran.
  1. Product (Produk) - Adalah bagaimana kita membangun strategi produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar (sesuai dengan positioning kita) dengan differensiasi yang tinggi sehingga "brand" produk bisa sekalian terbangun sejak awal. Strategi produk ini menyangkut desain produk, kualitas dan desain kemasan yang sesuai dengan target pasar kita.
  2. Price (Harga) - Adalah bagaimana kita membangun strategi produk yang sesuai dengan tingkat persaingan, daya beli dan life style yang berkembang di masyarakat. Penentuan harga bisa sangat dipengaruhi dari biaya perolehan bahan baku, efisiensi proses produksi dan skala usaha. Pada saat persaingan dengan produk yang "hampir" sama, komponen-komponen tersebut di atas akan menjadi faktor penentu dalam competitive advange dari pelaku UMKM.
  3. Place (Chanel Pemasaran) - Adalah bagaimana kita menentukan chanel pemasaran dan distribusi yang tepat dalam menjangkau pasar dengan mempertimbangkan kondisi dan kemampuan usaha kita. Seringkali UMKM produsen diajari menjadi "superman" yang mampu menangani produksi dan pemasaran sekaligus, seringkali mereka "dipaksa" melupakan keberadaan "pedagang" atau mitra dagang yang seharusnya menjadi target pasar mereka. Produsen "tidak harus" menjangkau "end user", cukuplah mereka mencari agen, distributor atau reseller dan biarlah mereka fokus pada aspek produk dan produksi.
  4. Promotion (Promosi) - Faktor terpenting dalam memperkenalkan produk ke pasar adalah kegiatan promosi. Promosi yang efisien dan efektif harus dipikirkan sejak awal agar biaya yang muncul olehnya bisa diminilisasi. Promosi termurah saat ini adalah promosi dengan cara online dan gethok tular.
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar