Jumat, Mei 20

Mengenali Peluang dan Memilih Jenis Usaha


Peluang sebenarnya ada disekeliling kita, hanya saja ada beberapa individu yang mampu melihat situasi sebagai peluang ada yang tidak.
hal ini disebabkan faktor informasi yang dimilikinya, informasi memungkinkan seseorang mengetahui bahwa peluang ada saat orang lain tidak menghiraukan situasi tersebut. akses terhadap informasi dipengaruhi oleh pengalaman hidup dan hubungan sosial (Shane, 2003).
a. Pengalaman Hidup

Pengalaman hidup memberikan akses yang lebih mengenai informasi dan pengetahuan mengenai penemuan peluang. dua aspek dari pengalaman hidup yang meningkatkan kemungkinan seseorang menemukan peluang, yaitu: fungsi kerja dan variasi kerja.

b. Hubungan Sosial

Sebuah langkah penting dimana seseorang mendapatkan informasi dari interaksi dengan orang lain. beberapa ahli menyarankan ketika seorang takut berwirausaha secara sendirian, maka mengawali usaha secara kelompok adalah alternative.

1. Target Pasar yang Tepat

Sasaran tingkah laku membantu bisnis online menidentifikasi website dimana mereka dapat memajang iklan benner unruk mempromosikan bisnis mereka dan menarik konsumen. pemasaran berdasarkan tunglah laku dapat sangat bermanfaat pengiklan memahami pembelian konsumen dalam kelompok target spesial.
Beberapa sumber peluang usaha antara lain :

a. Perubahan Teknologi

Perubahan teknologi merupakan sumber penting dalam kewirausahaan karena memungkinkan untuk mengalokasikan sumber daya dengan cara yang berbeda dan lebih potensial (casson, 1995).

b. Perubahan Politik dan Kebijaksanaan

Perubahan politik dan kebijaksanaan terkadang menjadi sumber peluang kewirausahaan karena perubahan tersebut memungkinkan rekombinasi sumber daya agar lebih produktif.

c. Perubahan Demografi

Struktur demografi dapat mempengaruhi pola usaha.

2. Fokus dalam Bidang Usaha

Peter Drucker pakar dalam kewirausahaan menyatakan bahwa dalam memulai sebuah usaha atau inovasi dilakukan disarankan untuk terfokus dimulai dari yang terkecil berdasarkan sumber daya yang kita miliki.

3. Berani Memulai

Dunia Kewirausahaan adalah dunia ketidakpastian sementara informasi yang dimiliki oleh yang akan memulai usaha sedikit.

Memilih Jenis Usaha
  • Sebelum mendirikan sebuah perusahaan kita terlebih dahulu harus memilih jenis usaha yang akan kita jalani.
  • Kesalahan dalam memilih jenis usaha dapat menyebabkan kegagalan.
  • jenis-jenis usaha dapat dikelompokan menjadi 3 yaitu : 1. usaha dibidang perdagangan /distribusi 2. usaha dibidang produksi 3. usaha dibidang jasa komersial
  • Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pemilihan jenis usaha.
  1. Keuntungan
  2. Penguasaan teknis (cara pembuatan barang atau jasa.
  3. Pemasaran.
  4. Bahan Baku.
  5. Tenaga Kerja
  6. Modal
  7. Tingkat resiko yang ditanggung
  8. Fasilitas dan kemudahan yang didapat
  9. Faktor lain
  10. Persaingan
  • Tahapan proses pemilihan jenis usaha:
  1. Mencari informasi tentang jenis barang/jasa yang dibutuhkan dan jumlah yang telah terpenuhi.
  2. Mencari informasi tentang jenis barang / jasa yang dibutuhkan dan tingkat pemenuhannya masih kecil atau bahkan belum terpenuhi.
  3. Membuat beberapa pilihan dan jenis usaha.
  4. Kelompokkan jenis-jenis usaha tersebut berdasarkan kegiatannya.
  5. Lakukan studi kelayakan terhadap jenis usaha yang telah terseleksi

Sumber:

mmk-science.blogspot.co.id/2009/06/memilih-jenis-usaha.html?m=1
lifeskill.staff.ub.ac.id/2012/06/11/mengenal-peluang-usaha


Rangkuman :

Sukses di Usia Muda

1. Theresia Deka Putri, 25th Bisnis dibidang Kopi Luwak

Beliau berusia 25th, memulai usaha dari SMP sampai SMA yaitu berjualan makanan ringan, pakaian dan sepatu. pada awalnya putri melihat peluang bisnis dari minuman yang kebanyakan masyarakat indonesia menyukai kopi, berawal dari memasarkan produk orang lain kemudian dengan cepat dia berhasil memasarkan prduk kopinya sendiri dan. dan kemudian dia mendirikan suatu perusahaan kopi dengan nama PT. Karya Semesta dengan berbagai jenis merk kopi yakni; a) LUAK LANANG, LANANG LANDEK dan GAJAH HITAM. sekarang ia mempunyai kebun kopi seluas 4 Hektar berkat kegigihan dan kerja keras serta tekad yang kuat dalam meliat peluang bisnis tersebut. dan sekarang kopinya tembus dipasar luar (ekspor) di berbagai negara salah satunya ada yang sampai ke China, Thailand, Malaysia, Korea, dan Jepang.

2. Nicholas Kurniawan, 23th Bisnis dibidang Ikan Hias

Ia lahir pada 29 Januari 1993, mulai usaha sejak SD dengan menjajakan kue buatan ibunya, dari pengalamannya itu ia memulai bisnis IKAN HIAS, sempat gagal di tahun 2010 namun ia bangkit dengan kerja kerasnya belajar dari ke gagalan yang pernah ia alami. kemudian berkat kegigihannya usaha yang digeulutinya meluai berkembang, dengan keinginannya ingin belajar dan menyukai tantangan, ia mencoba menjadi eksportir ke seluruh dunia untuk memasarkan ikan-ikan hias miliknya. dan negara yang sering membeli ikannya itu negara Australia dan China.
"Ikan mati mengikuti arus, Ikan hidup melawan arus"  itu prinsip yang dia pegang dalam berbisnis.

3. Hamzah, 19th Bisnis dibidang Usaha Bimbel dan Usaha Sofa dan Bantal

Ia memulai bisnis kecil-kecilan dari makanan ringan yang ia jual kepada teman-temannya, kemudian ia mendapat tawaran dari usaha bimbingan belajar untuk meneruskan usaha yang sudah ada sebelumnya untuk dikembangkan. namun dengan modal yang saaitu lumayan cukup besar, ia memberanikan diri untuk mengambilnya walaupun usianya bisa dibilang cukup muda dengan tekad beraninya akhirnya ia berhasil membuktikannya kepada kedua orangtua bahwa ia bisa memegang bisnis tersebut. sampai sekarang ia memiliki 3 cabang bimbel, serta ia juga membuka usaha lainnya dibidang sofa dan bantal. dengan demikian omset yang ia peroleh bisa sampai ratusan juta rupiah dalam sebulan.

Semoga Bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar