Kamis, Juni 9

Cara Mengembangkan Usaha dengan Benar

Cara merencanakan dan mengoperasionalisasi usaha.

Bagi para usahawan baru yang ingin membuka usaha, sebaiknya terlebih dahulu tau bagaimana cara membuka usaha dengan baik.
Karna kadang kala usahawan yang sudah matang memikirkan usahanya pun akan gagal, tidak bisa dijamin akan berhasil bagi usahawan baru yang tidak memikirkan dengan matang akan usaha yang akan dibuka.
Perencanaan yang baik untuk membuka sebuah usaha baru harus difikirkan dengan SMART (specific, measurable, achievable, reality, trackable)

1.       Specific yang artinya perencanaan yang dibuat tidak akan bermakna ganda. Karna akan selalu terfocus dengan usaha awal atau pemikiran awal yang diinginkan. Misalnya anda ingin membuka usaha burger, maka anda akan memikirkan burger jenis apa yang akan anda jual nanti. Mulai dari rasa yang berfarian, bentuk dan ukuran.

2.       Measurable yaitu perencanaan yang harus terukur, jadi kita akan tau kapan rencana itu akan tercapai. Misalnya anda ingin membuka usaha burger didaerah dekat kampus, karna akan ramai, maka anda harus memperkirakan berapa burger yang akan habis dihari itu jug. Missal anda menyiapkan 150 buah burger. Maka 150 burger itu harus benar benar habis dihari itu. Karna tidak meleset dari perkiraan.

3.       Achievable adalah perencanaan yang sewajarnya, jangan berlebihan, maka mulai lah dari yang terkecil. Kalau tidak, maka pikiran bawah sadar kita akan menolak, dan berpikir kalau itu tidak akan berhasil.  Misalnya anda baru membuka usaha burger, awalnya anda harus berfikir untuk menjual 50 buah buerger dalam sehari, kalau berhasil maka keesokannya anda bisa menambahkannya lagi menjadi 60 buah. Seperti itu seterusnya sampai 150 buah bahkan lebih.

4.       Reasonable adalah berpikir realistis. Dan jangan berpikir bahwa usaha anda paling laris diantara usaha usaha para pesaing. Tetapi anda harus optimis pula.

5.       Trackable adalah setiap perencanaan yang telah dibuat dalam mencapai tujuan usaha, harus dapat dilacak untuk mengetahui kemajuan. Misal anda memiliki rencana menjual 150 buah burger dalam sehari. Nah, dalam sebulan kedepan anda harus melihat dan memperhitungkan. Apakah usaha anda berhasil atau tidak? Kalau tidak kembalilah ketahap awal. Menjual 50 buah perhari dan bertahap setiap hari, begitu sterusnya.

Selamat mencobaaa!!!


oleh: Ayu Wulandary - 46115010121
L43-Ayu
Referensi : Buku Kewirausahaan Karangan  : Suharyadi - Arissetyo Nugroho.
              Purwanto S.K. - Maman Faturohman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.