Kamis, Juni 9

Cara Mengenali Peluang dan Memilih Jenis Usaha

 Cara mengenali peluang dan cara memilih jenis usaha dengan benar

Mengenali hingga memilih peluang usaha yang tepat. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk menerapkannya.


1.    1.    Memilih kekuatan yang dimiliki seperti lokasi, sumber-sumber bahan baku yang mudah didapat, mudah dijangkau oleh konsumen atau pelanggan, dan  kekuatan lainnya yang bisa dimanfaatkan.  Contohnya adalah memilih tempat yang ramai. Seperti kampus, rumah sakit, mall, perkantoran, dan sebagainya. Bisa digunakan untuk membuka usaha seperti Foto Kopi, berjualan makanan, kos-kosan, warnet dan masih banyak lagi.

2.     2.   Melihat kekurangannya. Jadi jangan membuka usaha tanpa keahlian atau dengan kekurangan. Karna nanti akan seperti memaksakan diri. Contohnya jangan membuka tempat makan, bila menurut anda masakan anda kurang baik, dan jika anda tidak bisa membuat makanan yang berkualitas seperti menggunakan bahan bahan yang bagus maka jangan membuka tempat makan.

3.     3.   Melihat peluang yang bisa mendatangkan keuntungan. Contohnya membuka foto kopi didekat kampus. Karna sangat pasti para mahasiswa membutuhkan nya. Bukan hanya mahasiswa, sering kali dosen pun membutuhkan foto kopi. Dan juga masyarakat sekeliling.


4.       4. Melihat ancaman terhadap usaha yang akan dibuka. Karna pasti tidak hanya kita yang akan membuka usaha. Terlebih lagi jika saingan kita memiliki skil yang tinggi dan lebih berpengalaman. Maka bisa jadi usaha yang kita buka tidak akan maju dengan cepat. Maka usahakan untuk membuka usaha dengan baik dan benar. Dan juga memiliki jiwa kewirausahawanan. Dengan cara percaya diri, jujur dll.


oleh: Ayu Wulandary - 46115010121
L43-Ayu
Referensi : Buku Kewirausahaan Karangan  : Suharyadi - Arissetyo Nugroho.
              Purwanto S.K. - Maman Faturohman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar