Rabu, Juni 15

Good Plan for Good Result

Untuk memulai sebuah usaha baru perlu adanya perencanaan yang matang, baik input, output, maupun rencana pemasarannya yang baik dan tepat. Perencanaan yang baik untuk sebuah usaha baru perlu di pikirkan dengan SMART. 

Spesific, artinya perencanaan lebih jelas dan terarah sehingga lebih focus pada tujuan yang ingin dicapai atau perencanaan tersebut tidak bermakna ganda. Maksud tidak bermakna ganda disini ketika kita ingin membuka sebuah usaha kue. Tetapi kue ini  masih bersifat umum atau belum spesifik, apabila ingin lebih spesifik misalnya kita ingin lebih focus membuka usaha kue kering sehingga kita lebih focus dan terarah pada usaha yang kita inginkan tersebut baik segi kualitasnya yang sesuai dengan tujuan pangsa pasar kita.
Measurable, perencanaan yang dibuat harus terukur kapan perencanaan tersebut telah tercapai. Misalnya kue kering yang dibuat dengan target pemasaran orang-orang yang akan merayakan hari-hari besar dengan omzet minimal 25kg kue kering.
Achieable, bahwa perencanaan yang dibuat harus realistis dan dapat dicapai. Misalnya usaha baru kita tersebut menargetkan 25kg sudah realistiskah,mengingat usaha tersebut masih baru. Sehingga untuk ukuran usaha baru 10kg target penjualan lebih realistis ketimbang langsung 25kg, sebaiknya dengan target yang bertahap dari 10kg menjadi 25kg dan seterusnya.
Reasonable, maksudnya perencanaan yang baik perlu memenuhi persyaratan factual dan realistis. Misalnya target penjualan kue kering tersebut ingin menguasai pangsa pasar sebanyak 50%, hal ini kurang realistis mengingat banyaknya toko yang menjajakan kue kering yang sudah lebih dulu.
Trackable & Timely, perencanaan yang telah dibuat dalam pencapaian tujuan usaha harus dapat dilacak untuk mengetahui setiap kemajuan. Misalnya kue kering memproduksi 35kg kue kering, kapan target tersebut akan tercapai atau butuh waktu berapa lama untuk mencapai target tersebut harus diperhitungkan dengan jelas.

Suatu rencana kerja yang tertulis secara tertulis merupakan perangkat tepat dalam mengendalikan usaha agar lebih terfokus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar