Rabu, Juni 15

Pentingnya Pengelolaan Keuangan Bisnis

Apabila kita membaca buku kisah sukses beberapa pengusaha di Indonesia, mereka mengatakan bahwa untuk uang bukanlah modal utama untuk menjadi pengusaha. Pasalnya untuk memulai sebuah usaha, kita tidak perlu menunggu modal yang besar dalam artian modal yang berbentuk dana, karena yang menjadi modal utamanya adalah keberanian,, ketekunan, kerja keras dan keyakinan. Ketika kita memiliki dana yang cukup besar untuk membuka usaha, tidak akan berguna apabila tidak adanya keberanian dan keyakinan yang dimiliki untuk memulai sebuah usaha. 

Ada isitilah Cina yang mengatakan bahwa tidak ada untung tanpa ada modal, dengan demikian tidak dapat dipungkiri bahwa kita memerlukan dana modal juga untuk memulai sebuah usaha. Dalam memulai sebuah usaha kita harus mengetahui modal usaha yang diperlukan, saya membaginya menjadi tiga jenis modal yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha. Yang pertama modal investasi awal yang biasanya dipakai untuk jangka panjang. Misalnya jika kita memiliki usaha baju, maka modal investasi awalnya adalah berupa mesin jahit atau peralatan penunjang lainnya. Kemudian modal yang kedua adalah modal kerja yang dibutuhkan untuk membeli atau membuat barang  dan jasa yang kita hasilkan. Misalnya jika usaha kita membuat baju maka modal kerja kita adalah benang, jarum, bahan dasar kain, dan sebagainya. Lalu modal selanjutnya adalah modal operasional yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya operasi bulanan dari usaha kita. Misalnya biaya untuk perawatan peralatan, listrik, air dan yang lainnya.

Pentingnya mengetahui kebutuhan modal usaha, agar keuangan sebuah usaha dapat berjalan dengan baik sejalan dengan pendapatan yang akan diterima nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar