Selasa, Juni 7

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MELAKUKAN STRATEGI PEMASARAN

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MELAKUKAN STRATEGI PEMASARAN



Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.
Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada konsumen saat ini maupun konsumen potensial. (William J.Stanton, 1995:7)

Pentingnya Strategi Pemasaran

Penting sekali untuk merancang strategi dalam melakukan pemasaran produk. Jika dilakukan dnegan tepat maka tentunya penghematan dalam segi pendanaan agar produk sampai ke konsumen berkurang.

5 Hal yang Harus diperhatikan dalam Melakukan Strategi Pemasaran

 

Hal-hal ini harus kamu perhatikan sebagia wirausahawan dalam memasarkan produk kamu nantinya.

Penentuan Pasar

Wirausaha harus pasti akan memasarkan produknya di mana. Pasar apa yang akan dijadikan tempat produknya dijual. Apakah produk akan dijual di supermarket, atau di jual secara online berbasis web.
Sebagai trik bagi sebuah usaha untuk berkembang dan dikenal lebih luas, biasanya produk itu mensponsori beberapa aktivitas yang berkaitan langsung dengan konsumen kalangan tertentu. Kalangan tertentu di sini maksudnya kalangan yang dijadikan pasar utama produk, apakah konsumen uama yang dituju adalah wanita atau anak-anak muda.
Yang sering saya lihat di kampus saya belakangan ini, produk kosmetik Wardah dering sekali menjadi media partner atau pihak sponsor berbagai acara-acara di kampus, seperti seminar atau perlombaan.

Perencanan Produk

Pastinya produk yang akan di jual harus juga disesuaikan dengan pasar atau konsumen. Misalnya mengenai bentuk sebuah produk, ukurannya, warna kemasan, dan bagaimana produk itu dipromosikan. Apa yang ditampilan dalam sebuah produk, akan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.
Kita ambil contoh botol kosmetik BB cream yang marak beredar di pasaran belakangan ini dnegn ukuran kecil berisikan 15 ml. Dengan ukuran yang kecil ini akan memudahkan konsumen untuk membawanya pergi dan dipakai di luar rumah. Lebih efisien ruang dan praktis.

 

Manajemen Harga

Sebagai konsumen tentu sebelum membeli sebuh produk kita melihat harga yang diberikan. Hal itu memberikan pertimbangan bagi konsumen.
Kebanyakan stigma yang melekat pada konsumen adalah harga yang tinggi merupakan tanda produk itu berkualitas lebih baik daripada produk yang berharga lebih rendah. Konsumen akan membandingkan satu produk dengan produk lain berdasarkan harga.

 

 Distribusi

Ada tiga pihak yangmerupakan sebuah siklus perputaran sebuah penjualan produk, yaitu Produsen, Agen atau reseller dan Konsumen.

Komunikasi dan Promosi

Sektor periklanan merupakan sektor yang terus berkembang hingga kini dan semakin banyak media yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk. Bebrbagai cara pun dilakukan agar produk laku keras di pasaran.
Misalnya menggunakan testimoni dari para konsumen yang telah menggunakan produk sebelumnya, lalu menggunakan Brand Ambassador yang akan membuat citra tersendiri bagi produk. Dengan menggunakan seorang artis tenar sebagai Brand Ambassador sebuah produk, konsumen memiliki pikiran yang terpantri antara si artis dengan produk. Dimana ada pengaruh apabila konsumen menggunakan produk itu, akan membuatnya serupa dengan si artis.



Referrensi :
Gunarto, bieli. “Strategi Pemasaran”. 10 Juni 2013.

Nicho, Eka. “Pengertian Manajemen Keuangan”. 6 November 2015.


Riadi, Muchlisin. “Pengertian, konsep dan strategi pemasaran”. 4 januari 2013.

http://www.kajianpustaka.com/2012/10/pengertian-konsep-dan-strategi-pemasaran.html

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.