Selasa, Juni 7

KEUANGAN DALAM BERWIRAUSAHA

KEUANGAN DALAM BERWIRAUSAHA


Bambang Riyanto, mendefinisikan manajemen keuangan merupakan semua aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berhubungan dengan upaya memperoleh dana yang dibutuhkan dengan biaya yang seminimal mungkin dan syarat yang menguntunggkan serta upaya untuk mempergunakan dana yang diperoleh tersebut secara efisien dan efektif

Dalam berwirausaha keuangan adalah momok utama yang harus diperhatikan. Karena faktor keuangan ini merupakan dasar bagi penentu sebuah usaha.
Kenapa dikatakan penentu?
Sebagai modal usaha
Keuangan yang digunakan sebagai modal, dimana dasar kita memulai usaha besar. Beberapa wirausahawan memang tidak membutuhkan modal dalam usahanya, tetapi perlu uang transport untuk memasarkan produk, atau mungkin uang perawatan barang. Ketika keuangan dijadikan sebagai modal dalam berwirausaha, maka keuangan itu dijadikan bahan dasar yang menyokong tumbuhnya sebuah usaha.
Kita bisa mendapatkan modal dari beberapa sumber berikut :
1.      Pinjaman dari Bank dnegan jaminan
Banyak bank yang kini memberikan modal usaha kepada nasabahnya dengan memberikan bunga dari modla yang diberikan itu dalam jangka waktu yang telah ditentukan.  Ada program pinjaman di bank yang dinamakan kredit multi guna (KMG) dimana Anda memberikan sejumlah jaminan misalnya aset properti atau kendaraan bermotor kepada bank.
2.      Menggunakan tabungan
3.      Menjual aset
Beberapa orang menjual barang berharga yang mereka miliki dan menggunakan sebagai modal dengan harapan akan ada timbal balik dari modal itu berupa laba, dimana laba yang didapat bisa menutupi aset yang telah dijual tadi.
4.      Joint venture
Joint venture merupakan mengajak teman atau saudara untuk membuka usaha bersama dengan patungan modal. Modal usaha secara Joint venture ini juga akan menguntungkan karena modal dan pekerjaan akan dibagi sama rata, termasuk juga membagi kerugian.
5.      Sistem Franchise ini
Merupakan usaha kerja sama antara pihak pemilik usaha dengan pelaku usaha. Pembagian keuntungan berdasarkan perjanjian yang telah disepakati dan pemilik usaha akan menyediakan semua fasilitas dan modal yang kemudian akan dijalankan oleh pelaku usaha. Sistem ini tidak mengeluarkan modal yang banyak bagi Anda sang pelaku usaha. Tetapi Anda harus memilih brand franchise yang sudah terkenal sehingga kemungkinan untung lebih besar.






Referensi :

Anonymous. “11 Cara Gampang Mencari Modal Usaha”. 20 Juli 2015.

https://www.cermati.com/artikel/11-cara-gampang-mencari-modal-usaha.

Nicho, eka. “Pengertian Manajemen Keuangan”. 3 September 2015.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.