Kamis, Juni 23

Jadilah Bos untuk diri anda sendiri

Sebagai anak muda yang mempunyai tujuan dan harapan tentunya akan memikirkan hal-hal kecil untuk kemakmuran hidupnya, salah satunya dengan besikap kritis dan berani memulai bisnis.  Untuk  memulai bisnis tentunya diperlukan ide-ide yang menarik dan tentunya modal, menjadi pebisnis bukan hal mudah karena kita harus mulai dari bawah.
Seiring dengan berjalannya waktu, berbagai macam bisnis terus berkembang di tengah tengah masyarakat. Ide-ide baru bermunculan dan menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas. Banyak hal-hal yang tidak disadari dalam kehidupan sehari-hari bisa dijadikan ide menguntungkan untuk dijalani.
Bekerja untuk orang lain terkadang tidak mengenakkan, karena dituntut untuk menuruti semua peraturan dan keinginan mereka. Sebaliknya jika memiliki usaha sendiri kita bisa bebas mengatur waktu dan jalannya usaha.
Di tugas ini saya berkeinginan untuk melakukan bisnis di bidang kuliner karena saya rasa bisnis di bidang ini tidak akan pernah ada matinya. Bisnis yang saya ingin lakukan adalah Café dengan menu utamanya adalah Donuts, Kue Pastry, dan Coffe Break.   Sebenarnya ini merupakan suatu bisnis kuliner yang  umum dan sudah mempunyai pesaing seperti  Starbucks, J-Co, DunkinDonuts, dll. Sebagai pendatang baru tentunya sangat sulit untuk bisa merebut posisi dari Brand yang sudah terkenal dan mempunyai nama besar, Tetapi dalam hal bisnis tidak ada kata menyerah dalam kamus besar pebisnis.  disini yang saya ingin tekankan adalah kualitas layanan yang prima,  cara penyajian yang unik,  dan tempat yang nyaman dengan suasana yang hommie dan santai yang sangat cocok sebagai tempat kongko-kongko bareng teman  dan mendukung untuk melepas penat setelah bekerja seharian.
Hal baru yang ada di dalam café ini adalah:
·         semua karyawan diwajibkan memberikan kualitas pelayanan yang prima, misalny: rapi, ramah, dan selalu memberikan senyuman kepada pelanggan toko. Hal ini wajib karena banyak pepatah bilang “konsumen adalah raja”
·         Cara Penyajian.
Karena dari cara penyajian ini merupakan suatu identitas produk yang kita tawarkan. Cara Penyajian ini harus yang unik dan sederhana.
·         Tempat yang nyaman.
Tempat yang nyaman dan suasana yang hommie ini merupakan salah satu  faktor pendukung untuk lebih memperjelas identitas usaha.

Target dan segmentasi yang ingin dibidik dalam usaha ini adalah mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dan dewasa. Karena setelah saya lakukan analisa segmentasi untuk mengetahui seberapa besar potensinya bisnis tersebut hasilnya cukup besar karena kebutuhan manusia terutama dalam hal makanan cukup besar dan tergantung niat konsumen untuk menentukan pilihan dan selera. 

Selain itu harga yang ditawarkan harus lebih murah dari para pesaing dan tentunya harus tetap menjaga kualitas sehingga walaupun pendatang baru tetap dilirik konsumen. Karena kecenderungan konsumen indonesia (warga negara indonesia) lebih tertarik untuk menggunakan

produk yang lebih murah tetapi kualitas yang sama atau lebih baik. oleh karena itu mutu (kualitas) tidak bisa dikorbankan hanya karena alasan mengejar harga murah. Mutu harus tetap menjadi prioritas utama agar konsumen tetap tertarik dengan produk/jasa yang kita tawarkan.

Langkah pelaksanaannya cukup sederhana:
1.      Modal
untuk menjalankan bisnis ini diperlukan modal yang tidak sedikit.
2.      Tempat
tempat untuk menjalankan bisnis ini harus strategis dan sebisa mungkin dekat dengan jalan raya dan perkantoran. karena segmentasi yang paling besar ada disitu
3.      Sumber daya yang memadai
4.      Berani akan resiko
Hal ini merupakan hal yang penting. karena pengusaha yang sukses tidak takut akan resiko dan selalu beranggapan bahwa resiko adalah sukses yang tertunda.


Ada pepatah mengatakan “JADILAH BOS UNTUK DIRI ANDA SENDIRI,  DAN BUKA LAPANGAN PEKERJAAN BUAT ORANG LAIN.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar