Kamis, Juni 2

Kelola Keuangan Bisnis

Pada dasarnya, setiap usaha memerlukan modal, modal usaha dapat berupa modal dana dan modal nondana berupa keahlian dan keterampilan. Tiga jenis modal yang diperlukan dalam menjalankan usaha adalah modal investasi awal, modal kerja, dan modal operasional.



·         Modal investasi awal adalah modal yang diperlukan di awal usaha. Biasanya dipakai untuk jangka panjang.
·         Modal kerja adalah modal yang harus kita keluarkan untuk membeli atau membuat barang dan jasa yang kita hasilkan.
·         Modal operasional adalah modal yang harus kita keluarkan untuk membayar biaya operasi bulanan dari usaha kita.
Untuk mengawali suatu usaha, pada dasarnya sumber permodalan diperoleh :
·         Modal sendiri adalah kebutuhan modal dibiayai sendiri.
·         Kredit usaha merupakan kredit yang ditujukan untuk membiayai usaha yang produktif.
·         Kredit konsumsi adalah kredit yang digunakan untuk membeli sesuatu yang sifatnya konsumtif.
·         Kredit serbaguna adalah kredit yang bisa digunakan untuk tujuan apapun.
Jangan pernah mencampurkan antara uang perusahaan dan uang pribadi, pastikan sistem pencatatan yang rapi dan teratur sesuai dengan kaidah akuntansi, walaupun akuntansi sederhana, manajemen kas untuk mengoptimalkan aset dan memanfaatkan setiap nilai uang untuk menambah keuangan, evaluasi terkait realisasi produksi dan penerimaan, biaya, serta persediaan, jumlah piutang dan utang, dan kondisi kas.
Laporan keuangan yang umumnya dibuat adalah neraca dan laporan laba rugi.  Neraca adalah laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan sementara dari sebuah usaha. Aset lancar adalah aset yang mudah diuangkan dalam waktu cepat, seperti uang kas, piutang, dan persediaan. Sedangkan aset tetap adalah aset yang diperoleh untuk pemakaian jangka panjang.
Kewajiban terdiri atas kewajiban jangka pendek, yaitu utang-utang yang harus dibayar dalam jangka pendek atau satu tahun, sedangkan kaewajiban jangka panjang adalah kewajiban yang jatuh tempo lebih dari satu tahun.
Laporan laba rugi menggambarkan keadaan usaha dalam waktu tertentu, dengan membandingkan antara pengeluaran dan pendapatan yang sekaligus dapat menunjukkan laba bersih perusahaan, baik berupa keuntungan maupun kerugian.

Sumber :
Suryahadi,2008. Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta: Salemba Empat

http://www.ayopreneur.com/manajemen/cara-sederhana-mengelola-keuangan-bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar