Jumat, Juni 10

KENALI PELUANG, PILIH USAHA



Metode analisa peluang usaha tersebut mengedepankan analisa tentang pasar sebagai tolok ukur peluang usaha.
Artinya semakin kuat pasar yang dimiliki seseorang maka semakin besar juga peluang usaha yang dimiliki. Oleh karena itu banyak pengusaha asing yang berusaha masuk ke pasar indonesia karena melihat pasar indonesia yang begitu konsumtif sehingga wajar jika indonesia menjadi sasaran empuk pasar asing.
Salah satu bentuk usaha yang berpengertian peluang usaha menurut para ahli tinggi adalah usaha kecil menengah. Usaha jenis ini merupakan jenis usaha yang paling cocok bagi anda yang menginginkan memulai usaha tanpa resiko berat dan pasar yang bagus. Saat ini tak sedikit usaha kecil menengah yang berhasil menembus pasar nasional maupun internasioal. Hal tersebut sebenarnya tergantung pada bagaimana cara menjalankan usaha kecil menengah tersebut. Jika dijalankan dengan baik maka usah kecil menengah pun bisa berkembang besar dan membantu masyarakat dam hal perekonomian yang lebih baik.
Untuk mewujudkan semua itu kerja sama usaha kecil dapat dilakukan. Hal tersebut untuk mengatasi kekurangan modal yang kemungkinan terjadi akibat potensi kita yang kurang. Kerja sama menjadikan kekurangan kita tertutupi dan kekurangan mitra usaha kita juga terlengkapi. Kerja sama juga sesuai dengan asas perekonomian kita yang lebih kekeluargaan dan bersifat saling mensejahterakan dan bukan sebuah ekonomi yang saling menjatuhkan dalam sebuah persaingan usaha.
Ada  istilah tangan-tanganan dan ada juga istilah cocok-cocokan, kedua istilah tersebut memberikan nasehat kepada kita bahwa sesungguhnya sukses atau tidaknya sebuah usaha sebagian besar dipengaruhi oleh pelaku usaha itu sendiri. Dalam hal ini ada jenis usaha yang cocok untuk kita dan ada juga usaha yang tidak cocok buat kita jalankan.
Jika demikian lalu kriteria apa yang dapat digunakan untuk menentukan jenis usaha yang cocok untuk kita kerjakan? Pertanyaan ini akan menghantarkan kita pada bagaimana mengukur sebuah usaha yang bisa kita jalankan dengan sukses.
Tips dan Cara  Memilih Bisnis Atau Usaha yang Cocok Untuk Kita:
Ø  Yang paling utama dan penting dalam memilih jenis usaha adalah yang sesuai dengan hoby atau keahlian kita, misalnya kalau kita punya hoby dengan masak atau makan maka gak ada salahnya anda mencoba untuk membuka usaha kuliner atau seperti warung nasi atau restoran, kalau kita punya hoby memelihara binatang maka kita bisa coba untuk bisnis peternakan. kalau kita punya hoby shopping online atau browsing internet maka kita bisa belajar di bidang bisnis online, karena dalam dunia online tidak sedikit orang yang mempunyai penghasilan besar dan menjadi sumber mata pencaharianya. dan masih banyak lagi , intinya adalah kita coba memilih jenis bisnis dengan apa yang kita suka sesuai hoby kita masing masing karena kita akan merasa mampu untuk mengelola karena semua itu biasa anda kerjakan sebelum terjun kedunia bisnis dengan memilih jenis bisnis dari apa yang kita bisa dan sukai.
Ø  Kita perhitungkan pilihan bisnis dengan uang atau modal yang kita punya
karena banyak dari jenis bisnis usaha yang memerlukan modal yang besar. usahakan kita memiliki modal 3x lipat yaitu dengan perhitungan 1 untuk bahan baku atau cadangan untuk peralatan yang mungkin perlu di ganti secara rutin. 1 untuk gaji karyawan apabila kita memilikinya. dan 1 lagi untuk stock produk atau barang kita. karena terkadang konsumen atau pasar akan terjadi macet atau tidak membayar tepat waktu mungkin juga anda terkena resiko penipuan oleh klien atau konsumen kita.
Ø  Kita mengetahui target konsumen atau pasar.
karena itu akan menjadi pokok dalam bisnis kita. kemana barang atau jasa kita di salurkan atau di jual.melihat persaingan pasar dengan bisnis yang sama yang akan kita jalani.
karena kalau kita terlalu banyak saingan apalagi dengan modal kita dan pas pasan mungkin bisnis kita akan kalah persaingan apalagi saingan kita adalah mereka yang sudah berdiri terdahulu dan sudah besar.
Ø  Mengontrol keluar masuk barang atau penghasilan dan penerimaan secara tertulis dan terjadwal.
karena dengan cara ini memanage perusahaan atau bisnis kita agar tidak terjadi kejanggalan atau resiko kehilangan dll.dan yang ini sangatlah penting dalam kehidupan kita dan bisnis kita. selalu minta restu atau doa dari orang tua kita. dan tentunya kita harus berdoa kepada tuhan yang maha esa supaya kita di beri kelancaran dan keberhasilan dalam menjalankan busnis kita juga kita jangan lupa untuk bersyukur atas nikmat yang telah tuhan berikan kepada kita.
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar