Minggu, Juni 5

KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA

Dalam berwirausaha, selain harus pintar berinovasi Anda juga harus pintar dalam kreativitas. Agar apa yang Anda inovasikan mendapat hasil yang sempurna. Dalam berinovasi Anda dapat mengembangkan ide-ide baru yang sangat menarik jika di gabungkan dengan kreativitas Anda, dan juga inovasi itu tidak mesti sesuatu hal yang baru, melainkan bisa pula inovasi yang lama dikombinasikan dengan kreativiatas untuk mendapatkan sesuatu inovasi yang baru.

  Kreativitas
Kreativitas ialah proses sebuah mental yang melibatkan penampilan ide atau konsep (konsep) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.
Dari sudut pandang ilmu pengetahuan, hasil dari pemikiran kreatif (pemikiran kreatif) (kadang-kadang disebut pemikiran bercabang) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kesesuaian. Sebagai konsepsi, alternatif dari kreativitas merupakan tindakan membuat sesuatu yang baru. Kreativitas saat ini dipengaruhi oleh berbagai faktor: faktor keturunan dan lingkungan.
Contohnya barang bekaspun bisa menjadi sesuatu yang baru jika digabungkan dengan kreativitas. Misalnya :
1.      Mengolah berbagai kerajinan dari sampah yang bisa menjadi komuditas tinggi sperti cardus bekas menjadi kreasi kotak pensil, kotak tisu, kotak pesan.
2.      Seperti CD bekas yang bisa kita manfaatkan sebagai penghias rumah, hiasan pintu kamar dll.
3.      Contoh lainnya yang bisa kita manfaatkan adalah kulit jagung, banyak orang yang tidak tahu atau tidak bisa bahwa kulit jagung yang tidak di manfaatkan bisa kita jadikan kerajinan yang beraneka ragam, seperti bunga, tas, dan berbagai hiasan rumah yang pastinya sangat ekonomis dibandingkan bila kita harus membeli hiasan rumah di toko atau pasar.
4.      Kita juga dapat memanfaatkan plastik bekas untuk dibuat berbagai karya seperti, baju dari plastik daur ulang, hiasan dinding, tas dari plastik dll.

  Inovasi
Inovasi dapat didefinisikan sebagai proses dan / atau hasil dari pengembangan penggunaan / mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologi) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan / atau jasa), proses, dan / atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (terutama ekonomi dan sosial).
Contohnya  tentang inovasi, misalnya:
1.      Inovasi merupakan ciptaan baru (dalam bentuk manifestasi atau tidak berwujud) yang memiliki nilai ekonomi yang signifikan (signifikan), yang umumnya dilakukan oleh perusahaan atau kadang-kadang oleh seorang individu.
2.      Inovasi merupakan aplikasi komersial pertama produk baru atau proses.
3.      Inovasi merupakan sebuah proses yang kreatif dan interaktif yang melibatkan pasar kelembagaan dan non-pasar.
4.      Inovasi merupakan perubahan pengetahuan untuk produk, proses dan jasa baru; tindakan menggunakan sesuatu yang baru.
5.      Inovasi merupakan eksploitasi sukses ide-ide baru (eksploitasi sukses ide-ide baru), atau dengan kata lain adalah penggunaan / mobilisasi pengetahuan, keterampilan, teknologi dan pengalaman untuk menciptakan produk, proses dan jasa.
6.      Inovasi merupakan penelitian, pengembangan, dan / atau rekayasa yang bertujuan untuk mengembangkan nilai praktis dan konteks penerapan pengetahuan baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses produk atau produksi.

Dua hal ini harus dipikirkan untuk menjalankan berwirausaha Anda, karena dengan dua hal ini Anda bisa tetap terus berinovasi walaupun inovasi yang Anda pakai itu inovasi yang lama yang Anda gabungkan dengan kreativitas yang Anda punya.
Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan,   semoga bermanfaat bagi yang membaca.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.