Rabu, Juni 15

KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM BERWIRAUSAHA

CARA TERMUDAH TEMUKAN IDE BERBISNIS
Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Hal yang paling mendasar yang perlu dilakukan adalah membaca kondisi lingkungan dimana bisnis tersebut akan dijalankan.
Pada prinsipnya sebuah bisnis muncul sebagai solusi atas masalah yang terjadi. Misalnya, bisnis kuliner menjamur di lingkungan pemukiman mahasiswa karena sebagian besar mahasiswa tidak sempat lagi memasak dan menyiapkan makanan mereka sendiri.
Dengan demikian, semakin jeli kita bisa membaca situasi akan semakin mudah kita mengidentifikasi permasalahan yang terjadi. Pada gilirannya, mencetuskan ide bisnis kreatif dan inovatif pun akan terasa enteng.
Nah, kira-kira apa saja permasalahan yang terjadi di sekitar tempat tinggal Anda? Apa saja ide Anda untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut?
Jika kedua pertanyaan di atas terjawab dengan baik, maka yakinlah, ide Anda itu adalah cikal bakal sebuah bisnis!
Milan Kundera, novelis Republik Ceko paling terkenal mencatat bahwa sebuah bisnis hanya memiliki 2 fungsi yaitu inovasi dan marketing.
Inovasi adalah setiap ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invensi maupun diskoveri. Inovasi terkadang dipersepsikan sama artinya dengan kreatif.
Dalam dunia bisnis, inovasi dapat dipahami sebagai penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya, bertujuan untuk memprakarsai atau memperbaiki suatu produk, proses  atau jasa.
untuk bisa menemukan ide bisnis atau usaha yang terbilang inovatif, setidaknya anda bisa mencari 5 sumber inspirasi yang bisa menjadi acuan.
Di bawah ini ada 5 sumber inspirasi yang perlu anda ketahui untuk berwirausaha uamg kreativitas dan inovasi :
1: lakukan riset produk dan bisnis
2: belajar dari sukses bisnis lain
3: inspirasi dari masalah personal
4: belajar dari masalah orang lain

5: amati trend yang sedang berkembang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar