Senin, Juni 6

Memilih peluang usaha yang tepat



Mengenali Hingga Memilih Peluang Usaha yang Tepat
Pada artikel kali ini kita akan belajar memilih usaha sebaiknya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan kita, yaitu usaha yang kita sukai atau kita mempunyai kompetensi dalam bidang usaha yang akan kita geluti. Hal tersebut dapat membuat kita terhindar atau paling tidak menekan sekecil mungkin adanya  kerugian yang dapat menghabiskan modal yang dimiliki. Rencana usaha tidak harus muluk-muluk, cukup sederhana saja, tetapi prospeknya bagus. Caranya adalah dengan mengevaluasi lingkungan yang ada di sekeliling kita.

1.    Melihat kekuatan yang dimiliki seperti lokasi, sumber-sumber bahan baku yang mudah didapat, mudah dijangkau oleh konsumen atau pelanggan, dan kekuatan lainnya yang dapat dimanfaatkan. Contoh: lokasi di dekat kampus atau mall dapat dikembangkan menjadi kos-kosan, warnet, rental computer, dan masih banyak lagi.
2.    Melihat kelemahan yang dimiliki agar kita tidak memaksakan diri melakukan usaha yang sebenarnya tidak dapat dilakukan karena kita memiliki kekurangan tertentu.
3.    Melihat peluang yang dapat dimanfaatkan dan memberikan keuntungan. Contoh: membuka usaha fotokopi dilingkungan dekat kampus.
4.    Melihat  ancaman terhadap usaha-usaha yang berisiko tinggi, memiliki siklus hidup yang pendek, dan tidak terukur. Terlebih lagi jika pesaing-pesaing kita memiliki kemampuan yang lebih baik dari kita. Contoh: investasi saham, di mana kita tidak memiliki cukup ilmu tentangnya atau bermain dipasar yang pelakunya sudah sangat banyak.

Banyak cara untuk melihat peluang yang terjadi disekitar kita mengenali kebutuhan pasar

1.    Mengembangkan produk yang telah ada dipasaran
2.    Memadukan bisnis-bisnis yang ada
3.    Mengenali kecenderungan (tren) yang terjadi

Dalam memilih peluang usaha yang tepat juga menurut saya harus mengikut trend yang ada. Jika mengikut trend yang ada barang atau hal yang akan kita jual juga dapat menarik pasar hal layak.

Sekian blog saya kali ini yang membahas tentang memilih peluang usaha yang tepat. Semoga bermanfaat bagi kita semua dalam uapaya menjadi pengusaha muda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.