Jumat, Juni 24

Mengatasi Kebuntuan Kreativitas

Oleh Syifa Chairannisa

Kreativitas tanpa batas. Itulah yang sering dikatakan oleh para kreator. Memang kreativitas tanpa batas, tapi terkadang kreativitas dapat menemukan jalan buntu juga.
Sering kali kita ingin membuat sesuatu, tapi tidak ada inspirasi dan kreativitas sedang buntu. Rasanya bingung, dan pasti terasa mengganjal. Saya sendiri pernah merasakan buntunya kreativitas ketika menulis artikel dan cerita, istilah yang digunakan diantara para penulis adalah writer’s block, buntu ide ketika sedang menulis. Maka itu kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menghadapi dan menumbuhkan kreativitas yang buntu. Cek di bawah ini!

Ø  Don’t afraid to be called ‘weird’
Serius, ini adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Jangan takut orang-orang akan mengatakan Anda aneh, nyeleneh, tidak jelas jika Anda sedang berusaha mengumpulkan ide kembali. Ide tidak harus jelas karena dari ke-tidak jelasan dan ke-isengan tersebut lah ide dapat kita kembangkan menjadi sesuatu yang jelas.
Ø  Lihat dari Sudut Pandang Lain
Biasanya, kebuntuan kreativitas muncul karena kita terlalu terpaku pada satu sudut pandang. Padahal, masih banyak sudut pandang yang bisa kita gunakan untuk membangun kreativitas.
Ø  Pergi ke Beberapa Tempat Wisata, Alam, atau Tempat yang Belum Pernah Dikunjungi
Yap. Alternatif lain selain dua cara di atas adalah pergi ke tempat yang menurut Anda dapat menumbuhkan kreativitas. Selain menumbuhkan kreativitas lagi, bepergian dapat melepaskan stres yang menumpuk. Bepergian juga dapat meningkatkan kebahagiaan dan sosialisasi antara Anda dan penduduk sekitar. Ingat, jangan terlalu boros ketika bepergian, ya!
Ø  Tukar Ide dengan Teman
Bertukar pikiran dengan teman atau orang yang paling dekat dengan Anda juga dapat meningkatkan kreativitas. Dengan bertukar pikiran, Anda dapat mengetahui apakah ide Anda bagus dan dapat dijalankan melalui sudut pandang teman Anda.

Bagaimana teman-teman? Apabila masih terkena buntu kreativitas, ayo lakukan hal-hal di atas! Dengan artikel ini, saya berharap teman-teman tidak lagi mengalami kebuntuan kreativitas. Terima kasih ~ ^ ^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar