Jumat, Juni 24

Tips Memanfaatkan Peluang

Oleh Syifa Chairannisa

Pernahkah Anda merasa ingin membuka usaha tapi tidak tahu harus memanfaatkan peluang yang mana agar usaha Anda berhasil?
Seperti, ketika sedang booming makanan HoTang (Hot Dog Kentang), Anda menilai bahwa usaha itu dapat sukses akan tetapi melihat maraknya penjual membuat Anda minder dan pesimis dagangan Anda akan laku. Berikut ada beberapa tips untuk memanfaatkan peluang agar usaha Anda sukses ~

v  Mengenali Kebutuhan Pasar
Biasanya, usaha berkembang karena ada permintaan dari khalayak masyarakat. Banyak usaha-usaha kecil muncul untuk menyediakan kebutuhan yang belum terpenuhi oleh pasar biasa. Untuk itu, Anda bisa saja menciptakan inovasi baru untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berbeda.
v  Mengembangkan Produk yang Telah Ada di Pasaran
Tidak hanya mengenali kebutuhan pasar, Anda juga bisa mengembangkan produk-produk lama yang ada di pasaran. Seperti, jasa penitipan anak yang menyediakan tenaga didik untuk setiap usia anak, dan lain sebagainya.
v  Memadukan Bisnis-Bisnis yang Ada
Usaha ini menggabungkan setiap bisnis yang ada. Seperti usaha kos yang dipadukan dengan usaha penyaluran tenaga kerja dan katering.
v  ‘Melek’ Melihat Tren yang Booming
Jangan hanya terpaku pada usaha Anda yang menurut Anda bagus, tapi ternyata usaha Anda malah ketinggalan jaman. Banyak tren baru yang dapat Anda jadikan ladang usaha, lho!
v  Menekuni Bidang yang Awalnya Terlihat Sepele
Mungkin awalnya Anda akan berpikir kalau sesuatu yang sepele tidak bisa menjadi usaha yang sukses. Padahal, dari yang sepele itu bisa saja menjadi usaha sukses. Seperti kegemaran Anda menulis cerita pendek atau cerita bersambung, Anda mungkin melihatnya sebagai hobi dan keisengan belaka, namun siapa tahu jika diteruskan dan ditekuni akan menjadi sebuah buku yang dilirik oleh penerbit?
v  Menggunakan Pemikiran Baru yang Berbeda

Contohnya saja restoran Amerika yang ada di banyak mall, mereka menyediakan tempat bermain untuk anak-anak karena mereka tahu kalau tidak cuma orang tua yang datang, tapi juga anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.