Jumat, Juni 3

Mengenali Peluang Dan Jenis Usaha

       
Mari kita pelajari hal apa saja yang harus di perhatikan dalam menentukan jenis usaha. Inilah Cara Memilih / Menentukan Jenis Usaha Secara Tepat yaitu dengan:
1.      Memperhatikan Lokasi
     Jika kita sudah memiliki lokasi yang akan kita jadikan tempat usaha, perhatikan jenis usaha apa saja yang telah didirikan orang lain. Dengan memperhatikan jenis usaha yang telah didirikan orang lain, tentunya kita bisa dengan mudah mengetahui jenis usaha apa saja yang telah di dirikan, sehingga kita bisa mendirikan usaha yang berbeda dengan usaha yang telah didirikan oleh orang lain. Tujuannya adalah agar usaha yang akan kita dirikan menempati posisi jenis usaha baru di sekitar lokasi tersebut.
     Apabila belum memiliki tempat usaha, tentu kita harus mencari lokasi untuk mendirikan usaha. Dalam mencari lokasi usaha, tentunya kita juga harus memperhatikan lokasi yang akan menjadi tempat usaha. Sebaiknya kita mencari lokasi usaha yang belum ada jenis usaha yang akan di dirikan.
2.      Membuat Daftar Bidang Usaha
     Tidak ada salahnya jika kita membuat beberapa daftar bidang usaha yang akan kita pilih. Dengan membuat daftar bidang usaha, tentunya kita dapat mengetahui jenis usaha apa saja yang belum banyak didirikan orang lain. Setelah menemukan beberapa daftar bidang usaha, tentukan bidang usaha apa yang paling sesuai dengan lokasi dan kemampuan kita.
3.      Mempelajari Bidang Usaha Yang Telah Dipilih
     Setelah memilih bidang usaha apa yang akan kita ambil, sebaiknya pelajari lagi bidang usaha yang telah dipilih tersebut sampai kita benar-benar memahaminya. Jika kita berhasil memahaminya, tentunya usaha yang kita pilih bisa dengan mudah kita dirikan. Namun, jika kita kesulitan memahami bidang usaha yang akan kita pilih, sebaiknya kita kembali pada poin kedua, yaitu membuat daftar bidang usaha.
4.      Menentukan gaya hidup yang Anda inginkan
     Setiap pribadi memiliki gaya hidup yang berbeda-beda, maka bisnis yang diinginkan setiap orang akan berbeda-beda. Untuk memulai bisnis, sebaiknya tentukan gaya hidup Anda dahulu agar Anda dapat memilih bisnis yang sesuai dengan gaya hidup sehingga Anda nyaman dan senang dalam menjalani bisnis.
5.      Tes cermin dengan pertanyaan, Apakah yang Anda harus kerjakan sekarang, dan berapa lama jangka waktu yang Anda tentukan
     Anda harus menentukan hal apa yang harus dikerjakan saat ini dan berapa lama batas waktu penyelesaiannya agar hal tersebut tidak tertunda dalam waktu yang lama. Sebab jika waktu terbuang sia-sia, banyak hal bermanfaat yang akan terbuang sia-sia juga.
6.      Tuliskan alternatif jenis bisnis yang bisa menghasilkan sesuai dengan gaya hidup yang Anda inginkan
     Buatlah daftar tentang jenis bisnis yang ingin dijalankan. Selain menentukan bisnis yang akan diutamakan, sebaiknya pilih bisnis lain sebagai alternatif jika pada saat pelaksanaannya bisnis  yang diutamakan tersebut tidak berjalan dengan baik dan tidak mendatangkan penghasilan.
7.      Memilih beberapa antara 2 sampai 3 yang Anda suka
     Dari semua jenis bisnis yang telah ditentukan, pilih beberapa setidaknya 2 atau 3 jenis yang paling disukai dan dapat diprediksikan akan berhasil.
8.      Menentukan mana yang paling mudah dan cepat
     Kemudian dari 2 atau 3 jenis bisnis yang telah ditentukan tersebut, pilih yang paling mudah dan cepat untuk dijalankan terlebih dahulu. Hal ini ditujukan agar hasil dari pelaksanaan bisnis tersebut cepat terlihat.
9.      Melakukan kerjasama dengan orang yang sudah berhasil di bidang yang Anda pilih
     Ada baiknya Anda melakukan kerjasama dengan orang yang telah berhasil menjalankan bisnis sesuai dengan bidang yang Anda pilih agar dapat membimbing Anda menuju jalan yang tepat sehingga bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar dan mendatangkan keuntungan yang besar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.