Selasa, Juni 7

MENGENALI PELUANG DAN MEMILIH JENIS USAHA



MENGENALI PELUANG DAN MEMILIH JENIS USAHA
Salah satu cara untuk menganalisis peluang yang usaha adalah dengan cara analisis SWOT. Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat factor itulah yang membentuk akronim SWOT.
Kita tidak harus membuat usaha yang terlalu muluk-muluk. Cukup sederhana saja, tetapi prospeknya bagus. Caranyaadalah dengan mengevaluasi lingkungan yang ada di sekeliling kita. Salah satu alat untuk mengukur semua hal yang mungkin dan tidak mungkin dilakukan oleh usahawan sebagai penilaian awal dan pemberian informasi penting, yaitu menggunakan SWOT.
A.     KEKUATAN
Melihat kekuatan yang dimiliki seperti lokasi, sumber bahan baku yang mudah di dapat, mudah dijangkau dan kekuatan lainnyayangdapat dimanfaatkan. Contoh: lokasi di deket kampus atau mal dapat dikembangkan menjadi kos-kosan, warnet, dan masih banyak lagi.
B.     KELEMAHAN
Melihat kelemahan yang dimiliki kita tidak bisa memaksakan diri melakukan suatu usaha yang sebenarnya tidak dapat dilaukan karena kita memiliki kekurangan tertentu dalam diri kita. Contoh: sebaiknya jangan membuka usaha rental mkomputer,tetapi tidak mengetahui sama sekali keterampilan dalam mengoperasikan computer.
C.     PELUANG
Melihat peluang yang dapat dimanfaatkan dan memberikan suatu keuntungan. Contoh: membuka usaha fotokopi di lingkungan dekat kampus, membuka usaha kantin di lingkungan kantor atau sekolah, dan lain lain.
D.     ANCAMAN
Melihat ancaman terhadap usaha-usaha yang berisiko tinggi, memiliki siklus hidup yang pendek, dan tidak terukur. Terlebih lagi jika pesaing-pesaing kita memiliki kemampuan yang lebih baik dari kita. Contoh: investasi saham, dimana kita tidak memiliki cukup ilmu tengtanya yang pelakunya sudah sangat banyak.

Banyaknya cara untuk melihat peluang yang terjadi disekitar kita. Selama masih ada kebutuhan dan keinginan, selama itu pula masih terdapat peluang yang dapat kita manfaatkan, misalnya :
·         Mengenali kebutuhan pasar
·         Memadukan bisnis yang ada
·         Mengenali tren yang terjadi
·         Menggunakan asumsi-asumsi yang baru
Beberapa langkah untuk mengenali dan memilih peluang bisnis yang tepat antara lain :
1.      Tentukan tujuan besar yang hendak dicapai
2.      Buat daftar ide usaha
3.      Nilai kemampuan sendiri
4.      Pilih kriteria
5.      Membandingkan dan dapatkan saran dari pengusaha, konsultan atau mentor
6.      Nilai keadaan bisnis data ini dan masa mendatang melalui riset
7.      Tetapkan pilihan
Cara memulai bisnis :
·         Memulai bisnis baru
·         Membeli bisnis yang sudah ada
·         Mengembangkan bisnis yang sudah ada
·         Memilih usaha francise
Bagi kita yang jelidan memiliki naluri  bisnis yang tajam, sebenarnya banyak potensi usaha yang dapat dikembangkan secara waralaba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.