Jumat, Juni 24

MERANCANG STRATEGI PEMASARAN



Pemasaran
Pemasaran tidak hanya mengenai penjualan, pemasangan iklan, atau memajang produk di etalase saja, pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang dan jasa yang tepat, pada waktu yang tepat, dan lokasi yang tepat
Pengenalan pasar
Pengenalan pasar adalah upaya untuk mengetahui jumlah, karakteristik, dan sifat sebuah pasar. Hasil pengenalan pasar dapat saja sangat sederhana, mungkin berupa permintaan barang atau jasa dengan syarat-syarat khusus oleh kelompok orang tertentu.
  1. Mengelompokan pasar
Hal terpenting dalam memasarkan barang atau jasa adalah mengetahui siapa pembeli dan apa yang mereka butuhkan, bukan membuat barang atau jasa terlebih dahulu dan mengganggu pembeli yang datang
  1. Masa peredaran barang atau jasa
Suatu barang atau jasa yang ditawarkan pada konsumen memiliki siklus hidupnya masing-masing, apakah barang atau jasa yang dijual masih disukai oleh pembeli atau justru jadi perubahan selera
  1. Analisis SWOT
Analisis kekuatan-kelemahan-peluang-ancaman adalah sangat penting untuk mengetahui posisi usaha yang dijalankan saat ini. Analisis ini meruoakan suatu proses dimana kita menganalisis karakteristik usaha dan lingkungan yang dapat mempengaruhi usaha yang akan atau sedang kita jalani.

Menentukan strategi pemasaran
Strategi pemasaran adalah suatu cara yang digunakan untuk membantu kita membuat dan menjual barang dan jasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar target atau selera konsumen yang dituju
  1. Menembus pasar
Strategi ini digunakan untuk meningkatkan penjualan dengan menawarkan barang atau jasa kepada sasaran pembeli yang sama, baik yang pernah menggunaa barang atau jasa kita maupun yang belum.
  1. Mengambangkan pasar
Strategi ini dilakukan apabila sasaran pembeli yang lama sudah jenuh atau sudah habis sehingga perlu mencari sasaran pembeli baru dengan tetep menawarkan barnag atau jasa yang lama
  1. Mengambangkan produk
Strategi ini mencangkup perubahan barang atau jasa yang tetep menggunakan cara produksi yang sama dengan cara produksi lama. Strategi ini dilakukan untuk memperpanjang masa edar atau siklus hidup, bilamana kita mengetahui bahwa saran pembeli mulai bosan dan kita terus mengubah barang atau jasa yang ditawarkan tersebut.
  1. Melakukan diversifikasi
Strategi ini merupakan pengembangan produk baru yang masih berhubungan dengan produk lama untuk ditawarkan kepada pasar yang baru juga.
  1. Menerapkan biaya murah
Strategi ini didasarkan pada biaya input yang rendah sehingga dapat menghasilkan barang atau jasa yang murah juga, namun bukan berarti menawarkannya dengan kualitas yang rendah.
  1. Memfokuskan pada pasar
Strategi ini dilakukan dengan memberikan pelayanan kepada para pembeli khusus, dengan pelayanan terbatas, dan pembeli dapat ditentukan dengan jelas, lebih efektif dan efisien dari pesaing.
  1. Melakukan diferensiasi
Strategi ini berkonsentrasi pada penciptaan barang atau jasa baru yang dipandang sangat berbeda dengan yang lain.

Menentukan alat pemasaran
Alat pemasaran yang dimaksud disini adalah gabungan atau penggunaan kombinasi unsure-unsur seperti produk, harga, promosi dan sebagainya yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan komposisi yang ideal, yang sesuai dengan kondisi sasaran pembeli.
  1. Hal yang diperlukan dalam menghasilkan produk
  1. Paduan produk
  2. Penampilan prouk
  3. Pendukung produk
  1. Hal yang diperlukan dalam menyampaikan barang sampai kepembeli (distribusi)
Penyampaian barang sampai ketangan pembeli disebut sebagai distribusi, pendistribusian perlu di perhatikan karena:

  • Setiap tahap dari rantai distribusi akan mengakibatkan penambahan biaya
  • Sangat menentukan terhadap bentuk kemasan atau jenis alat angkut yang digunakan
  • Mempengaruhi waktu pengiriman yang dibutuhkan untuk  mengirimkembali barang-barang ke agen, peritel, atau pengguna ahir
  1. Hal yang diperlukan dalam memilih lokasi usaha yang tepat.
Memanfaatkan lokasi yang telah ada merupakan alternative yang murah dan mudah dilakukan, meskipun disadari akan kurang memberikan manfaat pada pengembangan usaha selanjutnya.
  1. Hal yang perlu dilakukan dalam menentukan harga yang tepat.
Penentuan harga yang tepat tidak hanya sekedar menentukan nilai jual barang atau jasa saja, melainkan bagaimana harga yang diberikan dapat sesuai dengan nilai yang diharapkan dan diterima oleh sasaran pembeli.
  1. Hal yang diperlukan dalam mencari bentuk  promosi yang murah dan memilih iklan yang tepat.
Upaya ini dilakukan agar masyarakat lebih banyak tahu tentang suatu produk yang ditawarkan berkenaan dengan kualitas, harga, dan tempat mendapatkannya.
  1. Hal yang diperlukan dalam penjualan produk.
Semua usaha seperti iklan, promosi yang baik tidak akan ada artinya jika tanpa diakhiri dengan penjualan. Jadi, semua usaha apapun dalam pemasaran harus ada penutupan (closing) yaitu terjadinya penjualan
  1. Pemanfaatan kekuasaan.
Meskipun kita sudah memiliki produk yang sesuai, lokasi yang strategis, harga yag bersaing, distribusi yang efisien, namun pada kenyataannya dibeberapa negara berkembang kondisi ini masih belum menjamin keberhasilan penjualan suatu produk karena masi ada factor lain yang mungkin lebih menentukan yaitu para pemegang kebijakan dan orang-orang menentukan kebijakan.

Menyusun rencana pemasaran
Rencana pemasarn harus disusun secara sistematis namun kualitasnya sangat bergantung pada pembuatannya dan tentu akan lebih baik jika melibatkan pihak-pihak yang terkait langsung dengan proses pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.