Minggu, Juni 12

Merencanakan Strategi Pemasaran

Ada beberapa strategi dari beberapa sumber,yaitu:
·         Ada 6 strategi pemasaran yang perlu di pelajari lebih mendalam oleh pelaku bisnis, ialah:
1. Pelanggan Anda:
Strategi pemasaran mengenal pelanggan baik usia, hobby, kebutuhan konsumen di perlukan agaranda bisa menawarkan produk yang tepat sesuai kebutuhan mereka.
 2. Melakukan Promosi Produk anda :
Langkah ini anda perlu memiliki kemampuan dalam promosi produk, promosi bertujuan supaya konsumen kenal atau mengetahui produk yang anda tawarkan. Promosi membutuhkan sikap yang konsisten, jika tidak konsisten maka apa yang anda twarkan hanya sekedar lewat belaka di hadapan konsumen. Banyak cara untuk promosi baik melalui email,sms,sosial media, blog, iklan garis maupun berbayar dan lain sebagainya.
3. Menentukan dan Memilih Lokasi Yang Strategis:
Membangun sebuah bisnis tidak asal – asalan dalam memilih tempat, karena tempat mempengaruhi kelancaran perputaran bisnis anda.
 4. Menggunakan Sarana Internet:
Jaman sekarang internet sudah sangat akrab sekali dengan kehidupan masyarakat,bahkanbisa di bilang 60% kehidupan sehari – hari mereka di habiskan untuk memantau atau berselancar di dunia maya. Maka anda perlu perhatikan kondisi ini. Belajar bagaimana menggunakan internet yang baik untuk melakukan strategi pemasaran.
 5. Membangun Relasi :
Membangun dan Menjaga Relasi Baik dengan Konsumen mau pun Patner bisnis anda sangat di perlukan. Kenapa banyak bisnis yang redup kerena mereka tidak memperhatikan relasi terhadap bisnis mereka. Karena hidup bukan individualisme.
 6.Fokus:
Fokus inti dari semua tindakan dan keputusan anda, bisnis yang tidak dijalankan dengan fokus lambat laun akan menghilang bahkan berhenti total, banyak sekali teori yang menjelaskan betapa pentingnya fokus dalam melakukan segala hal jika ingin berhasil termasuk dalam bisnis.
·         Berikut 5 unsur dari Strategi Pemasaran


[1]  Penentuan Pasar

Makna dari "pasar" sangatlah luas sehingga pengusaha dalam hal ini bagian manajemen pemasaran harus memutuskan, memilih secara tepat dibagian tertentu, pasar mana yang nantinya akan dilayani, ini harus dilakukan supaya pemasarannya fokus. segmentasi pemasaran ! dalam sebuah strategi pemasaran hal ini adalah awal dari semua upaya, dan sangat perlu mendapatkan perhatian serius. segmentasi pemasaran adalah upaya pengklasifikasian atau pengelompokan pasar untuk memudahkan bagaimana nantinya pasar akan diperlakukan, karena sudah barang tentu modal akan terbatas, sebisa mungkin dana yang ada digunakan seefektif mungkin, akan tak efektif jika melakukan pendekatan ke semua masyarakat secara menyeluruh bersamaan, sumber daya tenaga dan biaya yang sangat besar tentunya, juga kehilangan waktu yang bisa lumayan lama, walaupun sudah ditunjang oleh media online, karena belum tentu semua market yang ada menggunakan layanan online sebagai perilakunya. segmentasi pasar ini adalah awal dari strategi pemasaran supaya produk atau jasa nantinya bener benar di seting sedemikian rupa dengan keinginan pasar.

Pasar yang tersegmen dengan tepat didalam permulaan usaha akan membuat dana pada awal usaha menjadi efektif, ini tentu sangat bermanfaat bagi pengusaha atau manajemen pemasaran yang mempunyai modal yang minimalis, dengan segmentasi yang tak meleset, tertarget sesuai dengan yang dituju, akan sangat menguntungkan para pelaku usaha utamanya untuk perputaran modal dari angka penjualan yang tinggi, semisal ada respon yang cepat dari pasar, dari promosi yang singkat tak berlama lama pun akan menelurkan penjualan yang tinggi, mungkin karena faktor pendekatan promosi iklan yang tepat target sasaran, yang memang memerlukan produk tersebut. 

Kita bisa bayangkan, bagaimana seandainya jika Manajemen Pemasaran mobil BMW meensponsori kegiatan lomba paduan suara antar SD, tentu sedikit -jika tak mau diaktakan tak ada- hasilnya, strategi pemasaran tim marketing akan lebih efektif apabila target pasarnya disesuaikan, katakanlah tim marketing BMW menjadi sponsor dalam event touring car, atau lomba golf. ini akan menjadi jauh lebih baik,

[2] Perencanan Produk

Sebelum membangun sebuah produk yang siap dikeluarkan dipasaran, manajemen pemasaran hendaknya perlu membuat perencanaan produk yang telah disesuaikan dengan target pasarnya, semisal penentuan besaran volume produk, iklan, juga tokoh yang ada dalam iklan. coba diperhatikan, mengapa deterjen banyak berukuran mini volumenya, tidak hanya berukuran besar? atau lihat mengapa shampo Clear menggunakan model pria muda rupawan? mengapa tidak menggunakan artis veteran yang masih tenar? mengapa botol saos menggunakan yang sederhana namun kuat?

Semua pertanyaan diatas tentu sudah melalui Perencanaan, hal hal detail lainnya perlu direncanakan, bahkan jika anda tahu, Mie Sedap yang akan bersaing dengan mie tenar sebelumnya macam Indomie dan Sarimi melakukan riset pasar sekurangnya 2 tahun lamanya sebelum produk tersebut dilepas kepasaran dan menghabiskan biaya yang tak sedikit. dan kita bisa lihat bersama, dalam rentang waktu yang tak terlalu lama, Mie Sedap berhasil merangsek mengganggu dominasi Mie Mie sebelumnya. Terlihat jelas bahwa strategi pemasaran tak selalu tentang produk yang sudah siap dilepas kepasaran, tetapi bisa juga dalam proses perencanaan.
[3] Manajemen Harga

Manajemen harga merupakan suatu upaya strategis, paling strategis didalam memulai persaingan, bisa diawali dengan perhitungan yang sangat matang secara internal perusahaan lalu dibandingkan denga para pesaing. manajemen harga ini dimulai dengan cara yang sederhana, harga saat promosi, harga eceran, harga reseller atau agen dan lain lain. belakangan ini, pengembangan strategi pemasaran dalam manajemen harga bisa begitu luas, karena "pasar" saat ini juga turut andil dalam penentuan harga, menjadi masukan dipasar, utamanya saat pasar merespon secara rendah produk tertentu dengan tingkat kreatifitas harga yang keliru, respon pasar atas rumussan harga dari para pesain.

Bisa kita lihat contoh nyata, Wing Food selalu menarik dalam menentukan harga yang berbasis segmen pasar, contohnya Beli 3 Mie Sedap gratis 1 Mie, Beli 3 bungkus Kopi gratis 1 bungkus. coba perhatikan, ini bisa menguntungkan 2 belah pihak, si pembeli juga penjual, apabila yang dibeli hanya 1 bungkus saja, maka bonus akan menjadi milik penjual, yang dapat dijadikan uang ketika dijual lagi.


[4] Distribusi

Distribusi adalah bagian strategi pemasaran yang karena faktor efisien dan efektivitas bisa membuat energi terkuras. ada tiga pihak yang akan terpuaskan, Produsen, Agen atau reseller dan Konsumen. Distribusi merupakan layanan yang dampaknya dapat dirasakan oleh semua pihak yang ada karena menggunakan jalur rantai merantai.

Kita bisa melihat keunggulan dari produk buku Gramedia, Gramedia merupakan pemasaran yang juga distributor buku, selain produsen buku juga, sekaligus pemilik toko buku diberbagai kota, ini inline serta integratif.

[5] Komunikasi dan Promosi

Lini komunikasi sepatutnya disusun dengan benar karena lini ini akan jadi awal dari pertemuan atau awal dari hubungan berupa informasi-informasi. komunikasi meliputi penerepan pendekatan pmasaran, sistem publlikasi promosi penjaualan, hubngan dengan relasi, penjaualan langsung, pembentukan media yang mendukung. kominikasi yang tepat menyebabkan persepsi yang baik ke dalam pasar. coba tengok iklan keju yang ada ditelevisi, disana digambarkan hanya dengan selembar keju, seorang anak bisa bertambah pintar dan cerdas, sekarang coba anda bayangkan, apakah benar seorang anak akan semakin cerdas hanya dari mengkonsumsi selembar keju? Nah, itulah strategi pemasaran, semuanya harus kreatif dan komunikatif

Referensi:
http://www.lebahmaster.com/tips/tips-marketing/ketahui-6-strategi-pemasaran-yang-efektif

http://nichonotes.blogspot.co.id/2015/02/strategi-pemasaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar