Senin, Juni 6

Motivasi Menjadi Pengusaha Sukses

Motivasi Menjadi Pengusaha
Oleh: Akhmad Hilman - 42315010036
Tidak semua orang memiliki motivasi yang sama untuk menjadi pengusaha. Sebagian orag menginginkan dirinya menjadi bos sendiri, ingin mencari uang dan kekayaan sebanyak banyaknya, atau ada pula yang hanya ingin melakukan kegiatan yang biasa biasa saja, namun sebagian orang lain cukup serius untuk mengikuti jejak orang orang sukses. Walaupun ada juga yang sekeda ikut ikutan, proses termotivasinya pun tidak semua orang sama, ada yang karena factor kebetulan, ajakan teman, memanfaatkan bakat atau pendidikan yang telah di perolehny, dank arena memahami kebutuhan orang lain.
Menjadi wirausaha sukses adalah salah satu alternatif dalam menjemput rezeki. Sayangnya masih sedikit sekali yang berminat menekuninya. Dibanding Singapura atau negara tetangga Asean lainnya, persentase pebisnis di Indonesia masih sedikit. Bekerja atau menjadi karyawan masih menjadi pilihan nomor satu.
Kenapa? Salah satu penyebabnya ialah banyak yang mengatakan bahwa berwirausaha itu tidak mudah dan resiko yang tinggi. “Saya tidak bisa bisnis.” Ini adalah kalimat yang begitu akrab terdengar saat kita sedang berbicara bisnis. Tentu saja selain: “Saya tidak punya modal.”
Mengubah Pola Pikir
Merubah sesuatu yang telah menjadi kebiasaan tidak mudah. Perubahan bukanlah kata yang menakutkan dan membahayakan. Mengubah pola pikir memerlukan keberanian dan kerelaan.
Menurut McGrath dan MacMillan (2000) ada lima karakteristik yang umumnya dimiliki oleh pengusaha :
·         Pengusaha sangat bersemangat dalam melihat atau mencari peluang-peluang baru
·         Pengusaha mengejar peluang dengan disiplin yang ketat
·         Pengusaha hanya mengejar peluang yang sangat baik dan menghindari mengejar peluang laun yang belum jelas
·         Pengusaha berfokus pada pelaksanaan
·         Pengusaha mengikutsertakan energy setiap orang yang berbeda dalam jangkauan mereka
Memanfaatkan Kekuatan Pikiran Bahwa Sadar
Apa saja yang kita dapatkan hari ini, baik disadari maupun tidak, sebenarnya merupakan hasil dari proses kekuatan alam bahwa sadar. Yakinlah apa yang kia dapatkan hari ini sebenarnya sudah pernah kita bayangkan sebelumnya atau pernah terlintas dalam otak, imajinasi, atau bahkan dalam mimpi walau hanya sesaat.
Proses mental bahwa sadar dapat membantu kita melaksanakan kegiatan sehari-hari. Menggunakan kekuatan yang terfokus pada keiginan untuk merasakan suatu kesenangan atau kesengsaraan mampu menimbulkan energy dasyat dalam hidup.
Pikiran manusia dapat dikelompokan menjadi dua yaitu pikiran sadar dan tidak sadar. Pikiran bahwa sadar mampu mengontrol tindakan secara otomatis. Beberapa factor atau kondisi yang mendorong semakin produktifitasnya pikiran bawah sadar yaitu :
·         Sikap ragu-ragu
·         Sikap berani
·         Bermacam-macam pengalaman, memori, dan ketertarikan
·         Persiapan yang sempurna dan sungguh-sungguh
·         Menyerah sementara
·         Istirahat / santai
·         Menulis
·         Berukar pikiran
·         Bebas dari kebingungan atau kekacauan
·         Batas waktu (deadlines)
·         Tensi (tension)
Nah, berikut ini adalah cara meningkatkan motivasi sukses untuk pengusaha.
1.      Menyadari pentingnya motivasi diri
Anda harus tahu apa pentingnya motivasi. Seperti yang sudah saya katakan bahwa motivasi itu sangatlah penting karena akan menentukan kualitas dan kuantitas tindakan anda.
Rahasia motivasi berasal dari ketegasan diri Anda untuk membuat Anda sendiri bergairah. Karena Anda lebih tahu diri Anda. Anda sendiri yang melakukan usaha sehingga anda lebih baik dari hari ke hari.
2.      Menanamkan keinginan kuat untuk menambah pengetahuan dan kemampuan.
Motivasi belajar menjadi modal awal bagi para pengusaha untuk mengembangkan raksasa bisnisnya. Karena itu, belajarlah dari orang-orang sukses di sekitar Anda, belajarlah dari kegagalan yang pernah Anda alami, dan belajarlah dari sumber ilmu yang tersedia di seluruh belahan dunia.
3.      Meningkatkan keberanian
Jika sebagian orang menghindari sebuah resiko, maka lain halnya dengan para pengusaha yang memandang sebuah resiko sebagai peluang baru. Untuk itu sangat perlu meningkatkan keberanian untuk memperdalam motivasi. Dengan meningkatkan keberanian maka motivasi juga akan meningkat.
4.      Visualisasikan apa yang ingin Anda raih.
Kemudian visualisasikan apapun yang Anda ingin raih. Dengan melakukan ini, maka di jamin Anda seakan sudah menerima apa yang Anda inginkan, maka Anda pun akan termotivasi.
Cara cepat memotivasi diri
Seorang pengusaha wajib memiliki motivasi tinggi untuk kesuksesan bisnisnya. Menurut saya ini tidak bisa ditawar, atau anda tidak bisa mempertahankan bisnis anda. Jadi, carilah cara-cara untuk selalu bisa termotivasi setia hari. Bukan hanya sesaat saja.
Bagaimana cara memotivasi diri? caranya adalah dengan menggunakan senjata motivasi instan. Anda bisa lihat di sini 🙂
Selamat memotivasi diri menjadi pengusaha!

Referensi:

3.      http://www.ilawati-apt.com/motivasi-diri-untuk-pengusaha/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.