Senin, Juni 6

Motivasi menjadi Pengusaha Sukses

Motivasi menjadi Pengusaha Sukses

Seringkali keputus asaan dan rasa bimbang terjadi dalam bekerja, dan sering kali rasa bimbang yang membuat kita malas untuk berusaha, malas untuk bangkit. Untuk menjadi pengusaha sukses, butuh beberapa factor pendorong seperti Motivasi. Saat diri anda termotivasi, anda lebih bersemangat dalam mengerjakan sesuatu. Beberapa motivasi untuk mewujudkan kesuksesan:
1.       Mengalahkan mitos
Janganlah percaya akan mitos-mitos yang menjatuhkan anda. Percaya pada diri sendiri adalah kunci kesuksesan. Beberapa riset membuktikan bahwa munculnya kesuksesan adalah dengan mengalahkan mitos itu.
a.       Mitos: wirausaha merupakan bakat dan keturunan
Hard work beats talent when talent doesn’t work hard” – Kevin Durant.
Kerja keras mengalahkan bakat ketika bakat tidak mau bekerja keras. Semua ada pada diri masing-masing, Apa anda ingin bekerja keras?
b.       Mitos: Pengusaha adalah pelaku, bukan pemikir
Banyak yang beranggapan bahwa pengusaha adalah pelaku yang langsung menjalankan usaha di lapangan. Padahal, pengusaha merupakan pelaku sekaligus pemikir.
c.       Mitos: Wirausaha tidak bisa diajarkan atau dibentuk.
Dewasa ini, bagaimanapun, pengenalan kewirausahaan sebagai suatu disiplin ilmu dapat membantu mengusir mitos ini. Seperti semua disiplin ilmu lain, kewirausahaan mempunyai model, proses dan studi kasus yang menjelaskan bahwa karakteristik kewirausahaan sebenarnya dapat diciptakan.
d.       Mitos: Pengusaha adalah selalu sebagai investor
Pendapat yang menyatakan bahwa pengusaha adalah mereka yang bertidak sebagai investor atau orang yang menyetorkan modalnya tidak salah, namun akan menjadi salah apabila hal tersebut dianggap sebagai satu-satunya.
e.       Mitos: Pengusaha membutuhkan Keberuntungan
Keberuntungan hanyalah saat anda tidak bekerja keras, jika anda bekerja keras, tentu anda tidak membutuhkan keberuntungan, anda akan memperolehnya sendiri seiring jerih payah yang anda lakukan.
f.        Mitos: Pengusaha harus selalu sukses dan tidak boleh gagal
Kegagalan adalah bagian dari usaha, Yang harus dilakukan adalah bangkit kembali setelah jatuh, menjadikan kegagalan sebagai motivasi untuk menjadi pengusaha sukses.
g.       Mitos: Pengusaha adalah sama seperti penjudi
Pengusaha tidak dapat dikatakan sama dengan penjudi. Semua hal berkenaan dengan usaha pasti tidak terlepas dari sebuah risiko, dari risiko kecil sampai besar. Seorang penjudi terkadang tidak dapat menghitung risikonya dan mendapatkan keuntungan atau kesuksesan dari menghitung risiko.


Yang paling penting dalam perjalanan menjadi pengusaha sukses adalah tidak boleh kehilangan motivasi, tidak boleh lelah saat kegagalan, mengubah pola pikir negatif menjadi positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar