Kamis, Juni 9

Peluang Usaha dan Memilih Jenis Usaha



Bisnis tentu tidak akan lepas dengan istilah peluang usaha dan kewirausahaan. Sebagai langkah awal dalam mempelajari dunia bisnis, ada baiknya jika kita juga mengetahui pengertian peluang usaha agar kita sedikit lebih tahu tentang masalah ini.
Pengertian Peluang Usaha Dalam Kewirausahaan Menurut Para Ahli
Peluang usaha terdiri dari dua kata yaitu " peluang " dan " usaha ". Peluang yang dalam bahasa Inggris di sebut dengan opportunity memiliki arti sesuai dengan KBBI adalah kesempatan. Secara sederhana peluang di artikan sebagai kesempatan muncul atau terjadi pada satu peristiwa. Sementara itu, usaha memiliki pengertian berbagai daya untuk mendapatkan apa yang di inginkan. Sehingga secara terminologis pengertian peluang usaha adalah kesempatan yang dapat dimanfaatkan seseorang untuk mendapatkan apa yang di inginkannya ( keuntungan - kekayaan - uang ) dengan memanfaatkan berbagai faktor baik faktor eksternal maupun internal.
Dalam menilai sebuah peluang usaha, apakah cocok dengan keadaan kita atau tidak, tentu kita harus memperhatikan berbagai faktor yang saya bagi menjadi dua jenis yaitu :
Faktor Internal :
Faktor internal berasal dari diri kita sendiri semisal bakat dan minat. Mungkin bagi orang lain usaha bimbingan belajar komputer menjadi satu peluang bisnis yang sangat prospektif, namun bagi mereka yang bahkan SD tidak lulus sementara umur sudah terlanjur tua. Maka ini akan sangat sulit berkembang. Saya tidak mengatakan bahwa mustahil untuk sukses, namun keberhasilan akan lebih lama bahkan bisa jadi akan menemui kegagalan di tengah jalan. Untuk itulah, ketika kita memilih satu peluang usaha maka terlebih dahulu kita harus melihat faktor internal yang ada dalam diri kita agar apa yang kita inginkan yaitu keuntungan bisnis, dan kekayaan dapat kita raih dengan lebih mudah dan cepat.
Faktor Eksternal :
Faktor eksternal berarti berbagai hal yang berkaitan di luar diri kita. Warnet adalah salah satu peluang usaha yang dulu pernah booming dan menghasilkan banyak uang untuk pemiliknya. Namun, pada beberapa tahun terakhir, usaha ini mulai surut karena munculnya banyak laptop, gadget serta area internet gratis. Bagi sebagian daerah mungkin masih berpotensi, namun bagi daerah yang kebanyakan warganya telah memiliki laptop dan jaring internet sendiri. Maka peluang usaha warnet akan menjadi ide usaha yang kurang tepat terlebih kini telah banyak muncul desa internet yang mengembangkan desanya dengan memaksimalkan fungsi internet serta memberikan akses internet dengan mudah dari dalam rumahnya.

Tips dan Cara  Memilih Bisnis Atau Usaha yang Cocok Untuk Kita
Yang paling utama dan penting dalam memilih jenis usaha adalah yang sesuai dengan hoby atau keahlian kita, misalnya kalau kita punya hoby dengan masak atau makan maka gak ada salahnya anda mencoba untuk membuka usaha kuliner atau seperti warung nasi atau restoran, kalau kita punya hoby memelihara binatang maka kita bisa coba untuk bisnis peternakan.

Kita perhitungkan pilihan bisnis dengan uang atau modal yang kita punya
karena banyak dari jenis bisnis usaha yang memerlukan modal yang besar. usahakan kita memiliki modal 3x lipat yaitu dengan perhitungan 1 untuk bahan baku atau cadangan untuk peralatan yang mungkin perlu di ganti secara rutin.
Kita mengetahui target konsumen atau pasar.
karena itu akan menjadi pokok dalam bisnis kita. kemana barang atau jasa kita di salurkan atau di jual. Melihat persaingan pasar dengan bisnis yang sama yang akan kita jalani. Karena kalau kita terlalu banyak saingan apalagi dengan modal kita dan pas pasan mungkin bisnis kita akan kalah persaingan apalagi saingan kita adalah mereka yang sudah berdiri terdahulu dan sudah besar.
Mengontrol keluar masuk barang atau penghasilan dan penerimaan secara tertulis dan terjadwal.
karena dengan cara ini memanage perusahaan atau bisnis kita agar tidak terjadi kejanggalan atau resiko kehilangan dll. Dan yang ini sangatlah penting dalam kehidupan kita dan bisnis kita. selalu minta restu atau doa dari orang tua kita. dan tentunya kita harus berdoa kepada tuhan yang maha esa supaya kita di beri kelancaran dan keberhasilan dalam menjalankan busnis kita juga kita jangan lupa untuk bersyukur atas nikmat yang telah tuhan berikan kepada kita.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar