Sabtu, Juni 4

“Pengelolaan Keungan Usaha”

“Pengelolaan Keungan Usaha”

Menjadi wirausaha adalah harapan dan cita-cita bagi tiap orang, dengan berwirausaha mampu mendapatkan lebih banyak lagi pengalaman, dan keuntungan yang di dapatkan tanpa harus di atur oleh orang lain namun semua itu pastinya harus diperhitungkan dengan matang baik dari usaha yang akan dijalankan, pemasaran, dan yang pasti pengolahan keuangan yang harus baik..
Nah..! mari sekarang kita bahas bagaiman menjadi pengusaha yang sukses dengan belajar mengolah keungan yang baik dan terartur...!!!
Pada dasarnya, setiap usaha memerlukan modal. Modal usaha dapat berupa modal dana dan modal nondana berupa keahlian dan ketrampilan. Ada istilah cina yang mengatakan bahwa tidak ada untung tanpa modal. Dengan demikian pastilah kita memerlukan modal dana untuk memulai usaha. Hal yang harus kita ketahui adalah berapa modal tersebut, memilih investasi yang benar, dan proses mencatat dana serta cara mengelola keuntungan yang kita peroleh. Berikut adalah bahasan teori mengenai permasalahan tersebut.
1.      Mengetahui kebutuhan modal usaha
Dalam menjalankan usaha pada prinsipnya ada 3 jenis modal utama yang diperlukan, yaitu:
a.       Modal investasi awal
b.      Modal kerja
c.       Modal operasional

2.      Mengetahui sumber permodalan
Untuk memulai suatu usaha, pada dasarnya sumber permodalan dapat diperoleh melalui:
a.       Modal sendiri
b.      Pinjaman bank
c.       Pegadaian

3.      Proses pengelolaan keungan
Setelah merencanakan keungan usaha dan memperoleh modal untuk usaha, maka selanjutnya adalah mengelola keungan selama proses berjalan. Berikut beberapa hal yang perlu dieperhatikan  dalam tata kelola keungan.
a.       Harus dapat memisahkan uang usaha dan uang pribadi
b.      Memastikan sistem pencatatan yang rapi dan teratur sesuai kaidah akutansi
c.       Melakukan mangement kas
d.      Melakukan evaluasi

4.      Pelaporan keungan
Sebagai badan usaha, kita harus mampu membuat laporan keungan yang baik, jelas rapi, dan tertaur. Agar dapat memastikan bahwa tidak ada keungan yang hilang, rugi maupun permasalahan penglolaan keuangan lainnya dalam pembuatan laporan kita juga harus memperhatikan dua hal yaitu.

a. Neraca

b. saldo


DAFTAR PUSTAKA

Suharyadi, dkk. 2007. Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta : Salemba Empat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.