Jumat, Juni 24

PERENCANAAN DAN OPERASIONALISASI USAHA

Kaidah perencanaan usaha
Perencanaan yang baik untuk sebuah usaha baru perlu dirumuskan, dan untuk itu, cobalah untuk berpikir dengan SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Reality, Trackable). Yang dapat diuraikan satu persatu sebagai berikut:
  1. Spesific, mengandung arti bahwa perencanaan yang dibuat tidak akan bermakna ganda, sehingga pencapaian tujuan akan semakin terarah karena dalam perencanaan tersebut lebih focus dan sangat jelas mengenai apa yang diinginkan.
  2. Measurable, perencanaan yang dibuat harus dapat terukur, sehingga kita akan tahu kapan perencanaan tersebut akan tercapai.
  3. Achievable, perencanaan yang telah dibuat tersebut harus dapat dicapai, jangan terlalu jauh memikirkan hal-hal yang besar, kita harus memecahnya menjadi lebuh kecil. Bila tidak, pikiran bawah sadar kita akan menolak karena merasa tidak mungkin mencapai tujuan yang telah direncanakan tsb.
  4. Reality, dimana perencanaan yang baik perlu memenuhi persyaratan factual dan realistis. Artinya apa yang dirumuskan sangat masuk akal dan rasional.
  5. Trackable, setiap perencanaan yang telah dibuat dalam pencapaian tujuan usaha, harus bisa dilacak untuk mengetahui setiap kemajuan.

Penentuan lokasi dan fasilitas pendukung (layout)
Pemilihan lokasi memiliki seni yang tinggi, bahkan ada wirausahawan yang sudah meramalkan bahwa keberadaannya sangat menentukan kesuksesan usaha yang dijalankannya. Namun secara umum jika lokasinya jauh dari konsumen, maka akan menyulitkan konsumen untuk datang dan tersendatnya pasokan bahan baku yang diperlukan. Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam penentuan lokasi:
  1. Dekat dengan pasar atau pelanggan
  2. Dekat dengan sarana transportasi
  3. Pasokan tenaga kerja terjamin ketersediaannya
  4. Listrik, air dan sarana prasarana lainnya
  5. Dekat dengan lembaga keuangan
  6. Dekat dengan kawasan industry pendukung
  7. Dekat dengan pusat pemerintahan
  8. Lokasi dapat dikembangkan
  9. Pertimbangan social budaya masyarakat lingkungannya
  10. Dekat dengan pelabuhan, bandara stasiun dan terminal
  11. Nilai ekonomis masa datang dari lokasi

Pengorganisasian dan pengelolaan sumber daya manusia
Struktur organisasi diperlukan seiring dengan berkembangnya suatu usaha. usaha yang semakin besar membutuuhkan bahan baku, proses produksi dan pemasaran. Semakin banyak orang yang terlibat maka semakin banyak kita membutuhkan orang organisasi
Analisis pekerjaan
Proses ini digunakan untuk mempelajari dan mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungan dengan suatu jabatan tertentu.
Perencanaan sumber daya manusia
Perencanaan sumber daya manusia merupakan suatu kegiatan yang secara sistematis memperkirakan kebutuhan jumlah dan kualitas sumber daya manusia dalam organisasi atau perusahaan. Pemikiran ini tidak terlepas dari pertimbangan rencana reproduksi, rencana investasi, dan rencana strategis lainnya yang akan dijalankan. Perencanaan ini diperlukan dalam mengelola usaha karena:
  1. Untuk memenuhi kebutuhan karyawan baru akibat adanya pendirian cabang atau usaha baru.
  2. Adanya karyawan yang keluar karena pension, pemutusan pekerjaan dalam hal lainnya.
  3. Pertimbangan-pertimbangan seperti relokasi, kerjasama usaha atau aliansi dan penge,bangan usaha lainnya.
Pelatihan dan pengembangan
Pelatihan dan pengembangan diperlukan untuk meningkatkan keahlian karyawan. Pelaksanaan pelatihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan waktu serta anggaran, bisa dilakukan oleh perusahaan sendiri atau melalui berbagai perusahaan luar, outsourcing, atau melalui lembaga pendidikan lainnya.



Pendekatan mutu terhadap proses operasionalisasi wirausaha
Konsep mutu berkembang seiring berkembangnya Manajemen Kualitas Total, yaitu adanya kemauan dari pengusaha untuk melakukan perbaikan yang dilakukan seara terus menerus yang melibatkan semua karyawan di setiap level organisasi, untuk mencapai kualitas yang “Exellent” dalam semua aspek organisasi melalui proses manajemen.

Kepemimpinan wirausaha
Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi dan memberikan semangat kepada oranglain untuk bekerja dalam mencapai suatu tujuan umum dan kemudian memberikan mereka kekuatan dan kebebasan dalam pencapaiannya.

Perizinan dan pendirian badan usaha
Setelah menemukan gagasan dan menjadikannya sebagai peluang usaha. kemudian memilih cara berusaha serta jenis atau badan usaha yang tepat maka diperlukan sebuah dokumen dan izin dari pemerintah dalam bentuk formal badan usaha. perjanjian ini sangat penting dalam hubungannya dengan keterkaitan kerja antar perusahaan, dokumen, kontrak, dan dengan sumber permodalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.