Selasa, Juni 7

Perencanaan dan Operasionalisasi Usaha

Perencanaan dan Operasionalisasi Usaha


Rencana bisnis atau business plan adalah pernyataan formal dan tertulis mengenai tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan cara mencapai tujuan tersebut. Kenyataannya banyak orang gagal membuat sebuah rencana bisnis atau business plan disaat akan melakukan bisnis (www.finansialku.com)
Teman teman sekalian pasti setuju banget kan, kalau sebelum memulai bisnis penting sekali buat kita unutk mnegatur segala sesuatunya dengan baik. Kalau bisa serinci dan sedetail mungkin.
Untuk apa?
1.      Agar langkah yang kita ambil itu terarah. Kita merencanakan segala sesuatu untuk bisnis kita, dengan berbagai list, target, dan mungkin tempo waktu yang kita butuhkan. Jadi kita sudah punya jalur tersendiri dalam membangun bisnis, setelah ini tercapai, lalu apa lagi yang harus diraih.
Kadang kalau kita berfokus pada sebuah target, katakanlah target untuk menjual seribu buah produk dalam waktu yang ditentukan. Bagaimana caranya? Siapa saja pasarnya? Dijual dengan harga berapa? Perlukah dibuat program promo? Hal-hal seperti itu penting untuk diperhatikan. Bayangkan kalau hanya merencanakan target di akhir saja, kita malah kebingungan dalam mengambil langkah-langkah tercapainya target itu.

2.      Menghemat waktu, usaha, dan dana
Dengan list target yang kita buat, lalu langkah-langkah yang dibuat untuk mencapai target yang dibuat beruntun, akan membuat usaha yang kiat keluarkan lebih efisien dan tepat sasaran.
Sudah ada kerangka khusus tersendiri bagi kita mengenai apa saja yang menjadi prioritas dalam berwirausaha. Kita tidak keluar dari rangka itu. dengan segala perencanaan yang sudah dibuat, dana waktu, dan usaha sudah tersusun. Hal ini tentu akan lebih efisien dan hemat bagi wirausahawan.

Jadi teman-teman akan lebih baik sebelum memulai usaha kita buat dulu perencanaan usaha kita itu secara mendetail. Baik dari segi modal, keuangan, promosi, segi pasar atau konsumen, lokasi pemasaran, langkah memasarkan, dan target-target yang harus dicapai dalam beberapa waktu tertentu.


“A goal without plan is just a wish” –Antonie de Saint

Referensi :

Finansialku. Membuat rencana Bisnis atau Bussiness Plan”. 21 November 2013. http://www.finansialku.com/membuat-rencana-bisnis-atau-business-plan/

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar