Jumat, Juni 10

Persaingan Usaha dalam Kewirausahaan Internasional


Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam. Kewirausahaan adalah sikap, jiwa, dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bemilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain.

Di dalam dunia internasional, produk lokal dan produk asing merupakan suatu persaingan. Dengan begitu banyaknya pesaing, jalan menuju kesuksesan semakin banyak cabangnya.

Kegiatan operasional perusahaan, baik domestik maupun swasta asing di Indonesia tidak dapat melepaskan diri dari kondisi dan perkembangan perekonomian global dan regional. Sebagai negara agraris, yang sebagian besar ekspornya masih mengandalkan produk pertanian ke negara-negara tersebut, dampak kekuatan perekonomian global sangat terasa pada kemampuan dan keunggulan bersaing produk ekspor yang berasal dari negara kita.

Kemampuan perusahaan untuk menerapkan atau mengubah strategi untuk mengkompensasi atau mengambil manfaat dari perubahan-perubahan akan menciptakan keberhasilan dan bahkan kelangsungan hidupnya. Dengan kata lain bagaimana perusahaan harus bersikap terhadap setiap perubahan yang ada agar tidak merugi.

Pengusaha dianggap memiliki kemampuan kewirausahaan yang andal apabila pengusaha tersebut mampu memanfaatkan, mencari, dan menciptakan peluang bisnis serta mampu menerapkan asas kebersamaan dan menjalankan etika bisnis secara total.

Berikut adalah tips dalam menghadapi pesaing :
-         -  Amati pasar dan kenali pesaing Anda. Mengenali pesaing-pesaing yang sekiranya berpengaruh pada   usaha kita, supaya kita bisa mengambil cara kreatif dalam memikat konsumen.

-       - Ciptakan produk yang berbeda. Dengan menciptakan produk yang berbeda, konsumen akan                penasaran dan tertarik dengan produk yang kita punya.

-        - Tonjolkan keunggulan produk Anda. Memfokuskan pemasaran dengan menonjolkan seluruh                kelebihan yang di punya oleh barang tersebut.

-   - Pelajari kelebihan dan kelemahan pesaing. Dengan cara mengetahui kelebihan dan kekurangannya, kita bisa memfokuskan, merubah, mengupgrade, mentransformasi dan menciptakan sesuatu yang baru yang membuat konsumen tertarik.

-    - Menawarkan harga yang bersaing. Memberikan diskon atau promo yang membuat konsumen tertarik akan membuat usaha kita banyak dilirik oleh konsumen.

Terakhir, tentunya kita harus selalu bersaing secara sehat karena setiap usaha yang jujur dan baik akan menghsilkan hasil yang baik juga. Sekian artikel saya, semoga bermanfaat.

Sumber pustaka :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.