Sabtu, Juni 18

Rancang Strategi Pemasaranmu

Jenius adalah 1% inspirasi dan 99% keringat. Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras. Keberuntungan adalah sesuatu yang terjadi ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan.

     Pemahaman tentang pemasaran sangat penting harus dilakukan upaya – upaya peningkatan pemasaran. Pemasaran diperlakukan sebagai investasi. Pemasaran bukan hanya sekedar pemasangan iklan, tetapi suatu proses yang utuh tentang kemampuan menawarkan barang atau jasa yang tepat, baik secara waktu maupun lokasi. Kondisi tersebut harus menguntungkan kedua belah pihak baik dari sisi pembeli maupun penjual.
Anda dapat dkatakan berhasil jika :
  1. Pembeli melakukan pembelian ulang
  2. Pembeli merekomendasikan produk ke orang lain

Untuk itu dapat dilakukan proses pemasaran sebagai berikut :
  • Pengenalan pasar : mengelompokkan pasar, masa peredaran barang atau jasa, analisis SWOT.
  • Strategi pemasaran : cara menembus pasar, mengembangkan sasaran pemasaran, mengembangkan produk, melalukan diversifikasi, menerapkan biaya murah, memfokuskan pada pasar, melakukan diferensiasi
  • Bauran pemasaran : menetukan alat pemasaran baik hal yang diperlukan dalam menghasilkan produk, mendistribusikannya, lokasi usaha, menentukan harga, bentuk promosi dan iklan, penjualan produk, dan pemanfaatan kekuasaan.
  • Evaluasi pemasaran : Disusunya rencana pemasaran dari gambaran, posisi produk, visi misi nya, jangka waktu dan tujuan pemasaran, analisis SWOT, strategi yang sesuai, alat pemasarannya, dan bagan rencana pelaksanaan pemasaran. Dan tidak lupa ukuran keberhasilannya.

Tidak lupa penetapan waktu pembeli dalam meminati suatu produk, hal ini sangat penting diperhatikan agar cepat terealisasikan dan dapat diterima di pasaran. 


Sumber : Suharyadi, Arrisetyanto Nugroho, Purwanto S.K., Maman Faturohman. 2012. Kewirausaha: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta : Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar