Sabtu, Juni 18

Berbagai Modal Usaha

        Setiap usaha pasti memerlukan modal. Baik modal dana dan nondana. Kita harus mengetahui modal apa saja yang diperlukan,sumber modal, cara mengelola nya dan sebagainya. Berikut mengenai permasalahan dana :

A. Mengetahui Kebutuhan Modal Usaha
Pada prinsipnya dalam menjalankan usaha diperlukan 3 jenis modal yaitu :
  • Modal investasi awal

Modal yang diperlukan di awal usaha, biasanya dipakai untuk jangka panjang. Biasanya berupa alat atau mesin. Biasanya modal awal cukup besar tetapi nilai dari modal investasi akan menyusut setiap tahun, karena itu setap modal harus dihitung biaya penyusutannya yang dibebankan di biaya produksi. Kita harus mampu mencari cara untuk menyiasati modal awal yang besar.
  • Modal kerja

Modal yang harus dikeluarkan selama usaha berjalan baik untuk membeli atau membuat barang dan jasa yang kita hasilkan,karna modal kerja bisa dikeluarkan setiap bulan maupun setiap ada permintaan makanya perlu diperhatikan karna suka tidak terduga.
Prinsipnya, tanpa modal kita tidak akan bisa menyelesaikan pembuatan barang dan jasa sesuai permintaan. Banyak cara untuk memperkecil modal kerja dengan cara kerja sama dengan produksi ( distributor).
  • Modal operasional

Modal yang harus kita keluarkan untuk membayar biaya operasi bulanan dari usaha kita. Pos – pos dalam modal operasional hampir sama dan tetap di setiap perusahaannya. Pada prinsipnya modal ini untuk membayar biaya di luar bisnis kita secara langsung, jadi biasanya terjadi tiap bulan.
Untuk meringankan beban modal ini biasanya mengehemat di tenaga kerja. Sebelum usaha mapan sebaiknya tenaga kerja berupa harian atau kontrak saja. Kita harus berhati – hati agar dapat memperoleh modal jangka pendek.

B. Mengetahui sumber modal
  1. Modal sendiri
  2. Pinjaman bank
  3. Bank syariah
  4. Pengadaian

Untuk tambahan informasi kita juga harus mengetahui cara pengelolaan keuangan dan pelaporan keuangan, agar usaha dan modal yang ada berjalan secara sistematis.


Sumber : Suharyadi, Arrisetyanto Nugroho, Purwanto S.K., Maman Faturohman. 2012. Kewirausaha: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta : Salemba Empat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar