Sabtu, Juli 30

BISNIS, BEKERJA, DAN BELAJAR. BAGAIMANA MENGGABUNGKAN KETIGANYA?



Sebagai seorang pemuda pasti kita mempunyai semangat yang menggebu dalam mencapai semua cita-cita.kita mempunyai banyak waktu dan tenaga tetapi memiliki sedikit harta. Hal ini yang membuat kita perlu berusaha lebih untuk mencapai cita-cita kita.
Zaman sekarang bekerja sambil kuliah merupakan hal yang banyak dilakukan pemuda di Indonesia, selain tidak ingin menjadi pengganguran mereka juga tidak ingin tertinggal pendidikannya. Tetapi biaya kuliah yang mahal dan gaji yang tak begitu besar membuat kita harus memutar otak agar bisa membiayai kuliah. Salah satu jalan yang dapat ditempuh oleh para karyawan sekaligus mahasiwa muda ini adalah menjadi seorang entrepreneur muda.

Permasalahan yang dihadapi untuk bisa melakukan hal tersebuat adalah  bagaimana membagi waktu agar ketiganya bisa seimbang? Usaha apa yang dapat mereka lakukan?Untuk menjawab hal diatas maka kita perlu tahu dahulu apa itu kewirausahaan dan seorang wirausaha
Pengertian kewirausahaan menurut beberapa para ahli adalah sebagi berikut :
Menurut Robert D.Hisrich, kewirausahaan adalah proses  kreatif utuk menciptakan susuatu yang bernilai lebih tinggi dengan mengoptimalkan segala daya upaya, seperti mencurahkan waktu, dana, psikologis, dan penerimaan penghargaan atas kepuasan seseorang.
Menurut Salim Siagian, kewirausahaan adalah semnagt, prilaku dan kemampuan memberikan respon positif kepada peluang untuk mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri dan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan, serta mencipakan dan meyediakan prosuk yang lebih bermanfaat dengan menerapkan cara kerja yang lebih efisien dan efektif, melalui keberanian mengambil resiko, kreatifitas, inovasi, dan kemampuan manajemen.
Pengusaha atau entrepreneur adalah seseorag yang menciptakan sebuah usaha atau bisnus yang dihadapkan dengan resiko dan ketidakpastian untuk memperoleh keutungan dan mengembangan bisnis dengan cara mengenali kesempatan dan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan.

Ciri ciri seorang entrepreneur yang baik adalah :
1. Memiliki mimpi besar.
2. Pandai mengatasi ketakutannya.
3. Mempunyai cara pandang yang berbeda
4. Pemasar sejati atau penjual ulung
5. Menyukai tantangan.
6. Mempunyai keyakinan yang kuat
7. Selalu mencari yang terbaik
8. Disiplin waktu untuk pemenuhan target
9. Memiliki kemampuan untuk memimpin
10. Pantang menyerah

LANGKAH SUKSES MEMULAI USAHA SAMBIL KULIAH

Pertama, membangun mental entrepreneur. Langkah pertama yang perlu dijalankan para mahasiswa yaitu membangun mental entrepreneur dalam diri mereka. Mulailah dengan memperkaya ilmu dan skill Anda melalui buku, majalah bisnis, mengikuti mata kuliah kewirausahaan yang ada di kampus Anda, mengikuti club maupun forum kewirausahaan di tempat kuliah Anda, serta memperluas networking dengan bergaul di lingkungan para pengusaha muda.
Kedua, tentukan peluang bisnis yang sesuai dengan modal. Ketika mental Anda mulai terbangun, langkah berikutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis usaha yang sesuai dengan modal Anda. Yang dimaksudkan dengan modal disini tentunya tidak hanya berupa materi saja, namun juga meliputi modal skill, modal passion (hobi), waktu luang, dan lain sebagainya.
Ketiga, bagi waktu Anda sebaik-baiknya. Sebagai mahasiswa, tentunya sebagian besar waktu Anda akan tersita di bangku perkuliahan dan sibuk mengerjakan tugas-tugas kampus yang setiap harinya menumpuk di meja belajar Anda. Pisahkan waktu belajar Anda dengan waktu luang untuk merintis usaha. Misalnya saja ketika hari-hari kerja, gunakan waktu pagi hingga sore untuk fokus mengurus segala hal yang berhubungan dengan kuliah Anda. Sedangkan waktu malam hari atau ketika hari libur tiba, optimalkan tenaga dan pikiran Anda untuk menciptakan ide kreatif baru guna mengembangkan bisnis yang Anda rintis. Ketika waktu Anda bisa terbagi secara seimbang, maka kuliah dan bisnis Anda pun bisa berjalan beriringan.
Keempat, aktif berpromosi di lingkungan sekitar. Untuk mendukung perkembangan bisnis yang dijalankan, setidaknya Anda bisa mulai berpromosi di lingkungan sekitar Anda. Contohnya saja dengan menginformasikan produk atau jasa Anda kepada teman-teman kuliah, teman kost, keluarga, saudara, dosen-dosen Anda, atau mempromosikan bisnis tersebut melalui situs pertemanan online (sebut saja seperti facebook, twitter, blog, google plus, dan lain sebagainya).
Kelima, action dari sekarang. Setelah yakin dengan persiapan dan kemampuan yang Anda miliki, kini tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menunda-nunda rencana bisnis yang telah dibuat dan segera merealisasikannya untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya.
Seorang entrepreneur muda dapat mengurangi tingkat penggangguran yang ada di Indonesia. tingkat pengangguran di negara ini sudah semakin parah dalam setiap jenjang pendidikan oleh karena itu perlu segera dicari solusi melalui penciptaan lapangan pekerjaan diberbagai sector usaha. Oleh karena itu  menjadi seorang entrepreneur sangat penting bukan
Contoh kisah sukses seorang yang bisa menggabungkan anatara bekerja, belajar, dan  berwirusaha adalah Farhan Yuzevan. Seorang mahasiswa tingkat 5 jurusan Teknik Industri di Universitas Mercubuana dan bekerja sebagai Desain Gambar di sebuah perusahaan ternama. Farhan yang awalnya memliki hobby mendesain dan menggambar. Karena keteampilannya kerap kali dia diminta untuk mendesain suatu poster atau pamphlet untuk acara di sekolahnnya. Setelah lulus SMK dia bekerja di perusahaan sebagai seorang desain Gambar produk kosmetik. Semakin banyak dia Mendapatkan ilmu ditempat kerjanya maka diapun semakin mahir dalam mendesain. Dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan pertemanan yang dia punya maka diapun memutuskan untuk membuat sebuah jasa desain dengan nama “Dooha Desain”. Desain yang dia hasilkan di posting pada akun Instagram miliknya. Sekarang selain sibuk bekerja dan kuliah diapun sibuk membuat pesanan desainnya. Hasil dari penjualan desainnya itu dia tabung dan sebagian dia gunakan untuk membeli mainan yang dia koleksi.

Daftar pustaka
https://cahayawahyu.wordpress.com/entrepreneurship/ciri-seorang-entrepreneur/
http://bisnisukm.com/langkah-sukses-memulai-usaha-sambil-kuliah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.