Sabtu, Juli 30

Apakah Saya Cocok Menjadi Wirausahawan?

Wirausahawan adalah Seseorang yang menciptakan sebuah usaha atau bisnis yang dihadapkan dengan resiko dan ketidakpastian untuk memperoleh keuntungan dan mengembangkan bisnis dengan cara mengenali kesempatan dan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan. itulah pengertian perusahaan berdasarkan buku "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda" karya Suharyadi dan kawan kawan.

Dari definisi diatas didapat bahwa seorang wirausahawan itu selalu mencari dan membuat sesuatu yang baru dari sumber daya yang ada meskipun dihadapkan pada resiko dan ketidakpastian untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.
Ketika saya duduk dibangku Sekolah Menengah, saya sadar bahwa kebutuhan saya semakin meningkat sejalan dengan kebutuhan harian dan sekolah sedangkan perekonomian dikeluarga bisa dibilang pas hanya untuk kegiatan sehari hari. dari hal itu saya berpikir di usia saya yang sudah dibilang hampir dewasa mengapa masih merepotkan orang tua, saya mulai mencari cara bagaimana caranya agar saya tetap bersekolah tanpa harus menjadi beban bagi keluarga, waktu terus berlalu sampai saya melihat adik kelas yang baru membeli sepasang hamster dan melihat antusias orang orang disekitarnya, saya pun memiliki ide untuk melakukan jual beli hamster.
Langkah awal saya dalam melakukan jual beli tersebut adalah saya pelajari terlebih dahulu tentang hamster tersebut, dimulai dari jenis, makanan, karakteristik, warna, tempat penyimpanan, gen warna sampai perkembang biakan, dari membaca artikel dan forum forum hamster lover membuat saya semakin dalam menekuni tentang hamster ini dan setelah siap saya mulai untuk berjualan dan berternak hamster berjenis campbell yang memiliki karakteristik lincah, memiliki banyak varian warna namun dengan harga yang terjangkau. perlahan saya mulai menambah koleksi mulai dari winter white yang memiliki karakter lembut dan jinak sampai roborovski yang lincah, jinak dengan harga yang lumayan tinggi.
Dari berjualan hamster ini bisa dibilang saya bisa bersekolah tanpa harus merepotkan orang tua karena dari hasil penjualan saya pakai untuk biaya transportasi dan keperluan sekolah lainnya.
Seiring berjalan waktu, dikarenakan minim pengetahuan dan pengalaman dan susahnya informasi tentang bisnis pada saat itu, usaha saya pun perlahan padam dikarenakan saya juga mulai dihadapkan pada ujian nasional dan Praktek kerja lapangan.
Dari pengalaman saya diatas maka saya ingin share tentang apa yang saya dapatkan di mata kuliah kewirausahaan ini.
diawal kita sudah tahu apa itu kewirausahaan, berikutnya apa sih yang membuat kita harus berwirausaha? Setiap orang pasti memiliki motif yang berbeda pastinya, berikut merupakan beberapa motivasi mengapa kita harus berwirausaha :
1. Setiap orang yang berwirausaha memiliki kebebasan dalam menentukan tujuan usahanya.
2. Seorang wirausaha akan unjuk kemampuan dan potensi yang dimilikinya.
3. Seorang wirausaha ingin memperoleh manfaat dan laba semaksimal mungkin dari usahanya.
4. Setiap wirausaha memiliki kesempatan untuk melakukan perubahan.
5. Setiap wirausaha memiliki kesempatan untuk membantu masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja.
6. Setiap wirausaha akan mendapat pengakuan dari masyarakat atas usaha mereka sendiri.
Itulah 6 dorongan untuk menjadi seorang wirausaha.
seorang wirausaha juga tidak terlepas memiliki ciri - ciri sebagai berikut :
1. Percaya Diri
2. Berorientasi Pada Tugas dan Hasil
3. Berani Mengambil Resiko
4. Berjiwa Pemimpin
5. Memiliki keorisinalitas
6. Berorientasi pada masa depan.
dari keenam ciri seorang wirausaha tersebut, didapat beberapa sikap yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha, yaitu :
1. Disiplin
2. Komitmen Tinggi
3. Jujur
4. Kreatif dan Inovatif
5. Mandiri
6. Realistis.

Dari uraian singkat diatas maka sekarang saatnya kita pastikan, apakah kita cocok menjadi seorang wirausaha?
yang pasti semua orang itu memiliki kesempatan yang sama, tinggal kemauan dan kerja keras untuk mencapai apa yang kita tuju, semua orang adalah wirausaha minimal untuk diri sendiri.
Sekian artikel singkat dari saya
Terimakasih
Daftar Pustaka :
Buku "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Dini" karya Suharyadi, Arissetyanto Nugroho, Purwanto S.K, Maman Faturohman.

Nama : Muhamad Royan
NIM : 41815120090
Fakultas : Fasilkom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar