Minggu, Juli 31

Pengalaman Berdagang Membangun Kepribadian Pada Diri Saya





Halo sobat - sobat penikmat blog kewirausahaan123.com, perkenalkan saya dedy siswadi disini saya akan menyampaikan artikel tentang pengalaman berdagang saya hehehee... jujur ini artikel pertama saya mohon maaaf kalau tidak ada manfaatnya. hahahaha.... 
Dalam sebuah ilmu kewirausahaan salah satu faktor kuat seseorang sukses berwirausaha adalah memiliki kepribadian pengusaha muda.
Membangun sebuah kepribadian hal yang sangat mutlak untuk seorang wirausawan , dengan persipan tersebut dapat menjadikan seorang wirausahawan lebih siap dengan tidak mudah putus asa saat gagal dan tidak mudah terpuaskan saat berhasil. Kepribadian yang matang memudahkan kita untuk mengenal diri sendiri, memahami perubahan sikap mental dan menyesuaikan diri dengan orang lain.

Ciri – ciri seorang wirausahawan yang memiliki ke pribadian kuat, seperti :
  •   Percaya diri
  • Berorientasikan tugas dan hasil
  • Pengambilan Resiko
  • Kepemimpinan
  • Keorisinilan
  • Berorientasi ke masa depan

Untuk membentuk itu semua harus di awali dengan usaha - usah kecil agar tercipta pribadi kuat selayaknya seorang wirausahawan sukses, dalam hal ini saya akan sedikit menceritakan pengalaman berdagang membuat pribadi saya lebih kuat, walaupun berdagangnya tidak lama hehehe….


Awal mulanya dari ibu saya yang berdagang di 2 sekolah dasar (SD) dalam sehari, dimana disekolah A pagi hari dan di sekolah B siang hari. (maaf tidak menyebutkan nama sekolahnya tidak enak. Hehehe…). Saat itu ibu saya menawarkan saya berjualan disalah satu sekolah tersebut mumpung libur sekolah katanya hehehe…

Jujur mungkin saya salah satu manusia dengan rasa malu yang amat tinggi, saya sempat berfikir amat keras untuk menjawab (YA) hahaha…  Peluang itu pun saya ambil, berkat pengalaman membantu ibu saya berdagang setidaknya saya bisa membuat jajanan yg biasa ibu saya dagangkan. Saya memulai berdagang di salah satu sekolah tersebut dengan perasaan tidak karuan. Hehehe….

Sebelum anak - anak sekolah tersebut keluar kelas untuk istirahat saya memulai membuat makanan tersebut satu persatu, karena saya tahu saat bell istirahat sekolah berbunyi pasti anak – anak sekolah tersebut menyerbu kantin, untuk menyikapi masalah tersebut yaitu dengan membuatnya terlebih dahulu (hehehe… sebuah strategi bro, walaupun enakan pas masih panas. Heheh..)

Saat anak – anak itu keluar dan menyerbu dagangan saya mereka berkata saya dulu mas… saya dulu mas… hahahaha…., saat itu juga kita akan di latih untuk bersabar menghadapi tingkah laku mereka yang berbeda - beda. Ke uletan dan kerja keras di perlukan untuk membuat dan melayani satu persatu anak – anak tersebut dan kita juga harus teliti bahwa anak tersebut sudah bayar atau belum , jangan samapai rugi. Hahaha….

Bell masuk kelas berbunyi tanda untuk saya benapas lebih lama dan menyusun ulang strategi saya membuat makanan tersebut untuk persiapan saat anak – anak pulang sekolah , walupun penuh resiko anak – anak tersebut langsung pulang dan tidak jajan lagi,  tetap saya jalan kan strategi tersebut. Hehehe… saat selesai berdagang dan menghitung hasilnya, Waw…. Luarbiasa untuk anak seusia saya saat itu dan saya ingin mengulanginya lagi. Hehehe… ketagihan. Dengan berdagang kita juga bisa memiliki atau menambah teman yaitu pedagang lainya, itu sebuah relasi sederhana tanpa kita sadari.

Dari pengalaman saya, saya merasa apa yang sudah saya lakukan membuat diri saya menjadi pribadi yang kuat dari sebelumnya layaknya seorang wirausahawan sukses. Hehehe…. , bagainmana tidak dengan berdagang membentuk diri saya menjadi percaya diri, berfikir kreatif, ulet dan kerja keras, teliti dan siap mengambil resiko yang tidak dinginkan serta menambah relasi atau teman - teman sesama pedagang.

Konsep untuk membentuk jiwa wirausahawan yang kuat bisa kita terapkan dengan cara berdagang kecil – kecilan untuk membentuk kepribadian yang kuat. Setelah kepribadian itu matang, kita bisa dan siap membuat sebuah usaha yang bisa jangka panjang dan menjadi sukses di kemudian hari karena kita sudah menciptakan kepribadian kuat.

#Kalau sobat - sobat  masih ada waktu boleh minta like dan di sharenya . hahaha... (terimakasih)

Sumber :
https://books.google.co.id/books/about/Kewirausahaan_ed_1.html?hl=id&id=yOrtZwRWzcoC

https://rzabdulaziz.wordpress.com/2014/02/06/buku-dan-materi-kuliah-kewirausahaan-enterpreneurship/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar