Selasa, Agustus 2

Awali Langkah Berbisnis di Usia Muda



Mungkin sebagian orang sering kali meremehkan usaha kecil menengah, bahkan usaha kecil sering diidentikan dengan bisnis untuk orang-orang yang memiliki modal terbatas dan pengelolaan yang seadanya. Namun sebenarnya tidak selalu demikian karena ada banyak pengusaha sukses yang berawal dari usaha kecil menengah.

Jadi apa saja contoh usaha kecil yang bisa dijalankan, terutama untuk calon-calon pengusaha yang memiliki modal terbatas? Semua harus dikembalikan kepada sang calon pengusaha, berapa modal yang dimiliki, keahlian apa yang dimiliki, serta bidang apa yang diminati. Pastikan Anda tidak menjalankan usaha pada bidang yang sama sekali tidak Anda kuasai, minimal Anda harus sedikit tahu banyak pada bidang tersebut.
Selain itu, ada banyak sekali faktor yang perlu dipertimbangkan, diantaranya adalah apakah produk atau jasa yang Anda tawarkan memang mememiliki daya tarik serta menjadi kebutuhan banyak masyarakat di saat ini dan di kemudian hari. Perhatikan pula kompetitor yang ada sekitar kita karena sangat berpengaruh sekali pada kesuksesan usaha nantinya.
Disini saya akan membuat artikel tentang seseorang yang sukses berwirausaha di bidang kuliner.  Usaha di bidang kuliner memang tidak pernah sepi karena setiap orang membutuhkan asupan makanan setiap harinya. Tentu ini menjadi peluang besar bagi Anda yang memang berminat untuk membuka usaha kecil bidang ini. Anda bisa memulai dari usaha restauran, rumah makan, cafe, warung rames, atau bahkan pedagang kaki lima. Sekali lagi disesuaikan dengan modal yang tersedia.  Namun yang lebih penting adalah produk makanan apa yang hendak ditawarkan dan apakah cocok selera masyarakat?  Sebagai contoh Anda bisa menjalankan bisnis kuliner utama seperti ayam goreng, bakso, mie ayam, gudeg, masakan daerah dan lain-lain. Tidak hanya makanan berat saja, saat ini banyak cafe yang menyediakan kuliner dalam bentuk minuman, es krim, susu, kopi, cake, es kelapa muda dan lain-lain. Tidak buruk juga jika Anda membuka usaha kecil dengan cara kemitraan atau waralaba karena dengan sistem ini Anda bisa terbantu dalam hal penentuan produk, mendapatkan bahan baku dan tata cara pengelolaan. 
Untuk menjadi sukses, seorang pengusaha paling tidak harus mempunyai karakter pribadi yang bermotivasi tinggi, suka mencari tantangan, tidak mudah putus asa dan suka bergaul dengan orang lain. Motivasi tinggi diwujudkan dengan adanya dorongan dari diri sendiri untuk mencapai tujuan dan sukses secara terus-menerus.  keberhasilan usaha diperoleh dari barang dan jasa terbaik yang diihasilkan oleh pengusaha. Untuk menghasilkan barang dan jasa terbaik diperlukan adanya bakat dan kemampuan. Ada orang lahir dengan bakat  tertentu, sehingga ketika dia berusaha sesuai dengan bakatnya tersebut dapat menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas. Tetapi ada juga kemampuan yang berupa pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari proses belajar.
Reputasi seseorang  dikenal orang lain melalui daftar riwayat hidupnya. Daftar riwayat hidup bukan sekedar berisi deretan pekerjaan, tetapi juga hal-hal terkait pengalaman dan kemampuan dalam melakukan suatu kegiatan, deretan kompetensi dan rangkaian tanggung jawab yang dapat diemban. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam membangun jaringan yaitu :
 Menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat,  Menjadi anak gaul, Buat kartu nama yang menarik dan spesifik serta berikan kepada teman baru, Tawarkan persahabatan yang tulus,
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan naluri mengenali peluang usaha: Menentukan arah usaha dan minat, Menumbuhkan kepekaan lingkungan dan kondisi di sekitar, Menerapkan manajemen informasi,
Untuk meningkatkan kemampuasn persuasi dan negosiasi, diperlukan adanya beberapa hal yaitu :  Itikad baik untuk menciptakan win-win solution, Mempersiapkan diri sebelum negosiasi, Meningkatkan kemampuan komunikasi dan pengendalian emosi, Sikap profesional.


Reverensi : http://faulinemulia.blogspot.co.id/2013/03/persiapan-pribadi-pengusaha-muda.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.