Kamis, Agustus 4

Persiapan pribadi pengusaha muda

PERSIAPAN PRIBADI PENGUSAHA MUDA

Anak muda lebih gesit dan lincah, memiliki kreativitas yang tinggi serta cepat dan berani mengambil tindakan. Jika orang lain mampu saya pun mampu. Membangun kepribadian merupakan hal yang mutlak bagi keberhasilan sebuah usaha. Semakin mengenal diri sendiri, maka peluang  untuk melakukan tindakan yang salah akan semakin kecil.
a.       Mengenal diri sendiri
Seseorang calon pengusaha yang baik harus mengenali dirinya sendiri. Pengenalan diri sendiri diperlukan untuk menuntun pengusaha dalam menemukan, menentukan dan menjalani profesi sebagai pengusaha. Dalam semakin mengenal diri sendiri, maka peluang untuk mengambil tindakan semakin kecil. Ada beberapa hal yang harus dibangun terkait dengan mengenal diri sendiri, yaitu:

1)      Mengenal karakter pribadi
Untuk menjadi sukses, seorang pengusaha paling tidak harus mempunyai karakter pribadi yang bermotifasi tinggi, suka mencari tantangan, tidak mudah putus asa, dan suka bergaul dengan orang lain

2)      Mengenal bakat dan kemampuan
Usaha yang berhasil biasanya terkait dengan mutu barang dan jasa yang dihasilkan. Suatu contoh seorang kontraktor bangunan apa yang dicontohkan ke owner sama dengan apa yang dilaksanakan dilapangan.

b.      Mempersiaapkan perubahan sikap mental

1)      Siap menghadapi ketidakpastian
Misalnya berupa pemasukkan setiap harinya tidak menentu. Tidak ada jaminan seorang pengusaha akan mendapatkan yang tetap setiap waktu.

2)      Harus siap mengatakan bisa
Seorang pengusaha pantang mengatakan “tidak bisa” sepanjang pelanggan bersedia membayar, maka menjadi kewajiban pengusaha untuk memenuhinya.

3)      Siap bekerja keras, tekun, dan bersabar

4)      Berani mengambil resiko untung dan rugi

Seorang pengusaha mampu bergaul dengan banyak mungkin teman. Seorang pengusaha yang berhasil adalah seseorang yang mampu mengenali peluang dengan baik. Memulai usaha saat muda akan lebih berhasil daripada saat usia tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar