Kamis, Agustus 4

Kreastifitas dan Inovasi


Pengusaha dituntut untuk selalu memiliki kreativitas yang tinggi dan inovasi baru. Keberhasilan inovasi dan kreativitas seseorang pengusaha Teh Botol Sosro yang berhasil tidak dating begitu saja, tetapi melibatkan waktu dan pengalaman yang panjang.
Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (Thinking New Thing). Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dala rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang (Doing New Thing).
Mempertaruhkan eksistensi usaha haris diiringi upaya mencari sesuatu yang baru dan mengembangkan apa yang sudah ada agar menjadi lebih baik. Seseorang wirausahawan harus memastikan bahwa kreativitas yang selama ini dilakukan, bila tidak usang atau tidak terpakai lagi.
Hambatan kreativitas sebagai dinding atau bangunan mental yang menghambat kita untuk memahami atau menemukan pemecahan atas suatu masalah.
Cara umum meningkatkan kreativitas adalah mengubah cara berfikir dan cara bertindak. Wirausaha adalah inovator yang tidak selalu menjadi inventor. Kemenangan bisa dicapai dengan cara menciptakan pasar baru dengan inovasi. Inovasi dan bisnis ibarat dua sisi dari sekeping mata uang. Inovasi harus terus menerus dibangun melalui budaya kreatif, mengikuti tren perubahan, dan membangun pasar. Seorang wirausaha harus segera menterjemahkan mimpi-mimpinya menjadi inovasi.
Itulah sebagian contoh-contoh kreativitas dan inovasi dalam wirausaha.
Dari Tugas KWU 02, KWU 03, KWU 04, KWU 05.
Bersumber dari buku “KEWIRAUSAHAAN” Berjudul ‘Membangun Usahan Sukses Sejak Usia Muda’
Oleh :    Suharyadi
                Arissetyanto Nugroho
                Purwanto S.K.
                Maman Faturohman
Penerbit :

Salemba Empat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.