Jumat, Agustus 5

Belajar Bisnis Dari Bangsa China

Menjadi seorang pengusaha muda yang sukses tidak mudah. Banyak  sekali tantangan yang akan kita hadapi nantinya. Untuk itu sebaiknya kita belajar dari sumber yang telah terkenal akan kepihawaiannya dalam berdagang yaitu bangsa China. Belajar dari yang terbaik, tanpa harus mencari kesalahan merupakan salah satu kunci untuk mencari kesuksesan ke depan.
Sepanjang sejarah sudah diakui akan peranan penting bisnis orang China dalam perekonomian nasional baik menyangkut bidang industri maupun perdagangan. Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan bisnis orang China di dasari oleh suatu budaya, seni, cara dan etika yang sudah puluhan tahun.
Berdagang merupakan keahlian dari orang China. Banyak diantara meraka menjadi oarang kaya berkat berdagang. Orang China menjadikan berdagang bukan sekedar hobi atau mengisi waktu luang tetapi berdagang adalah pekerjaan yang serius. Bekerja keras dan berani membuka peluang usaha baru merupakan kunci keberhasilan, dan hasil usaha berupa keberhasilan dan kegagalan ditentukan oleh sikap, usaha dan keyakinan.
Kenapa bangsa Chin bisa Sukses dalam berbisnis? Apa saja yang mereka lakukan untuk mencapai kesuksesannya? Berikut ini akan kita jabarkankan rahasia sukses bisnis orang china
1.      Pembelajaran bisnis sejak dini
Sudah menjadi hal yang lumrah bagi keluarga Tionghoa ketika menjalankan bisnis keluarga selalu diikutsertakan sejak dini. Bahkan jangan kaget ketika misalnya mereka membuka usaha toko, maka biasanya anak yang menjadi pelayan dan ibu menjaga kasir. Sangat bermanfaat bagi anak, nantinya ketika mereka dewasa, mereka sudah sangat memahami seluk beluk bisnis yang dikelola ayahnya. Sehingga ketika dilepaskan pun, mereka tidak kaget lagi.
2.      Menajemen keuangan yang baik
Ini adalah salah satu kunci usaha yang mungkin jarang dilakukan oleh pebisnis kita. Pengusaha Tionghoa, seberapapun kecil bisnis yang mereka kelola, mereka selalu membuat pembukuan serapi mungkin dan sedetail mungkin.
3.      System administrasi yang baik

Hampir kita tidak pernah menemui sebuah toko yang dikelola orang Tionghoa kehabisan stok barang. Ini bukti nyata bahwa mereka benar-benar menjaga peluang yang ada, mereka tidak mau peluang meskipun sangat kecil sampai terlepas dari genggaman
4.      Meminimalisir biaya hidup
Kebiasaan yang selalu dilakukan oleh pengusaha Tionghoa ketika mereka menjalankan usaha adalah dengan meminimalisir biaya hidup seminim mungkin. Sebelum mereka benar-benar kaya, mereka akan selalu bertindak dengan hati-hati. Bahkan mereka mampu menekan biaya hidup dengan hanya menggunakan 20% dari penghasilan yang mereka dapatkan.
5.      Keberanian mengambil resiko
Faktor ini juga sangat berpengaruh dalam setiap langkah bisnis yang diambil oleh pengusaha Tionghoa. Mereka memiliki keberanian yang sangat tinggi dalam mengambil sebuah resiko. Namun demikian, tentu setiap keputusan sudah dipikir dengan baik, dengan analisa yang kuat dari pengalaman.
6.      Belajar kepada siapapun
Kaum Tionghoa ketika mereka sudah memutuskan untuk menjalankan sebuah bisnis, maka mereka akan selalu belajar kepada siapapun. Mereka tidak pernah malu atau segan untuk bertanya pada siapapun yang dianggap bisa memberikan informasi terkait bisnis yang akan mereka jalankan. Daya belajar yang sangat tinggi ini membuat mereka cepat mengetahui informasi penting terkait usahanya. Sehingga membuat usaha yang mereka kelola cepat berkembang dan menjadi besar.
7.      Etos kerja yang baik.
Sudah bukan rahasia lagi bahwa kaum Tionghoa dalam bekerja memiliki etos kerja yang sangat luar biasa bagus. Mereka akan selalu bekerja dengan penuh tanggung jawab, tuntas dengan integritas yang sangat tinggi. Selain itu keseriusan mereka dalam mencintai pekerjaan menjadikan setiap langkah kerja menjadi menyenangkan. Sehingga hal ini menjadikan mereka semakin semangat setiap hari dalam memajukan bisnisnya.
CARA BISNIS ORANG CHINA
1.      Untuk dapat menjadi pedagang sukses, harus mendapatkan keyakinan dari pelanggan.
2.      Tidak boleh pelit mengeluarkan biaya tambahan untuk memikat hati pelanggan.
3.      Bekerja minimal 18 jam sehari
4.      Harus fleksibel dan beradaptasi dengan kondisi yang ada
5.      Tempat usaha harus mudah dikunjungi, dihubungi dan dicari, warna cerah dan mudah parkir.
6.      Tidak boleh semata-mata mengikuti pola pikirnya, tetapi mengikuti perilaku, minat dan kehendak orang banyak.
7.      Bekerja sendiri supaya dapat mandiri, memiliki daya juang dan semangat tinggi serta pantang menyerah.
8.      Image dibentuk dengan pelayanan yang diberikan bukan pada gaya dan kebaikan berpakaian
9.      Lebih suka mempekerjakan sanak keluarganya sendiri untuk membantu kegiatan perdagangan. Orang China suka menggaji orang yang sudah mereka kenal dan mempunyai pertalian saudara daripada mempekerjakan orang lain.
10.  Akan merasa rendah diri jika mereka gagal hidup mandiri dan hanya mendapat gaji sepanjang hidupnya. Selama mendapat gaji, selamanya tidak akan menjadi kaya dan meningkatkan kedudukannya.
11.  Sebagian keuntungan harus disimpan untuk mengembangkan kegiatan perdagangan dan menghadapi kemungkinan apapun yang diluar dugaan, sebagian digunakan untuk modal kerja.
KISAH SUKSES PENGUSAHA CHINA

Robert Budi Hartono ~ Orang Terkaya Nomor 1 Di Indonesia


Perjalanan karir sang triliuner Indonesia Robert Budi Hartono bermula ketika ia mendapatkan warisan dari ayahnya yang seorang pengusaha rokok. Pada saat itu ia yang masih berusia 22 tahun mendapat kan sebuah tantangan besar memegang sebuah pabrik rokok bernama Djarum Gramophon yang kini lebih dikenal sebagai pabrik rokok terbesar di Indonesia, Djarum.
Tahun pertama menjalani usaha warisan tersebut ternyata bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Perusahaan warisan yang diberikan mendiang ayahnya tersebut bukan sedang dalam keadaan yang baik. Pabrik Djarum Gramophon tersebut baru saja mengalami kebakaran hebat yang hampir meludeskan semua asset perusahaan. Keadaan dimana banyak orang akan menyerah menghadapinya.
Namun tidak demikian dengan Budi dan kakaknya, mereka yakin bahwa Djarum masih bisa dihidupkan lagi. Dan dengan usaha nya mencari talangan dana dan inovasi bisnis yang cermat, pelan tapi pasti pabrik yang hampir “jatuh” itu pun bangkit dan lambat laun menjelma menjadi salah satu perusahaan tersukses yang ada di Indonesia. Bahkan kini produk rokok Djarum tidak hanya merajai pasar lokal namun telah merambah ke pasar Internasinal. Pencapaian besar yang didapatkan dengan jerih payah dan usaha keras beliau bersama kakaknya.
Ekspansi Bisnis Tiada Henti
Salah satu semangat yang kini menjadikan beliau orang terkaya di Indonesia bahkan sebagai salah satu profil tokoh besar dunia bisnis versi Wikipedia adalah semangat ekspansi bisnis nya yang tiada henti. Dengan semangat tersebut aliran pundi kekayaan kerajaan bisnis nya kini makin mantab dan hampir tidak tergoyahkan. Benar-benar semangat yang harus di contoh oleh generasi muda. Tidak takut bergerak dan terbang lebih tinggi.
Beberapa cabang bisnis yang telah digeluti Budi Hartono, dibawah bendera Djarum Group adalah diantaranya sektor perbankan, property, agribisnis, elektronik , multimedia, bahkan merambah ke dunia internet marketing. Dalam dunia perbankan, Djarum Group yang ia pimpin bersama kakaknya Bambang Hartono kini telah memiliki sebagian besar dari saham bank BCA.
Berikutnya pada sektor properti, perusahaan yang ia pimpin salah satu nya pernah ditunjuk dalam Mega proyek Grand Indonesia yang dilaksanakan pada tahun 2004 yang lalu. Proyek dengan nilai mencapai nilai 1,3 Triliun rupiah tersebut tentunya menjadi bukti bahwa kapasitas bisnis Djarum Group merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia saat ini.
Tidak berhenti dalam sektor-sektor tersebut, kesuksesan di sektor lain seperti agribisnis, elektronik dan bisnis internet ditunjukan dengan sederet cabang perusahaan Djarum Group. Sebut saja Hartono Plantations Indonesia, Polytron atau Global Digital Prima Venture yang menjadi investor utama forum No. 1 Indonesia 

 DAFTAR PUSTAKA
Suharyadi, Arissetyanto Nugroho, Purwanto S.K dan Maman Faturohman. 2012. Kewirausahaan “Membangun Usaha Sukses Sejak Muda”. Jakarta. Salemba Empat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar