Jumat, Agustus 5

Motivasi Pengusaha Sukses


Pernah merasa kita tidak bisa melakukan bisnis? Kita tidak mempunyai jiwa dan bakat untuk berbisnis? Atau berpikir takut untuk memulai bisnis? Sebenarnya bisnis itu mudah apabila kita bisa memotivasi diri dan tak termakan oleh mitos tentang seorang pengusaha.
Berikut ini akan dipaparkan bagaimana memotivasi diri unruk menjadi seorang entrepreneur sukses.
Tanpa motivasi, maka seseorang tidak akan bertindak, meskipun bertindak sekalipun maka tindakannya akan kurang maksimal, sehingga hasilnya juga akan kurang maksimal. Jadi, motivasi itu sangat penting apalagi untuk pengusaha.
Seorang pengusaha sangat memerlukan sebuah motivasi diri. Karena dalam menjalankan usaha pasti memerlukan semangat dan tekad yang kuat. Tanpa sebuah motivasi, maka pengusaha akan sulit untuk bertindak. Padahal, tindakan sangat diperlukan seorang pengusaha. Tanpa adanya tindakan, tidak akan ada hasil.
Motivasi Diri
Motivasi diri bagi pengusaha bisa diibaratkan sebagai modal awal sebagai pengusaha untuk bisa sukses. Motivasi diri akan memberikan semangat dan energi, sehingga pengusaha tidak akan mudah goyah dan jatuh pada berbagai permasalahan yang akan dia hadapi dalam menjalankan bisnisnya.
Motivasi diri ini harus selalu ditumbuhkan dan dipupuk. Karena motivasi itu tidak muncul dengan sendirinya. Memang wajar dan manusiawi motivasi seseorang itu naik turun. Tugas kita hanya bagaimana mempertahankan apabila sudah memiliki motivasi dan memunculkannya apabila tidak memiliki motivasi sama sekali. Motivasi akan menciptakan tindakan dan tindakan itulah yang akan menghasilkan sukses
Bagaimana meningkatkan motivasi sukses pengusaha? Nah, berikut ini adalah cara meningkatkan motivasi sukses untuk pengusaha.
1.     Menyadari pentingnya motivasi diri
Anda harus tahu apa pentingnya motivasi. Seperti yang sudah saya katakan bahwa motivasi itu sangatlah penting karena akan menentukan kualitas dan kuantitas tindakan anda.
Rahasia motivasi berasal dari ketegasan diri Anda untuk membuat Anda sendiri bergairah. Karena Anda lebih tahu diri Anda. Anda sendiri yang melakukan usaha sehingga anda lebih baik dari hari ke hari.
2.     Menanamkan keinginan kuat untuk menambah pengetahuan dan kemampuan
Motivasi belajar menjadi modal awal bagi para pengusaha untuk mengembangkan raksasa bisnisnya. Karena itu, belajarlah dari orang-orang sukses di sekitar Anda, belajarlah dari kegagalan yang pernah Anda alami, dan belajarlah dari sumber ilmu yang tersedia di seluruh belahan dunia.
3.     Meningkatkan keberanian
Jika sebagian orang menghindari sebuah resiko, maka lain halnya dengan para pengusaha yang memandang sebuah resiko sebagai peluang baru. Untuk itu sangat perlu meningkatkankeberanian untuk memperdalam motivasi. Dengan meningkatkan keberanian maka motivasi juga akan meningkat.
4.     Visualisasikan apa yang ingin anda raih
Kemudian visualisasikan apapun yang Anda ingin raih. Dengan melakukan ini, maka di jamin Anda seakan sudah menerima apa yang Anda inginkan, maka Anda pun akan termotivasi.
Mengalahkan Mitos
Selain motivasi diri kita juga perlu melihat factor –faktor lain yang bisa menghambat kesuksesan kita menjadi seorang entrepreneur diantaranya adalah mitos tentang berbisnis. Adad banyak rumor atau mitos yang tidak benar mengenai diantaranya :
·      Wirausaha merupakan bakat & keturunan
·      Pengusaha adalah pelaku, bukan pemikir
·      Wirausaha tidak bisa diajarkan atau dibentuk
·      Pengusaha adalah selalu sebagai investor
·      Pengusaha membutuhkan keberuntungan
·      Pengusaha harus selalu sukses dan tidak boleh gagal
·      Pengusaha adalah sama seperti penjudi

Mengubah Pola Pikir

Merubah sesuatu yang telah menjadi kebiasaan tidak mudah. Perubahan bukanlah kata yang menakutkan dan membahayakan. Mengubah pola pikir memerlukan keberanian dan kerelaan.
Menurut McGrath dan MacMillan (2000) ada lima karakteristik yang umumnya dimiliki oleh pengusaha :
·         Pengusaha sangat bersemangat dalam melihat atau mencari peluang-peluang baru
·         Pengusaha mengejar peluang dengan disiplin yang ketat
·         Pengusaha hanya mengejar peluang yang sangat baik dan menghindari mengejar peluang laun yang belum jelas
·         Pengusaha berfokus pada pelaksanaan
·         Pengusaha mengikutsertakan energy setiap orang yang berbeda dalam jangkauan mereka
Memotivasi Berprestasi
Semakin seseoang meyakini bahwa dirinya dapat mengelolah berbagai kekuatan dan kelemahan, maka semakin yakin ia bahwa dirinya dapat mewujudkan satu prestasi. Ciri-ciri pribadi wirausaha yang berhasil adalah :
·         Berorientasi pada tindakan dan memiliki motif yang tinggi dalam mengambil resiko untuk mencapai tujuan
·         Dapat mendayagunakan kekuatan-kekuatan yang dimiliki dan mengurangi kelemahan-kelemahan yang ada
·         Mempunyai perilaku yang agresif dalam mengejar tujuan atau berorientasi pada tujuan dan hasil
·         Mau belajar dari pengalaman
·         Memupuk dan mengembangkan pribadi unggul secara terus-menerus

Seseorang menat berwirausaha karena adanya sesuatu motif, yaitu motif berprestasi. David C. McClelland mengelompokan motivasi menjadi tiga motif social yaitu: kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan, dan kebutuhan akan afisiliasi.

Memanfaatkan Kekuatan Pikiran Bahwa Sadar
Apa saja yang kita dapatkan hari ini, baik disadari maupun tidak, sebenarnya merupakan hasil dari proses kekuatan alam bahwa sadar. Yakinlah apa yang kia dapatkan hari ini sebenarnya sudah pernah kita bayangkan sebelumnya atau pernah terlintas dalam otak, imajinasi, atau bahkan dalam mimpi walau hanya sesaat.

Proses mental bahwa sadar dapat membantu kita melaksanakan kegiatan sehari-hari. Menggunakan kekuatan yang terfokus pada keiginan untuk merasakan suatu kesenangan atau kesengsaraan mampu menimbulkan energy dasyat dalam hidup.

Pikiran manusia dapat dikelompokan menjadi dua yaitu pikiran sadar dan tidak sadar. Pikiran bahwa sadar mampu mengontrol tindakan secara otomatis. Beberapa factor atau kondisi yang mendorong semakin produktifitasnya pikiran bawah sadar yaitu :
1.      Sikap ragu-ragu
2.      Sikap berani
3.      Bermacam-macam pengalaman, memori, dan ketertarikan
4.      Persiapan yang sempurna dan sungguh-sungguh
5.      Menyerah sementara
6.      Istirahat / santai
7.      Menulis
8.      Bertukar pikiran
9.      Bebas dari kebingungan atau kekacauan
10.  Batas waktu (deadlines)
11.  Tensi (tension)
Kisah Sukses Pengusaha Muda yang Termotivasi
Anne Ahira (25), di dunia online, selalu mengaku ‘orang kampung’
Ia terkenal sebagai internet marketer sukses kelas dunia. Ia adalah salah satu pengarang buku 30 Days To Internet Marketing Success. Buku yang ditulis oleh 60 orang pengarang yang merupakan internet marketer pilihan dari berbagai belahan dunia yang terkenal sebagai buku internet marketing terbaik sepanjang tahun 2003. Omzet penjualan buku ini mencapai lebih dari 340.000 dollar AS hanya dalam kurun waktu kurang dari empat bulan.
Penghasilannya sudah ribuan dollar AS, dan  bercita-cita akan ‘pensiun’ sebelum umur 30 tahun. keberhasilannya meraup ribuan dollar tidaklah datang begitu saja. Ia mempelajari bisnis secara autodidak serta tentu saja melalui proses trial and error yang cukup melelahkan. Sejak SD ia sudah mandiri dan membantu orangtua. Ia selalu bilang, kalau ia sudah besar nanti, ia tidak ingin kerja cape-cape, ia mau kerja di rumah, liburan kapan saja boleh, ingin keliling dunia, ke mana aja boleh, dan punya banyak duit.

Daftar Pustaka
Suharyadi, Arissetyanto Nugroho, Purwanto S.K dan Maman Faturohman. 2012. Kewirausahaan “Membangun Usaha Sukses Sejak Muda”. Jakarta. Salemba Empat.
http://www.ilawati-apt.com/motivasi-diri-untuk-pengusaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.